Ikan weever

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan weever
Trachinus radiatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Trachinidae

Genus

Trachinus
Echiichtys
Callipterys (punah)

Ikan weever spesies Echiichthys vipera yang terpancing di pantai Prestatyn, Wales Utara. Perhatikan duri punggung berbisa yang sangat khas (dipisahkan oleh kulit berwarna hampir hitam) dan ekor dengan ujung gelap.

Ikan Weever adalah sebutan dari sembilan spesies ikan dalam famili Trachinidae, ordo Trachiniformes. Ikan ini merupakan bagian dari klad Percomorpha yang masih ada. Panjangnya dapat mencapai 37 cm, sebagian besarnya berwarna coklat, dan memiliki duri berbisa pada sirip punggung dan insang pertama. Pada siang hari, ikan ini mengubur dirinya di pasir & hanya memunculkan matanya, untuk menyambar mangsa yang lewat yang berupa udang dan ikan-ikan kecil.

Weever merupakan ikan yang tidak biasa karena tidak memiliki gelembung renang seperti pada kebanyakan ikan bertulang, akibatnya ikan ini tenggelam segera setelah mereka berhenti berenang secara aktif. Semua spesiesnya terbatas di Samudera Atlantik timur (termasuk Mediterania), Kecuali Trachinus cornutus yang berasal dari Samudera Pasifik tenggara. Spesies kesepuluh yang punah yakni Callipterys speciosus diketahui dari lagerstätte Monte Bolca pada zaman Lutetium.[2]

Ikan ini terkadang digunakan sebagai bahan dalam resep bouillabaisse.[3]

Ikan ini terkadang keliru disebut "ikan penenun", meskipun kata tersebut tidak ada hubungannya. Faktanya, kata "weever" diyakini berasal dari Bahasa Prancis Kuno wivre ("ular" atau "naga"), atau dari bahasa Latin vipera (ular beludak).[4] terkadang juga dikenal dengan nama "ikan viper", meskipun tidak terkait dengan ikan viper dalam famili stomiidae (genus Chauliodus).

Di Australia, ikan sand perch dari keluarga Mugilidae juga dikenal dengan nama "weever".

Di Portugal, ikan ini dikenal dengan nama peixe-aranha ("ikan laba-laba"), dan dalam Bahasa Katalan disebut dengan aranya yang juga berarti "laba-laba".

Hubungan dengan Manusia[sunting | sunting sumber]

Sengatan: penyebab, frekuensi dan pencegahan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar sengatan pada manusia disebabkan oleh ikan weever kecil yang biasanya terkubur di daerah berpasir di perairan dangkal, sehingga lebih besar kemungkinannya untuk melakukan kontak dengan ikan yang berenang dibandingkan spesies lain (seperti ikan weever besar, yang lebih menyukai perairan yang lebih dalam). Sengatan dari spesies lain umumnya terbatas pada pemancing dan nelayan komersial. Bahkan perairan yang sangat dangkal (terkadang tidak lebih dari pasir lembap) mungkin menampung lebih sedikit ikan weever. Sebagian besar cedera terjadi pada kaki yang disebabkan oleh menginjak ikan yang terkubur. Bagian tubuh yang biasa terkena cedera lainnya adalah tangan dan bokong.

Sengatan paling sering terjadi pada jam-jam sebelum dan sesudah air surut (terutama di sumber air), jadi salah satu tindakan pencegahan yang mungkin dilakukan adalah menghindari mandi atau mendayung pada waktu-waktu tersebut. Sengatan weever diketahui dapat menembus sepatu bot pakaian selam bahkan melalui sol karet (jika tipis), dan para perenang dan peselancar harus mengenakan sandal, "sepatu jeli", atau sepatu bot pakaian selam dengan sol yang relatif keras, dan hindari duduk atau "berguling" di dalam air dangkal. Frekuensi sengatan juga meningkat selama musim panas (hingga maksimum pada bulan Agustus), tetapi hal tersebut mungkin disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang mandi.

Weever kecil dapat ditemukan dari Laut Utara bagian selatan hingga Mediterania, dan umum ditemukan di sekitar pantai selatan Britania Raya dan Irlandia, pantai Atlantik Prancis, Portugal dan Spanyol, dan pantai utara Mediterania. Tingginya jumlah orang yang mandi di pantai-pantai wisata populer di wilayah tersebut menunjukkan bahwa sengatan sering terjadi, meskipun kemungkinan seseorang untuk tersengat rendah. South Wales Evening Post menyatakan pada 8 Agustus 2000) bahwa sekitar 40 sengatan weever tercatat di wilayah Swansea dan Semenanjung Gower setiap tahunnya,[5] namun banyak korban tidak mencari bantuan medis dan tidak terhitung.

Gejala setelah terkena sengatan[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya banyak korban percaya bahwa mereka hanya tergores batu tajam atau cangkang, meskipun hal ini tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang signifikan dimulai sekitar 2-3 menit setelah terkena sengatan. Sengatannya menyebabkan rasa sakit yang parah. Gambaran umum dari para korban sengatan adalah "sangat menyakitkan" dan "jauh lebih buruk daripada sengatan tawon atau lebah".

Gejala umum dan ringan termasuk nyeri hebat, gatal, bengkak, panas, kemerahan, mati rasa, kesemutan, mual, muntah, nyeri sendi, sakit kepala, kram perut, pusing, sering buang air kecil, dan gemetar.

Gejala yang jarang dan parah termasuk irama jantung yang tidak normal, kelemahan, sesak napas, kejang, penurunan tekanan darah, gangren, degenerasi jaringan,[6] dan tidak sadarkan diri.

Pengobatan setelah terkena sengatan[sunting | sunting sumber]

Meskipun sangat tidak menyenangkan, sengatan lebah umumnya tidak berbahaya dan rasa sakitnya akan berkurang dalam beberapa jam jika tidak diobati. Pemulihan total mungkin memerlukan waktu seminggu atau lebih. Dalam beberapa kasus, korban melaporkan pembengkakan dan/atau kekakuan yang menetap selama berbulan-bulan setelah terkena racun.

Perawatan pertolongan pertama terdiri dari merendam area yang terkena dalam air panas (panas yang dapat ditoleransi oleh korban tanpa tersiram air panas), yang akan mempercepat denaturasi racun berbasis protein. Penggunaan air panas akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan korban setelah beberapa menit. Pengalaman yang biasa terjadi adalah rasa sakitnya kemudian hilang dalam waktu 10 hingga 20 menit, seiring dengan mendinginnya air. Budaya masyarakat sering menyarankan penambahan zat ke dalam air panas, termasuk urin, cuka, dan garam Epsom, namun hal ini terbatas atau mungkin tidak berguna. Panas harus diterapkan setidaknya selama 15 menit, namun semakin lama penundaan (sebelum panas diterapkan) semakin lama juga perawatan harus dilanjutkan. Setelah rasa sakit mereda, cedera harus diperiksa apakah ada sisa tulang belakang yang patah, dan semua yang ditemukan harus diangkat. Analgesik yang dijual bebas seperti aspirin atau ibuprofen dapat membantu mengatasi nyeri dan juga dapat mengurangi edema.

Saran medis harus dicari jika ada gejala-gejala yang disebutkan di atas yang jarang terjadi atau parah, jika pembengkakan menyebar melampaui area cedera (misalnya dari tangan ke lengan),[6] jika gejala terus berlanjut, atau jika ada faktor lain yang menimbulkan kekhawatiran. Perawatan medis terdiri dari manajemen gejala, analgesia (seringkali dengan opiat) dan perlakuan panas yang sama seperti pertolongan pertama. Perawatan yang lebih sistemik menggunakan antihistamina dapat membantu mengurangi peradangan lokal.[7]

Catatan Kematian[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya kematian yang tercatat di Inggris terjadi pada tahun 1933, ketika seorang nelayan di lepas pantai Dungeness terkena banyak sengatan dari ikan ini.[8] Korban mungkin meninggal karena penyebab medis lain yang diperburuk oleh sengatannya.[9]

Linimasa[sunting | sunting sumber]

QuaternaryNeogenePaleogeneHolocenePleist.Plio.MioceneOligoceneEocenePaleoceneTrachinusQuaternaryNeogenePaleogeneHolocenePleist.Plio.MioceneOligoceneEocenePaleocene

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ WoRMS (2017). Nicolas Bailly, ed. "Trachinidae Rafinesque, 1815". FishBase. World Register of Marine Species. 
  2. ^ Frickhinger, Karl Albert (March 1996). Fossil Atlas, FishesPerlu mendaftar (gratis). Tetra Print. hlm. 882. ISBN 978-1564651150. 
  3. ^ Jean-Louis André, Cuisines des pays de France, Éditions du Chêne, 2001
  4. ^ "The American Heritage Dictionary of the English Language, Fourth Edition". Yourdictionary.com. Diakses tanggal 28 January 2019. 
  5. ^ "Swansea: The latest news, sport, what's on and business from Swansea and Gower". Walesonline.co.uk. Diakses tanggal 28 January 2019. 
  6. ^ a b Branko Šuljić, Sportski ribolov, 2001
  7. ^ Journal of Accident and Emergency Medicine 1996;13:141-142
  8. ^ "PILOT INN Pub of Dungerness". Dover-kent.com. Diakses tanggal 28 January 2019. 
  9. ^ "Beware the Weever fish!". Glaucus.org.uk. Diakses tanggal 28 January 2019.