Ikan bulus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan bulus
Sillago aeolus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliSillaginidae
GenusSillago
SpesiesSillago aeolus
Tata nama
Sinonim takson
  • Sillago maculata aeolus Jordan & Evermann, 1902
Distribusi

Range of the oriental trumpeter whiting

Ikan bulus, bebulus, atau bulus-bulus , Sillago aeolus, adalah spesies ikan pantai bentik yang tersebar luas dalam keluarga ikan rejung . Spesies ini tersebar dari Afrika timur hingga Jepang, mendiami sebagian besar garis pantai Asia bagian selatan dan Indonesia. Morfologinya sangat mirip dengan spesies lain dalam genus Sillago, dengan tubuh panjang dan padat serta warna keseluruhan keperakan. Ia dapat dibedakan dari kerabatnya berdasarkan pola warna dan khususnya morfologi kantung renang, yang membantu menentukan sebagian besar spesies Sillago . S aeolus merupakan predator bentik, memakan berbagai jenis krustasea dan polychaetes . Seperti kebanyakan anggota keluarga ikan rejung, ikan ini penting bagi perikanan pesisir skala kecil di berbagai wilayah jangkauannya.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan genus Sillago, ikan bulus memiliki tubuh yang agak padat dan memanjang yang meruncing ke arah mulut terminal, mencapai panjang keseluruhan maksimum 30 cm. Tubuhnya ditutupi sisik stenoid kecil yang memanjang hingga pipi dan kepala. Sirip punggung pertama memiliki 11 duri dan sirip punggung kedua memiliki 1 duri terdepan dengan 18 hingga 20 jari lunak di posterior. Sirip dubur mirip dengan sirip punggung kedua, tetapi memiliki 2 duri dengan 17 hingga 19 (biasanya 18) jari lunak di posterior duri. Ciri pembeda lainnya termasuk 67 hingga 72 sisik gurat sisi dan total 34 ruas tulang belakang .

Morfologi gelembung renang adalah cara paling efektif untuk membedakannya antara spesies terkait S. maculata dan S. burrus . Gelembung renang memiliki tiga ekstensi anterolateral; bukan empat dan berbeda dengan S. maculata karena tidak adanya perluasan anterolateral yang berkembang dengan baik hingga mencapai tingkat ventilasi. [1]

Warna ikan bulus-bulus mirip dengan S. burrus dan S. maculata, mempunyai bercak-bercak seperti batang miring, namun bercak coklat tua bagian tengah paling posterior memanjang dan mencapai lekuk ekor . Bercak-bercak tersebut tidak menyambung seperti pada S. maculata . Perutnya berwarna keperakan hingga abu-abu. [2]

Hubungan dengan manusia[sunting | sunting sumber]

Di seluruh wilayah jelajah ikan bulus, ikan ini sering ditangkap di pukat-hela (trawl) udang dan tidak terlalu penting bagi perikanan lokal. Dagingnya mudah rusak dan nilainya tidak setinggi sillaginid lainnya. [3] Ini adalah ikan komersial di Jepang Selatan, di mana sebagian besar ikannya ditangkap dengan jaring insang untuk konsumsi lokal. Berbeda dengan kebanyakan wilayah, spesies ini terkenal karena teksturnya yang halus di Jepang. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2007). "Sillago aeolus" di situs FishBase. Versi Jul 2007.
  2. ^ McKay, R.J. (1992). FAO Species Catalogue: Vol. 14. Sillaginid Fishes of the World (PDF). Rome: Food and Agricultural Organisation. hlm. 19–20. ISBN 92-5-103123-1. 
  3. ^ McKay, R.J. (1992). FAO Species Catalogue: Vol. 14. Sillaginid Fishes of the World (PDF). Rome: Food and Agricultural Organisation. hlm. 19–20. ISBN 92-5-103123-1. 
  4. ^ Rahman, M.H.; Tachihara, K. (2005). "Age and Growth of Sillago aeolus in Okinawa Island, Japan". Journal of Oceanography. Springer Netherlands. 61 (3): 569–573. doi:10.1007/s10872-005-0065-8.