Hypereides

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hypereides

Hypereides atau Hyperides (Yunani: Ὑπερείδης, Hypereidēs; skt. 390 – 322 SM; Pengucapan bahasa Inggris dengan stres bervariasi pada suku kata kedua dari belakang atau suku kata antepenultimate merupakan seorang logografer (penulis pidato) Athena. Ia adalah salah satu dari sepuluh orator Attik yang termasuk di dalam "Kanon Alexandria" yang disusun oleh Aristofanes dari Bizantium dan Aristarkhos dari Samotrakia pada abad ke-3 SM.

Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awalnya kecuali bahwa ia adalah putra Glaucippus, deme Collytus dan bahwa ia belajar logografi di bawah Isocrates. Pada tahun 360 SM ia mempelajari Autocles karena pengkhianatan. Selama Perang sosial (358–355 SM) ia menuduh Aristofon, yang merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di Athena, melakukan praktek terlarang, dan mengusir Philokrates (343 SM) untuk pengkhianatan tingkat tinggi. Meskipun Hypereides mendukung Demosthenes dalam perjuangan melawan Filipus II dari Makedonia; dukungan itu ditarik setelah urusan Harpalos. Setelah pengasingan Demosthenes, Hypereides menjadi kepala partai politik (324 SM).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Herrman, Judson (ed., trans. comm.). Hyperides. Funeral oration. Oxford, Oxford University Press, 2009. xiv, 148 p. (American Philological Association. American Classical Studies, 53).
  • Whitehead, David (2000). Hypereides: The Forensic Speeches. Oxford University Press. ISBN 0-19-815218-3. 
  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Hypereides". Encyclopædia Britannica. 14 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 200.