Heavydirtysoul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Heavydirtysoul"
Singel oleh Twenty One Pilots
dari album Blurryface
Dirilis9 Desember 2016
Genre
Durasi3:54
LabelFueled by Ramen
PenciptaTyler Joseph
ProduserRicky Reed
Kronologi singel Twenty One Pilots
"Cancer"
(2016)
"Heavydirtysoul"
(2016)
"Jumpsuit / Nico and the Niners"
(2018)
Video musik
"Heavydirtysoul" di YouTube

"Heavydirtysoul" adalah lagu dari duo musik asal Amerika Serikat, Twenty One Pilots, dari album studio keempat mereka, Blurryface (2015). Lagu ini ditulis oleh vokalis Tyler Joseph, yang mengambil beberapa liriknya dari puisi berjudul "Street Poetry" yang dia tulis dan terbitkan tiga tahun sebelumnya. Lagu ini diproduksi oleh produser rekaman asal Amerika Serikat, Ricky Reed, dan direkam di Serenity West Recording di Hollywood, California. Sebagai lagu pembuka Blurryface, "Heavydirtysoul" bertindak sebagai pengantar album, baik secara musikal maupun tematis. Lagu ini berisi pernyataan referensi diri di mana Joseph menyentuh konsep tersebut, secara terbuka menyikapi musiknya dengan lirik yang sadar diri yang mengungkapkan rasa tidak amannya. "Heavydirtysoul" dirilis sebagai single terakhir dari album keempat mereka pada bulan Desember 2016.

"Heavydirtysoul" adalah lagu yang intens dan agresif di mana duo ini mencampur dan berpindah di antara beberapa genre musik. Lagu ini menampilkan vokal berkecepatan tinggi saat Joseph beralih dari rap yang rumit ke nyanyian melodi hingga teriakan falsetto dengan permainan drum yang penuh perasaan oleh Josh Dun. Secara lirik, "Heavydirtysoul" adalah tentang meminta bantuan dalam mengalahkan iblis dalam diri seseorang untuk menjadi sesuatu yang lebih besar. Lirik lagu ini menyampaikan tema antemik yang berkaitan dengan penemuan diri melalui kerentanan.

Setelah perilisan Blurryface, "Heavydirtysoul" kemudian menjadi lagu hit. Di Amerika Serikat, lagu ini menduduki nomor delapan di tangga lagu Billboard Hot Rock & Alternative Songs Amerika Serikat, dan mencapai nomor delapan dalam sepuluh lagu paling viral di Spotify. Lagu ini juga berhasil menduduki puncak chart radio alternatif untuk minggu terakhir tahun 2016, menjadi lagu yang paling banyak ditambahkan dalam format radio. Lagu ini mendapat pujian universal dari kritikus musik kontemporer.

Musik video pengiring untuk single ini disutradarai oleh Andrew Donoho dan difilmkan di luar kampung halaman band, Columbus, Ohio. Video tersebut menampilkan Joseph duduk di kursi penumpang kendaraan yang tidak terkendali sambil bermain ayam dengan Dun dan perangkat drumnya yang menyala-nyala. Twenty One Pilots memenangkan penghargaan untuk Video Rock Terbaik dengan "Heavydirtysoul" di MTV Video Music Awards ke-34. "Heavydirtysoul" telah mendapatkan sertifikasi Platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) untuk penjualan lebih dari 1.000.000 unduhan digital.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Unduhan digital
No.JudulDurasi
1."Heavydirtysoul"3:54
CD single
No.JudulDurasi
1."Heavydirtysoul"3:54
2."Heavydirtysoul" (instrumental)3:54
3."Heavydirtysoul" (radio edit)3:19
4."Heavydirtysoul" (TV track)3:54
5."Heavydirtysoul" (a cappella)3:54

Chart[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ultratop.be – Twenty One Pilots – Heavydirtysoul" (dalam bahasa Belanda). Ultratop 50. Diakses tanggal April 14, 2017.
  2. ^ "Ultratop.be – Twenty One Pilots – Heavydirtysoul" (dalam bahasa Prancis). Ultratip. Diakses tanggal March 25, 2017.
  3. ^ "Twenty One Pilots Chart History (Kanada Rock)". Billboard. Diakses tanggal October 5, 2021.
  4. ^ "Official Russia Top 100 Airplay Chart (week 24)" (dalam bahasa Rusia). Tophit. Diakses tanggal June 16, 2017. 
  5. ^ "Twenty One Pilots Chart History (Bubbling Under Hot 100)". Billboard. Diakses tanggal March 22, 2017.
  6. ^ "Twenty One Pilots Chart History (Hot Rock & Alternative Songs)". Billboard. Diakses tanggal January 4, 2017.
  7. ^ "Twenty One Pilots Chart History (Rock Airplay)". Billboard. Diakses tanggal October 5, 2021.
  8. ^ "Hot Rock Songs – Year-End 2015". Billboard. Diakses tanggal May 23, 2020. 
  9. ^ "Hot Rock Songs – Year-End 2017". Billboard. Diakses tanggal May 21, 2020. 
  10. ^ "Rock Airplay Songs – Year-End 2017". Billboard. Diakses tanggal January 21, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]