I Gede Wenten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

I Gede Wenten (lahir di Buleleng, Bali) juga dikenal dengan panggilan Prof Wenten adalah seorang guru besar, dosen dan peneliti di Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung dalam bidang keahlian teknologi membran.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

I Gede Wenten masuk ke Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung pada tahun 1982 dan lulus sebagai salah satu lulusan terbaik pada tahun 1987. Kemudian ia meneruskan program master yang diselesaikan pada tahun 1990 dan doktor pada tahun 1995 di Denmark Technology University, Kopenhagen. Ia memperoleh gelar profesornya dari Institut Teknologi Bandung.

Sebagai ahli teknologi membran ia telah memegang 15 hak paten atas karyanya, salah satu karyanya adalah alat untuk menjaga mutu protein bir tetap terjaga dan mengurangi limbah produksi pabrik bir. Selain itu ia juga aktif melakukan riset teknologi membran di bidang energi, untuk proses produksi minyak dan gas hingga untuk keperluan medis yang bisa digunakan dalam mesin cuci darah[1].

Penghargaan-penghargaan yang pernah diterima olehnya diantara lain LIPI, Habibie Award dan ASEAN Outstanding Engineering Award

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014 ia masuk ke dalam jajak pendapat relawan untuk Kabinet Kerja presiden Joko Widodo sebagai Menteri Riset dan Teknologi bersama dengan Romi Satria Wahono dan Yohannes Surya [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gandapurnama, Baban. "Sosok Prof Wenten, Pencipta Air Purifier untuk Korban Asap yang Mendunia". detiknews. Diakses tanggal 2019-09-14. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

https://www.itb.ac.id/staff/view/i-gede-wenten-ywq

https://forlap.ristekdikti.go.id/dosen/detail/NzZGRjM0Q0QtMkMwRi00RDczLUIyQ0QtODY5QURCNUM3MEE3/0