Hesed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hesed (Ibrani: חֶסֶד, yang diromanisasikan sebagai ḥesed), adalah kata bahasa Ibrani yang berarti kebaikan atau cinta sesama, khususnya dari kesalehan manusia terhadap Allah serta cinta dan belas kasihan Allah terhadap umat manusia. Istilah ini sering digunakan dalam Mazmur dalam arti yang terakhir, di mana secara tradisional diterjemahkan "cinta kasih" dalam terjemahan bahasa Inggris.

Dalam teologi Yahudi, istilah itu juga digunakan untuk cinta Tuhan pada Bani Israel, dan dalam etika Yahudi, yang digunakan untuk menggambarkan cinta kasih sesama manusia.[1] Hesed dalam pengertian "amal" juga dianggap sebagai kebajikan tersendiri, dan juga untuk kontribusinya pada tikkun olam (memperbaiki dunia). Hesed juga dianggap sebagai dasar dari banyaknya perintah agama yang dipraktikkan oleh orang Yahudi tradisional, terutama perintah antarpribadi.

Hesed juga merupakan salah satu elemen dari pohon Sephirot di Kabala. Elemen itu memberikan gabungan antara kebaikan dan cinta, dan merupakan atribut emotif pertama dari sephirot.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berlin, Adele; Brettler, Marc Zvi (2004). "Introduction and Annotations (Psalms)". The Jewish Study BiblePerlu mendaftar (gratis). New York: Oxford University Press. hlm. 1280-1446. ISBN 9780195297515. Diakses tanggal 25 Oktober 2018.