Identitas perusahaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Identitas perusahaan atau jati diri perusahaan (bahasa Inggris: corporate identity) adalah semua perwakilan atau perwujudan media visual dan fisik yang menampilkan suatu jati diri organisasi sehingga dapat membedakan perusahaan tersebut dengan organisasi/perusahaan lainnya.

Dalam bidang hubungan masyarakat (public relations), relasi identitas perusahaan dijelaskan dalam bentuk model dinamika identitas perusahaan yang dikemukakan oleh Hacth and Schultz. Model dinamika tersebut menyebutkan bahwa identitas perusahaan memiliki relasi dengan budaya perusahaan (corporate culture) dan citra perusahaan (corporate image). Secara internal, identitas perusahaan terkait dengan kultur / budaya yang dianut oleh perusahaan. Namun, secara eksternal, identitas perusahaan memiliki keterkaitan dengan citra perusahaan. Saat ini, identitas perusahaan telah diakui sebagai sumber daya yang strategis dan sumber keunggulan yang kompetitif.

Corporate identity dapat dipandang terdiri dari tiga bagian:

  1. Corporate Design (logo, seragam, warna perusahaan dll)
  2. Corporate Communication (iklan, public relations, informasi, dll)
  3. Corporate Behaviour (nilai-nilai internal, norma, dll)

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai corporate identity, salah satunya adalah dengan membuat Newsletter (Buletin perusahaan).

Dalam bidang desain komunikasi visual, bentuk paling sederhana dari jati diri perusahaan adalah simbol

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

@erikmaulana_art

Pranala luar[sunting | sunting sumber]