Hiu kepala banteng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hiu kepala banteng
Rentang fosil: 183–0 jtyl Awal Toarkium – sekarang[1][2]
Heterodontus japonicus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Subkelas:
Superordo:
Ordo:
Heterodontiformes

Famili:
Heterodontidae

Genus:
Heterodontus

Spesies tipe
Heterodontus portusjacksoni
Spesies

Hiu kepala banteng (Heterodontiformes, /ˌhɛtərˈdɒntɪfɔːrmz/) adalah ordo kecil dari hiu modern (Neoselachii). Kesembilan spesiesnya ditempatkan dalam genus tunggal yakni Heterodontus, dalam famili tunggal Heterodontidae. Semua jenisnya berukuran relatif kecil, dengan spesies terbesar hanya mencapai panjang maksimum 1,65 meter. Mereka merupakan pengumpan dasar di perairan tropis dan subtropis. Mereka muncul dalam catatan fosil di zaman Jurasik Awal.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Secara morfologis hiu ini tampak berbeda dengan hiu lainnya. Mulutnya terletak sepenuhnya di depan rongga mata. Tulang rawan labial ditemukan di bagian paling depan mulutnya. Alur hidung hadir dan menghubungkan nares eksternal ke mulut. Kapsul hidungnya berbentuk terompet dan terpisah dengan baik dari rongga mata. Terdapat lipatan kulit yang melingkar, tetapi proses rostral dari neurokranium tidak ada, meskipun ada fossa preserebral. Terakhir tempurung otaknya memiliki lambang supraorbital.

Matanya tidak memiliki membran pengelip. Terdapat spirakel tapi kecil. Ujung punggung lengkungan cabang keempat dan kelima terpasang, tetapi tidak menyatu menjadi "beliung" seperti pada hiu dalam ordo lamniformes. Heterodontiformes memiliki dua sirip punggung, dengan duri sirip, serta sirip dubur. Sirip punggung dan dubur juga mengandung tulang rawan basal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sepkoski, Jack (2002). "A compendium of fossil marine animal genera (Chondrichthyes entry)". Bulletins of American Paleontology. ocean. 364: 560. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-10. Diakses tanggal 2008-01-09. 
  2. ^ . N.p.. Web. 10 Jun 2013. http://paleodb.org/cgi-bin/bridge.pl?a=checkTaxonInfo&taxon_no=252518&is_real_user=1