Hibatullah Akhundzada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hibatullah Akhundzada
هبت الله اخونزاده
Panglima Tertinggi Keamiran Islam Afghanistan ke-3
Mulai menjabat
25 Mei 2016 [catatan 1]
15 Agustus 2021 [catatan 2]
Perdana MenteriMohammad Hassan Akhund (Penjabat)
PendahuluAkhtar Mansour (panglima tertinggi)
Ashraf Ghani (sebagai presiden) [catatan 3]
Informasi pribadi
Lahir1961 (umur 60–61 tahun)
Panjwayi, Afganistan
Karier militer
PihakTaliban
Masa dinas1996–kini
PangkatPanglima Tertinggi

Mawlawi Hibatullah Akhundzada (bahasa Pashtun: هبت الله اخونزاده; kelahiran 1961)[1] adalah seorang pemimpin politik dan agama yang menjadi Panglima Tertinggi Taliban ketiga.[2] Ia secara hormat diberikan gelar Emir-al-Mumineen (Panglima Iman) oleh Taliban yang juga merupakan gelar yang diberikan kepada dua pendahulunya.[3]

Akhundzada terkenal karena fatwanya tentang masalah Taliban. Ia menjabat sebagai hakim Islam dari pengadilan Syariah dari Emirat Islam Afghanistan. Tidak seperti banyak pemimpin Taliban, dia bukan dari latar belakang militan. Dia terpilih sebagai pemimpin Taliban pada Mei 2016, menyusul pembunuhan pemimpin sebelumnya, Akhtar Mansour, dalam serangan pesawat tak berawak.

Menyusul runtuhnya Republik Islam Afghanistan, Akhundzada diperkirakan akan segera dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi otoritas agama dan politik atas Imarah Islam Afghanistan yang baru dipulihkan secara de facto.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Akhundzada lahir di distrik Panjwayi dari Provinsi Kandahar di Kerajaan Afghanistan. Seorang Pashtun , ia berasal dari suku Nurzai. Nama depannya, Hibatullah, berarti "hadiah dari Tuhan" dalam bahasa Arab. Ayahnya, Muhammad Akhund, adalah seorang ulama dan imam di masjid Malook di desa Safid Rawan. Tidak memiliki tanah atau kebun sendiri, keluarga bergantung pada apa yang jemaat bayarkan kepada ayahnya secara tunai atau sebagian dari hasil panen mereka. Keluarga tersebut bermigrasi ke Quetta di provinsi Balochistan Pakistan setelah invasi Soviet dan Akhundzada belajar di salah satu madrasah (seminari Islam) di sana. Pada 1980-an, ia "terlibat dalam perlawanan Islamis" terhadap kampanye militer Soviet di Afghanistan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Panglima tertinggi Taliban
  2. ^ Setelah kejatuhan Kabul
  3. ^ 15 Agustus 2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Afghan Taliban announce successor to Mullah Mansour". BBC News. 25 May 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 April 2018. Diakses tanggal 25 May 2016. 
  2. ^ Staff writer (26 May 2016). "Profile: New Taliban chief Mawlawi Hibatullah Akhundzada". BBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 March 2020. Diakses tanggal 12 April 2020. 
  3. ^ "Statement by the Leadership Council of Islamic Emirate regarding the martyrdom of Amir ul Mumineen Mullah Akhtar Muhammad Mansour and the election of the new leader". Voice of Jihad. Islamic Emirate of Afghanistan. 25 May 2016. Diakses tanggal 14 June 2016. [pranala nonaktif permanen]

Templat:Taliban