Hutan gugur Euxine-Colchic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hutan gugur Euxine-Colchic
Hutan Euxine di Taman Nasional Strandzha, selatan-timur Bulgaria
Ekologi
BiomaHutan berdaun lebar campuran iklim sedang
Geografi
Area74.330 km2 (28.700 sq mi)
NegaraBulgaria, Georgia and Turki

Kawasan ekologi Hutan gugur Euxine-Colchic, dalam bioma hutan daun lebar campuran beriklim sedang, terletak di sepanjang pantai selatan Laut Hitam. Kawasan ekologi ini meluas di sepanjang jalur pantai tipis dari sudut tenggara Bulgaria di barat, hingga Georgia di timur, di seberang pantai utara Turki, di mana hutan ini menyelimuti ujung timur Laut Hitam.

Sub-wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah ekologi ini dibagi menjadi dua sub-wilayah, terutama berdasarkan jumlah curah hujan.

Understory (vegetasi di bawah kanopi hutan) yang berupa belukar berdaun lebar mesomorfik hijau abadi adalah karakteristik utama kedua sub-wilayah ini. Spesies penting yang tumbuh di bawah kanopi termasuk berbagai rhododendron seperti Pontic rhododendron (Rhododendron ponticum); holly laut hitam (Ilex colchica), cherry laurel (Laurocerasus officinalis), Caucasus (Buxus colchica) dan common box (Buxus sempervirens), whortleberry kaukasia (Vaccinium arctostaphylos), dsb. Dari perspektif Eropa, sebagian besar dihitung sebagai spesies relik dari periode Tersier.

Semak hijau abadi seperti Pontic rhododendron umum dijumpai tumbuh di bawah kanopi dan merupakan karakteristik kawasan ekologi hutan peluruh Euxine-Colchic

Hutan Colchian[sunting | sunting sumber]

Colchic atau Hutan Colchian ditemukan di sekitar sudut tenggara Laut Hitam di Turki dan Georgia. Hutan Colchian merupakan campuran, dari tumbuhan gugur alder hitam (Alnus glutinosa), hornbeam (Carpinus betulus dan C. orientalis), Oriental Beech (Fagus orientalis), dan Chestnut manis (Castanea sativa), bersama dengan tumbuhan hijau abadi Nordmann Fir (Abies nordmanniana, pohon tertinggi di Eropa mencapai 78 m), Caucasian Spruce (Picea orientalis) dan Pinus Scots (Pinus sylvestris). Wilayah Colchic memiliki curah hujan yang tinggi, rata-rata 1.500-2.500 mm per tahun, dengan curah hujan maksimal melebihi 4.000 mm, dan merupakan rumah bagi beberapa hutan hujan beriklim sedang di Eropa.

Hutan Euxinic[sunting | sunting sumber]

Hutan Euxinic berada di sebelah barat Sungai Melet, dan meluas hingga Bosporus di sepanjang pantai Laut Hitam Turki Eropa hingga Bulgaria. Hutan Euxine menerima rata-rata presipitasi 1.000 sampai 1.500 mm setiap tahun. Bagian Bulgaria dari Kawasan ekologi ini berada di dalam Taman Nasional Strandzha, yang berbatasan dan merupakan transisi ke kawasan ekologi hutan hutan campuran Balkan.

Tipe habitat yang langka antara lain bukit pasir pesisir dan lahan gambut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]