Paracanthurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paracanthurus hepatus

Paracanthurus hepatus (atau yang biasa dikenal dengan nama ikan leter enam atau blue tang) adalah salah satu spesies ikan yang hidup di terumbu karang. Paracanthurus hepatus memiliki tubuh berwarna biru dengan ekor kuning dan warna hitam pada bagian atas yang berbentuk menyerupai angka 6. Ikan ini bisa tumbuh sebesar 30 cm dan berbentuk tubuh bulat ramping seperti pancake. Ikan ini menyebabkan keracunan jika dimakan manusia, tetapi banyak dicari sebagai ikan hias.

Paracanthurus hepatus biasanya ditemukan di daerah Indo-Pasifik dan sering kali terlihat di terumbu karang Afrika Timur, Jepang, Kaledonia Baru, Samoa dan Karang Penghalang Besar. Ikan ini biasa hidup berpasangan atau berkelompok hingga 10-12 ekor. Usianya ketika dewasa adalah 9-12 tahun.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada awal pernikahan, ikan jantan mencari ikan betina yang ada dalam kawanannya, kemudian melakukan pembuahan sambil menyebarkan telurnya di permukaan air. Pembuahan ini berlangsung selama siang sampai sore hari. Ukuran diameter telur yang baru dikeluarkan sebesar 0,8 mm dan menetas setelah 24 jam sejak pembuahan. Ikan ini memakan plankton ketika masih berupa anakan, setelah dewasa, ikan ini menjadi binatang omnivora yang memakan plankton dan ganggang.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Ikan ini populer sebagai Dory dalam film Finding Nemo pada tahun 2003 dan sekuelnya, Finding Dory yang dirilis tahun 2016. Dalam film tersebut, ikan ini diisi suaranya oleh Ellen DeGeneres (dalam bahasa aslinya) dan Fransiska Kristiana Tola (dalam Bahasa Indonesia).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2007). "Paracanthurus hepatus" in FishBase. March 2007 version.
  2. Debelius, Helmut (1993). Indian Ocean Tropical Fish Guide: Maledives [i.e. Maldives], Sri Lanka, Mauritius, Madagascar, East Africa, Seychelles, Arabian Sea, Red Sea. Aquaprint. ISBN 3-927991-01-5.
  3. Weisberger, Mindy (17 June 2016). "Finding Dory's Underwater Clan in the Real World". LiveScience. Retrieved 17 June 2016.