Ikan dory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan dory
Zeus faber

Status konservasi
Kekurangan data
IUCN198769
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoZeiformes
FamiliZeidae
GenusZeus
SpesiesZeus faber
Linnaeus, 1758
Tata nama
Dinamakan berdasarkanSimon Petrus
Distribusi

Ikan John Dory, atau secara singkat ikan dory, (terkadang dieja sebagai ikan dori) mengacu pada ikan dari genus Zeus, khususnya Zeus faber, yang tersebar luas. Ini adalah ikan laut pesisir demersal yang dapat dimakan dengan tubuh berwarna kuning zaitun yang dikompresi secara lateral yang memiliki bintik hitam besar, dan duri panjang di sirip punggung . Matanya yang besar di bagian depan kepala memberinya penglihatan binokular dan persepsi kedalaman, yang penting bagi predator. Bintik mata pada ikan dori di sisi tubuhnya juga membingungkan mangsanya yang akan ia lahap melalui mulutnya yang besar. [2] [3]

Di Selandia Baru, suku Māori mengenalnya sebagai kuparu, dan di Pantai Timur Pulau Utara, mereka memberikan sebagian kepada Kapten James Cook pada pelayaran pertamanya ke Selandia Baru pada tahun 1769. Beberapa tong di antaranya diasamkan. Akibat sekuel film Finding Nemo, beberapa orang menganggap bahwa ikan dori adalah ikan berwarna biru cantik yang sebenarnya adalah ikan leter enam dan nama "dory" adalah julukan tokoh semata.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Ikan Dory tumbuh hingga ukuran maksimum 65 cm (2 kaki) dan 5 kilogram (12 lb) beratnya. Ia mempunyai 10 duri panjang pada sirip punggungnya dan 4 duri pada sirip duburnya . Ia memiliki sisik mikroskopis dan tajam yang mengelilingi tubuhnya. Ikan ini berwarna hijau zaitun dengan perut berwarna putih keperakan dan memiliki bintik hitam di sisinya. Matanya berada di dekat bagian atas kepalanya. Ia memiliki bentuk tubuh yang rata dan bulat dan merupakan perenang yang buruk.

Mangsa dan predator[sunting | sunting sumber]

Ikan Dory menangkap mangsa dengan menguntitnya, lalu menjulurkan rahangnya ke depan dalam struktur seperti tabung untuk menyedot ikan dengan air. Air kemudian mengalir keluar melalui insang; tulang pra-rahang atas, satu-satunya tulang bergigi pada ikan ini, digunakan untuk menggiling makanan.

Ikan Dory memiliki bodi yang tinggi dan terkompresi secara lateral – bodinya sangat tipis sehingga sulit terlihat dari depan. Mata besar di bagian depan kepala memberikan penglihatan binokular dan persepsi kedalaman yang dibutuhkan untuk menangkap mangsa. Bintik mata ini juga membingungkan mangsanya, yang kemudian bisa tersedot ke dalam mulutnya. [4]

Ia terutama memakan ikan yang lebih kecil, terutama ikan kawanan seperti sarden . Sesekali ia memakan cumi dan sotong .

Predator utamanya adalah hiu seperti hiu kelam, dan ikan bertulang besar.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ikan John Dory merupakan ikan pesisir bentopelagis, ditemukan di pesisir Afrika, Asia Tenggara, Selandia Baru, Australia, pesisir Jepang, dan di pesisir Eropa . Mereka tinggal di dekat dasar laut, hidup di kedalaman 5 hingga 360 meter (16 hingga 1.200 ft) . Mereka biasanya menyendiri. Ikan John Dory lebih banyak ditemukan di perairan Pulau Utara Selandia Baru, dibandingkan perairan dingin di sekitar Pulau Selatan . [5]

Reproduksi dan umur[sunting | sunting sumber]

Ketika ikan dory berusia 3 atau 4 tahun, mereka siap bereproduksi. Hal ini terjadi sekitar akhir musim dingin. Mereka adalah penghambur substrat, artinya mereka melepaskan sperma dan sel telur ke dalam air untuk melakukan pembuahan. Umur tipikal adalah sekitar 12 tahun di alam liar.

Sebagai makanan[sunting | sunting sumber]

Penulis masakan Eliza Acton mengamati dalam bukunya tahun 1845, Masakan Modern untuk Keluarga Pribadi, bahwa ikan Dory "meskipun penampilannya tidak menarik, dianggap oleh beberapa orang sebagai ikan paling enak yang muncul di meja". Dia merekomendasikan untuk memanggangnya "dengan sangat lembut", hindari mengeringkannya di dalam oven.[6]

Ikan Dory adalah pilihan populer di kalangan koki profesional untuk makanan laut karena keserbagunaan ikannya, namun akses terhadap juru masak rumahan terbatas karena ikan ini biasanya tidak dijual di supermarket karena statusnya sebagai tangkapan sampingan .[7]Ikan Dory juga populer di Indonesia, karena popularitasnya terkadang oknum tertentu menjual daging ikan dory potong secara bebas yang padahal sebenarnya adalah daging ikan patin, hal ini karena tekstur kedua ikan tersebut sekilas hampir sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Iwamoto, T. (2015). "Zeus faber": e.T198769A42390771. 
  2. ^ New Zealand Coastal Fish: John Dory.
  3. ^ Bray, Dianne. "John Dory, Zeus faber". Fishes of Australia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2017. Diakses tanggal 24 August 2014. 
  4. ^ Walrond, Carl (2006) Coastal fish - Fish of the open sea floor, Te Ara: Encyclopedia of New Zealand.
  5. ^ Vennell, Robert (5 Oktober 2022). Secrets of the Sea: The Story of New Zealand's Native Sea Creatures (dalam bahasa Inggris). HarperCollins Publishers Ltd. ISBN 978-1-77554-179-0. Wikidata Q114871191. 
  6. ^ Acton, Eliza (1860) [1845]. Modern Cookery for Private Families. Longman, Green, Longman, & Roberts. hlm. 58. 
  7. ^ Staff (8 December 2014). "How to cook John Dory". Great British Chefs. Diakses tanggal 22 June 2023.