Ikan sapi tanduk panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan sapi tanduk panjang
Lactoria cornuta

A longhorn cowfish in Aquarium Finisterrae (Spain)
Several boxfish, including the longhorn cowfish.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoTetraodontiformes
FamiliOstraciidae
GenusLactoria
SpesiesLactoria cornuta
(Linnaeus, 1758)
Tata nama
ProtonimOstracion cornutus

Ikan sapi tanduk panjang ( Lactoria cornuta ),, adalah spesies ikan kotak dari famili Ostraciidae, dikenali dari tanduk panjangnya yang menonjol dari bagian depan kepalanya, agak mirip dengan tanduk sapi atau banteng.[1] Mereka adalah penduduk kawasan Indo-Pasifik dan dapat tumbuh hingga 50 cm (20 in) panjang.

Ikan dewasa adalah ikan karang, sering menyendiri dan teritorial, dan hidup di sekitar dasar pasir atau puing-puing hingga kedalaman 50 m (160 ft) . Mereka adalah omnivora, memakan ganggang bentik, berbagai mikroorganisme, dan foraminifera yang berasal dari sedimen, bunga karang, cacing polychaete dari dataran pasir, moluska, krustasea kecil, dan ikan kecil, mampu memakan invertebrata bentik dengan meniup semburan air ke dalam substrat berpasir. Longhorn cowfish melindungi terumbu karang tempat mereka tinggal dengan menjadi predator invertebrata yang merusak terumbu. Mereka juga penting dalam pertumbuhan dan pembentukan terumbu karang karena alasan yang sama.[2] Menurut IUCN, ikan sapi tanduk panjang dikategorikan sebagai “Tidak Dievaluasi”.[3] Meskipun hal ini pada akhirnya dapat dipengaruhi oleh perdagangan akuarium, saat ini tidak ada kekhawatiran.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Laut Merah dan Afrika Timur ke arah timur melalui Indonesia ke Marquesas, ke utara ke selatan Jepang. Termasuk Tuamotus, Korea selatan, utara ke Kepulauan Ryukyu di Jepang selatan, selatan ke Australia dan Pulau Lord Howe, dan lepas Afrika selatan di Atlantik. Perairan tropis dan subtropis. Spesimen yang ditemukan di India merupakan perkembangan baru dalam beberapa tahun terakhir, dan berspekulasi bahwa siklon atau topan membawa Lactoria cornuta ke lingkungan baru.[4] [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Longhorn Cowfishes, Lactoria cornuta". MarineBio Conservation Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 May 2014. Diakses tanggal 6 October 2016. 
  2. ^ Frias-Torres, S., & van de Geer, C. (2015). Testing animal-assisted cleaning prior to transplantation in coral reef restoration. PeerJ, 3, e1287.
  3. ^ Prasad Behera, D., Das, R. R., & Nayak, L. (2017). First record and new range extension of longhorn cowfish Lactoria cornuta (Linnaeus, 1758) off the coast of Gopalpur (Odisha), Northwestern Bay of Bengal. Zoology and Ecology, 27(3-4), 251-256.
  4. ^ Iqbal, A. M. Z., Mali, G., & Dollin, R. (2021). First Report of Lactoria cornuta from Karnataka, West coast of India–Role of tropical cyclones in Range Extension. bioRxiv.
  5. ^ Day, Francis (1878). The Fishes of India. Volume I. London: Bernard Quaritch. hlm. 697.