Ibnu Hawqal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ibnu Hawqal
LahirNisibis, Kekhalifahan Abbasiyah
(kini di Nusaybin, Turki)
Meninggalsetelah 978
Karya akademis
EraZaman Kejayaan Islam
Minat utamaGeografi Islam
Karya terkenalṢūrat al-’Arḍ
Peta dunia abad ke-10 oleh Ibnu Hawqal.
Peta Laut Kaspia abad ke-10 oleh Ibnu Hawqal.
Peta Laut Kaspia abad ke-10 oleh Ibnu Hawqal.

Muḥammad Abū’l-Qāsim bin Ḥawqal (محمد أبو القاسم بن حوقل), sering disebut hanya sebagai Ibnu Hawqal , juga dikenal sebagai Abū al-Qāsim b. ʻAlī bin Ḥawqal al-Naṣībī, lahir di Nisibis, Mesopotamia Hulu;[1] adalah penulis,[2] ahli ilmu bumi, dan sejarawan Muslim Arab abad ke-10 yang melakukan perjalanan selama tahun 943 hingga 969 M.[3] Karyanya yang terkenal, ditulis pada tahun 977 M, disebut Ṣūrat al-’Arḍ [ar] (صورة الارض; "Wajah Bumi"). Tanggal wafatnya, diketahui dari tulisannya, adalah setelah 368 H/978 M.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Rincian yang diketahui tentang kehidupan Ibn Hawqal disadur dari kitabnya. Dia menghabiskan 30 tahun terakhir hidupnya bepergian ke bagian terpencil di Asia dan Afrika dan menulis tentang apa yang dia lihat. Satu perjalanan membawanya 20° selatan khatulistiwa di sepanjang pesisir Afrika Timur di mana ia menemukan jumlah penduduk yang besar di daerah yang menurut penulis Yunani Kuno dari logika ketimbang pengetahuan, tidak dapat dihuni.

Ṣūrat al-’Arḍ[sunting | sunting sumber]

Dia adalah penulis perjalanan yang menulis dengan gaya yang kemudian diikuti oleh Abu Abdullah al-Bakri dalam Kitab al-Masālik wal Mamālik, sebuah aliran kesusastraan yang menggunakan laporan para pedagang dan pengelana. Ibnu Hawqal memperkenalkan kejenakaan abad ke-10 ke dalam catatannya tentang Sisilia selama Dinasti Fatimiyah Kalbiyah. Sebagai sumber utama, ilmu kebumian abad pertengahannya cenderung dilebih-lebihkan dan penggambarannya tentang orang-orang Kristen biadab di Palermo, mencerminkan politik yang berlaku pada masanya. Namun catatan kebumian perjalanan pribadinya diandalkan, dan berguna bagi para pelancong Arab abad pertengahan.

Bab-bab tentang Al-Andalus, di Semenanjung Iberia yang dikuasai Muslim, dan khususnya di Sisilia, menggambarkan daerah Fraxinet (La Garde-Freinet), dan merinci sejumlah pembaruan kedaerahan ilmu yang diterapkan oleh petani dan nelayan Muslim. Bab tentang Kekaisaran Romawi Timur, disebut sebagai "Tanah Bangsa Romawi" - memberikan pengamatan langsung dari 360 bahasa yang digunakan di Kaukasus, dengan basantara Arab dan Persia di seluruh wilayah. Tentang penjelasan Kyiv, dia mungkin menyebutkan jalur bangsa Bulgaria Volga dan Khazar, yang mungkin diambil dari Sviatoslav I dari Kyiv.[4] Dia juga menerbitkan peta kartografi Sindh bersama dengan catatan geografi dan kebudayaan Sindh dan daerah aliran sungai Indus.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Sebuah lambang anonim dari buku itu ditulis pada 1233 M.

Pada dasawarsa 1870-an, orientalis Belanda yang terkenal bernama Michael Jan de Goeje Michael Jan de Goeje menyunting catatan naskah pilihan oleh ahli geografi Arab, yang diterbitkan oleh Brill, Leiden dalam seri delapan jilid Bibliotheca geographorum Arabicorum. Naskah Ibnu Hawkal adalah jilid kedua yang diterbitkan pada tahun 1873 dengan judul bahasa Latin: Viae et Regna, descriptio ditionis Moslemicae auctore Abu'l-Kásim Ibn Haukal - "Routes and Realms, penjelasan wilayah-wilayah Muslim oleh penulis Abu'l-Kásim bin Haukal".

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Soucek, Svat, A History of Inner Asia (Cambridge University Press:2000), p.73.
  2. ^ Jean-Charles, Ducène (January 2017). "Ibn Ḥawqal". Encyclopaedia of Islam, Three (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ Ludwig W. Adamec (2009), Historical Dictionary of Islam, p.137. Scarecrow Press. ISBN 0810861615.
  4. ^ Encyclopedia of Ukraine

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]