ifconfig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

ifconfig adalah sebuah sistem utilitas administrasi pada sistem operasi serupa-Unix yang digunakan untuk konfigurasi antarmuka jaringan.

Utilitas adalah sebuah alat antarmuka baris perintah (command line interface) dan juga digunakan dalam sistem startup skrip dari banyak sistem operasi. Utilitas ini memiliki fitur untuk mengkonfigurasi, mengendalikan, dan mengajukan parameter antarmuka jaringan TCP/IP. Ifconfig awalnya muncul di versi 4.2 BSD sebagai bagian dari BSD TCP/IP suite.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan umum untuk ifconfig mencakup pengaturan alamat IP dan netmask antarmuka jaringan serta menonaktifkan atau mengaktifkan sebuah antarmuka.[1] Pada saat boot, banyak sistem operasi mirip-UNIX menginisialisasi antarmuka jaringan mereka dengan ''shell-scripts'' yang memanggil ifconfig. Sebagai alat interaktif, administrator sistem secara rutin menggunakan utilitas untuk menampilkan dan menganalisis parameter antarmuka jaringan. Berikut dua contoh yang menunjukkan output dari alat saat menanyakan keadaan aktif antarmuka tunggal masing-masing pada host berbasis Linux (interface eth0) dan antarmuka ural0 pada instalasi OpenBSD.

 eth0 Link encap:Ethernet HWaddr 00:0F:20:CF:8B:42
 inet addr:217.149.127.10 Bcast:217.149.127.63 Mask:255.255.255.192
 UP BROADCAST RUNNING MULTICAST MTU:1500 Metric:1
 RX packets:2472694671 kesalahan:1 dropped:0 overruns:0 frame:0
 TX packets:44641779 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
 collisions:0 txqueuelen:1000
 RX bytes:1761467179 (1679.7 Mb) TX bytes:2870928587 (2737.9 Mb)
Mengganggu:28
 ural0: flags=8843<UP,BROADCAST,RUNNING,SIMPLEX,MULTICAST> mtu 1500
 lladdr 00:0d:0b:ed:84:fb
 media: IEEE802.11 DS2 mode 11b hostap (autoselect mode 11b hostap)
 status: active
 ieee80211: nwid BAHTERA chan 11 bssid 00:0d:0b:ed:84:fb 100dBm
 inet 172.30.50.1 netmask 0xffffff00 siaran 172.30.50.255
 inet6 fe80::20d:bff:pakan:84fb%ural0 prefixlen 64 scopeid 0xa
  • HWaddr : hardware address, MAC address.
  • Parameter txqueuelen diukur dalam jumlah frame Ethernet dan ukuran buffer yang dikelola oleh jaringan scheduler.

Media access control funtions (MAC)[sunting | sunting sumber]

ifconfig ini juga sering digunakan untuk mengubah media access control (MAC) address dari antarmuka. Dalam proses ini, antarmuka jaringan adalah pertemuan pertama (set ke bawah) dengan perintah ifconfig, diikuti oleh MAC mengubah perintah:

ifconfig wlan0 down
ifconfig wlan0 hw ether 00:11:22:33:44:55
ifconfig wlan0 up

Status rilis[sunting | sunting sumber]

Sistem operasi UNIX bebas Berkeley Software Distribution (misalnya, NetBSD, OpenBSDdan FreeBSD) melanjutkan pengembangan aktif ifconfig dan perpanjangan fungsinya untuk menutupi konfigurasi jaringan wireless interface, VLAN trunking, mengendalikan fitur-fitur perangkat keras seperti TSO atau hardware checksumming atau menyiapkan jembatan dan terowongan antarmuka. Solaris secara historis telah menggunakan ifconfig untuk semua konfigurasi antarmuka jaringan, tetapi pada Solaris 10 diperkenalkan dladm untuk melakukan konfigurasi data-link (model OSI layer 2), hal ini mengurangi penggunaan ifconfig untuk konfigurasi IP.

Dalam distribusi Linux lama, ifconfig, dalam hubungannya dengan route perintah, digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan, dan menentukan rute antara jaringan. ifconfig untuk Linux adalah bagian dari net-tool package yang dirilis sebagai versi terbaru 1.60 pada tanggal 15 April 2001.[2]

Beberapa distribusi Linux yang telah usang menggunakan ifconfig dan route dalam mendukung software suite iproute2,[3] yang telah tersedia sejak tahun 1999 untuk Linux 2.2.[4] iproute2 termasuk dukungan untuk semua fungsi umum dari ifconfig(8), rute(8), arp(8) dan netstat(1). Hal ini juga termasuk dukungan konfigurasi multicast, manajemen tunnel dan virtual link, kontrol lalu lintas, dan konfigurasi IPsec tingkat rendah, serta fitur-fitur lainnya.

Alat-alat terkait[sunting | sunting sumber]

Linux command line tool level-tinggi lainnya adalah ifup (termasuk ifdown dan ifquery). Selain untuk mengontrol antarmuka, alat ini juga menyediakan kontrol terhadap aspek-aspek lain dari jaringan seperti menentukan server DNS yang digunakan. Perintah dikonfigurasi menggunakan file /etc/network/interfaces, yang berisi "bait" untuk masing-masing interface.

Manajer jaringan adalah Linux daemon yang secara otomatis mengatur ulang jaringan dalam lingkungan yang dinamis, seperti bergerak antara hotspot WiFi. Hal ini biasanya digunakan dalam hubungannya dengan grafis front-end seperti GNOME Shell.

Versi Microsoft Windows dari Windows 95 hingga Windows Me menggunakan winipcfg untuk memberikan tampilan grafis dari informasi IP saat ini. ipconfig, perintah yang mirip dengan ifconfig, melengkapi sistem operasi Microsoft yang berbasis kernel Windows NT. ipconfig juga mengontrol Jendela DHCP client.

Pada Mac OS X, fungsi perintah ifconfig adalah sebagai pembungkus untuk IPConfiguration agent, dan dapat mengontrol BootP dan DHCP klien dari command-line. Menggunakan ifconfig untuk memodifikasi pengaturan jaringan di Mac OS X tidak disarankan, karena ifconfig beroperasi di bawah tingkat dari sistem kerangka yang membantu mengatur konfigurasi jaringan. Untuk mengubah pengaturan jaringan di Mac OS X dari command-line, gunakan /usr/sbin/ipconfig atau /usr/sbin/networksetup.

iwconfig, komponen dari Wireless tools for Linux, yang mengambil nama dari ifconfig, mengelola jaringan wireless interface diuar lingkup asli dari ifconfig Linux. iwconfig mengatur pengaturan khusus sebagai wireless network SSID dan WEP keys, dan fungsi bersama-sama dengan iwlist. Linux juga memiliki iwspy, untuk membaca sinyal, suara dan kualitas koneksi nirkabel.

Alat terkait lainnya yang digunakan untuk mengkonfigurasi adapter Ethernet antara lain: ethtool, mii-tool, dan mii-diag untuk Linux dan show-link untuk Solaris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Linux Network Administrators Guide Section 5.7.
  2. ^ Upstream URL http://net-tools.sourceforge.net/
  3. ^ Gundersen, Tom. "News: Deprecation of net-tools". Diakses tanggal 4 August 2011. 
  4. ^ ip(8) man page

Pranala luar[sunting | sunting sumber]