Hiu pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hiu pasir
Rentang fosil: Zaman kapur atas–sekarang[1]
Odontaspis noronhai
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Odontaspididae

Genus

Lihat teks

Hiu pasir adalah hiu makerel dalam keluarga Odontaspididae. Hiu ini ditemukan di lautan seluruh dunia terutama di perairan beriklim sedang dan tropis.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Gigi dari Odontaspis ferox.

Tubuhnya cenderung berwarna coklat dengan corak gelap di bagian atas. Ciri-ciri ini hilang seiring bertambahnya usia. Giginya yang seperti jarum sangat cocok untuk menusuk ikan, yakni mangsa utamanya. Gigi mereka panjang, sempit, dan sangat tajam dengan tepi halus, dengan satu dan terkadang dua cusplet kecil di kedua sisinya.[2] Hiu pasir memiliki sirip punggung kedua yang besar.[1] Hiu pasir dapat tumbuh hingga panjang 3,2 m; dan sebagian besar hiu pasir dewasa dapat memiliki berat sekitar 200 kg. Umur rata-rata kedua jenis kelamin hanya sekitar 7 tahun, meski mereka mungkin hidup lebih lama di penangkaran.

Persebaran & Habitat[sunting | sunting sumber]

Nama "hiu pasir" berasal dari kecenderungannya bermigrasi ke habitat garis pantai, dan sering terlihat berenang di sekitar dasar laut di zona selancar, terkadang mereka datang sangat dekat dengan pantai. Mereka sering ditemukan di perairan hangat atau beriklim sedang di seluruh lautan di dunia, kecuali Samudera Pasifik bagian timur.[3] Mereka juga sering mengunjungi Laut Mediterania dan Laut Adriatik pada kedalaman 20 hingga 200 m dan terkadang lebih.[4]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Hiu pasir mempunyai strategi berburu yang unik. Ia mampu menelan udara dari atas permukaan dan mengumpulkan udara di lambungnya. Hal ini memungkinkan gaya apungnya menjadi ringan dan mendekati mangsanya tanpa bergerak. Pada siang hari hiu pasir sebagian besar tidak aktif, namun pada malam hari ia menjadi aktif dan melanjutkan aktivitas berburu.[5] Makanan pokoknya adalah ikan kecil, tetapi ia juga memakan krustasea dan cumi-cumi. Terkadang ia berburu secara berkelompok, dan bahkan diketahui menyerang jaring ikan yang penuh.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Hiu pasir hanya mengembangkan dua embrio, satu di setiap rahim. Embrio terbesar dan terkuat memakan saudara kandungnya di dalam rahim (kanibalisme intrauterin) sebelum setiap anakan yang masih hidup lahir.[6] Hiu ini memiliki tingkat reproduksi paling rendah dibandingkan hiu lainnya dan rentan terhadap tekanan populasi yang minimal, sehingga termasuk dalam kategori rentan dan dilindungi di sebagian besar wilayah jelajahnya.[7]

Serangan terhadap Manusia[sunting | sunting sumber]

Hiu pasir tidak diketahui menyerang manusia. Jika seseorang memprovokasi hiu pasir, ia mungkin akan membalas secara defensif. Hiu pasir umumnya tidak agresif, namun mengganggu penyelam yang melakukan penombakan ikan. Di Amerika Utara, penyelam bangkai kapal secara teratur mengunjungi bangkai kapal Perang Dunia II untuk menyelam bersama hiu yang menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai rumah mereka.[8]

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Laporan terbaru dari The PEW Charitable Trusts menunjukkan bahwa pendekatan pengelolaan baru yang digunakan untuk mamalia besar yang mengalami penurunan populasi dapat memberikan harapan bagi hiu. Karena karakteristik sejarah hidup hiu, pendekatan pengelolaan perikanan konvensional seperti mencapai hasil maksimal yang berkelanjutan, mungkin tidak cukup untuk membangun kembali populasi hiu yang telah berkurang. Beberapa pendekatan yang lebih ketat yang digunakan untuk membalikkan penurunan jumlah mamalia besar mungkin cocok untuk hiu, termasuk larangan pelestarian spesies yang paling rentan dan peraturan perdagangan internasional.[9]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Gigi dari Synodontaspis gracilis

Keluarga ini mempunyai tiga spesies yang masih ada dalam dua genus, serta banyak spesies yang punah dalam beberapa genus. Analisis DNA mitokondria baru-baru ini terhadap anggota yang masih ada menemukan bahwa kedua anggota yang masih ada sebenarnya tidak membentuk klad monofiletik. Oleh karena itu keluarga ini bersifat polifiletik dan perlu direvisi.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2009). "Odontaspididae" in FishBase. January 2009 version.
  2. ^ Bigelow, Henry B.; Schroeder, William C. (1953). Fishes of the Gulf of Maine. United States Government Printing Office. Diakses tanggal 30 October 2011. 
  3. ^ National Geographic (10 September 2010). "Sand Tiger Sharks". National Geographic. Diakses tanggal 8 December 2012. 
  4. ^ the-shark-side-of-life.com. "Sand Sharks". The Shark Side of life. 
  5. ^ "Sand Tiger Shark Profile". National Geographic. 10 September 2010. Diakses tanggal 17 May 2013. 
  6. ^ Martin, Aidan. "Intrauterine Cannibalism in Sharks". elasmo-research.org. Diakses tanggal 2 July 2015. 
  7. ^ Rigby, C.L.; Carlson, J.; Derrick, D.; Dicken, M.; Pacoureau, N.; Simpfendorfer, C. (2021). "Carcharias taurus". 2021: e.T3854A2876505. doi:10.2305/IUCN.UK.2021-2.RLTS.T3854A2876505.en. 
  8. ^ Decker, Robert. "Ghosts in the Graveyard: N.C. Shark Diving". ScubaDiving.com. Diakses tanggal 17 June 2015. 
  9. ^ "Considering Shark Biology in Management". pewtrusts.org. 2 July 2015. Diakses tanggal 5 July 2015. 
  10. ^ Vella, Noel; Vella, Adriana (2020-07-02). "The complete mitogenome of the Critically Endangered smalltooth sand tiger shark, Odontaspis ferox (Lamniformes: Odontaspididae)". Mitochondrial DNA Part B. 5 (3): 3319–3322. doi:10.1080/23802359.2020.1814886alt=Dapat diakses gratis. PMC 7782878alt=Dapat diakses gratis. PMID 33458146 Periksa nilai |pmid= (bantuan). 
  11. ^ "Fossilworks: Odontaspinae". fossilworks.org. Diakses tanggal 17 December 2021. 
  12. ^ "SHIMADA, K. & POPOV, E.V. & SIVERSSON, M. & WELTON, B.J. & LONG, D.L. (2015) | Literature | Shark-References". shark-references.com. Diakses tanggal 2016-05-21.