Twenty One Pilots

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
21 Pilots 2016

Twenty One Pilots (sering tertulis dengan gaya sebagai twenty øne piløts atau TWENTY ØNE PILØTS) adalah grup musik duo Amerika yang berasal dari Columbus, Ohio. Band ini terbentuk pada tahun 2009 oleh Tyler Joseph bersama dengan mantan anggota Nick Thomas & Chris Salih, & saat ini terdiri dari vokalis/pianis Tyler Joseph & drummer Josh Dun . [1] Mereka mengeluarkan 2 album yang dirilis sendiri, Twenty One Pilots pada 2009 & Regional at Best di 2011, sebelum ditanda tangani oleh Fueled By Ramen di 2012.[2] Mereka merilis debut mereka dengan menandatangani, Vessel, dengan Fueled By Ramen di 2013.[3] & album ke 2 berjudul, Blurryface, dirilis pada 15 Mei, 2015 melalui label yang sama yang menghasilkan single "Stressed Out" & "Ride". Selain itu, single "Heathens", direkam untuk soundtrack film Suicide Squad, membuat kelompok artis alternatif pertama yang memiliki 2 personil 10 single di AS duo telah dinominasikan untuk 3 Grammy Awards.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

2009-11: Formasi awal & 21 Pilots[sunting | sunting sumber]

Band ini dibentuk pada tahun 2009 di Columbus, Ohio oleh teman-teman kuliah Tyler Joseph, Nick Thomas & Chris Salih. Tyler datang dengan nama band sambil belajar All My Sons oleh Arthur Miller, sebuah drama tentang seorang pria yang harus memutuskan apa yang terbaik bagi keluarganya setelah menyebabkan kematian & 21 pilot selama Perang Dunia II, karena ia sadar mengirim mereka rusak bagian pesawat untuk kebaikan ekonomi bisnisnya. Tyler menjelaskan bahwa dilema moral cerita memilih antara mudah & keputusan yang tepat terinspirasi nama & formasi band. Pada tanggal 29 Desember 2009, mereka merilis debut mereka, album self titled, 21 Pilots, & mulai tur Ohio.

Pada tahun 2010, band ini merilis 2 lagu resmi dirilis ke akun Sound Cloud mereka. Ini termasuk sebuah spin off asli "Time To Say Good Bye" oleh Andrea Bocelli & Sarah Brightman, & sebuah cover dari "Jar Of Hearts"oleh Christina Perri. Mereka awalnya tersedia untuk download gratis, meski pun pilihan telah dihapus.

Chris Salih meninggalkan pada 8 Mei 2011, dan Nick Thomas meninggalkan sekitar satu bulan kemudian pada tanggal 3 Juni, 2011 ke 2 catatan perpisahan posting di halaman Facebook resmi band. Tyler kemudian bergabung dengan Josh Dun, mantan drummer dari House of Heroes.

2011-12: Regional di Best & kontrak label rekaman dengan Fueled by Ramen[sunting | sunting sumber]

Album ke 2 mereka, Regional di Best, dirilis 8 Juli 2011 dengan formasi baru yang terdiri dari hanya Tyler & Josh. Album ini disertai dengan CD rilis pertunjukan gratis di lapangan New Albany High School. Pada bulan November 2011, pertunjukkan mereka terjual habis di Columbus 'Newport Music Hall', yang menarik perhatian rekor selusin label. [22] Meskipun banyak label diperebutkan band, akhirnya memutuskan bahwa mereka akan masuk ke Fueled by Ramen, anak perusahaan label Atlantic Records, label yang sama bertanggung jawab atas keberhasilan komersial band-band seperti Panic! at the Disco, Paramore, Young the Giant, & beberapa artis alternatif lainnya.

Pada tahun yang sama, duo ini juga memberikan fans 2 gratis, lagu yang belum pernah dirilis dinyatakan melalui email newsletter mereka: versi asli dari "House of Gold", dan lagu berjudul "Two".

Pada tanggal 11 Februari 2012, band ini merilis sebuah video musik di YouTube untuk sebuah lagu yang belum pernah dirilis berjudul "Goner". "Goner" ditulis ulang & kembali direkam untuk rilis pada Blurry Face tahun 2015.

2012-14: Vessel, debut televisi & tur dunia Quiet is Violent World[sunting | sunting sumber]

Vokalis 21 Pilots, Tyler Joseph dalam sebuah konser di "Gebäude 9", Cologne, pada tanggal 12 ebruari, 2014

Pada bulan April 2012, di sebuah acara di Lifestyle Communities Pavilion terjual habis, mereka mengumumkan penandatanganan mereka untuk Fueled by Ramen, anak perusahaan label Atlantic Records. Pada tanggal 17 Juli 2012, mereka merilis debut mereka bersama Fueled by Ramen dalam bentuk EP 3 lagu berjudul 3 Songs. Pada bulan Agustus 2012, mereka memulai tur singkat dengan Neon Trees Neon dan Walk to the Moon. Mereka bekerja dengan Greg Wells, produser Adele & Katy Perry, pada album pertama full length mereka pada label rekaman Fueled by Ramen, Vessel. Hal ini dirilis 8 Januari 2013, dan mencapai No. 21 di Billboard 200, No. 9 di chart Digital Album, No. 17 di chart Internet Album, No 15 pada Rock Album Chart & Nomor 10 di Alternative Album Chart.

Duo ini memiliki singel pertama mereka di tangga lagu radio di Amerika dengan "Holding On to You", yang mencapai 11 pada Songs chart Billboard Alternatif; selain itu, singel "Guns for Hands" & "Lovely" mencapai No. 21 dan No. 67, masing-masing, pada Japan Hot 100 setelah "Lovely" dirilis sebagai single promosi untuk perjalanan band ke Jepang.

Pada tanggal 12 November 2012, video musik resmi untuk "Holding On to You" dirilis di YouTube. Dilanjut pada 2013, video musik untuk "Guns for Hands" & "Car Radio" diupload pada 7 Januari & 19 April.

Pada Mei 2013, Fall Out Boy mengumumkan bahwa Twenty One Pilots akan menjadi artis pembuka tur Save Rock & Roll Arena Tour musim gugur berikutnya, bersama dengan Panic! at the Disco.

Pada tanggal 8 Agustus 2013, 21 Pilots dilakukan "House of Gold" di Conan dalam debut larut malam mereka. Pada tanggal 2 Oktober, video musik untuk lagu itu diunggah ke YouTube.

Pada tanggal 17 Maret, band ini tampil satu set di mtvU Awards Woodie selama SXSW.

Versi terbaru dari lagu "Lovely" dari Regional di Best dimasukkan sebagai bonus lagu pada versi Inggris & Jepang dari CD Vessel.

Pada tahun 2014, Twenty One Pilots mengisi panggung sejumlah festival musik dan acara lainnya di seluruh negeri, seperti Lollapalooza, Bonnaroo, Boston Calling, dan Firefly. Alhasil, mereka mendatangi permintaan acara dari berbagai kota dan dimasukkan ke dalam Quiet is Violent World Tour, yang dimulai pada bulan September 2014, & berakhir pada tahun yang sama.

Pada tanggal 13 April, Twenty One Pilots menampilkan lagu "Car Radio" di 2014 MTV Movie Awards. Pada tanggal 28 April, band ini menampilkan lagu "Car Radio" di Late Night with Seth Meyers.

Pada tanggal 31 Desember 2014, band ini merilis sebuah video musik untuk lagu "Ode to Sleep"

2015-sekarang: Blurryface & Emotional Road show World Tour[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Maret 2015, band ini mengumumkan bahwa Blurry Face akan dirilis pada 19 Mei. Mereka juga merilis single pertama, yang disebut "Fairly Local". Single kedua mereka dari album, "Tear In My Heart", dan video musiknya dirilis pada tanggal 5 April 2015. Pada tanggal 28 April, "Stressed Out", single ke 3 dari album, dirilis bersama dengan video musik. "Stressed Out" memuncak di nomor 2 di US Billboard Hot 100, & nomor satu di ke 3 Alternatif Songs & Hot Rock Songs Chart.

Blurry Face dirilis 2 hari lebih awal pada 17 Mei, 2015, & di jual 134.000 kopi di minggu pertama di Amerika Serikat, menjadi yang pertama No 1 album band di Billboard 200. Pada tanggal 22 Mei, 2016, Blurry Face memenangkan kategori "Top Rock Album" di Billboard Music Awards, & band ini juga memenangkan kategori "Rock Top Artist".

Band ini mulai Blurry Face World Tour pada 11 Mei 2015, di Glasgow, Skotlandia. AS bagian dari tur mereka mulai pada tanggal 8 September di Washington, DC Tur berlangsung di Amerika Serikat, Australia, Asia Tenggara, Jepang & Eropa. Mereka melakukan tur bersama Echosmith & Finish Ticket.

21 Pilots menampilkan "Stressed Out" di Late Night with Seth Meyers pada tanggal 14 September 2015.

Band ini mengumumkan sebuah acara di London pada bulan Februari 2016, dan kemudian mengumumkan tur dari jadwal di Inggris, dengan jadwal ke 2 di London ditambahkan. Mereka melakukan tur dengan Transviolet. Tur di Inggris ini mengakhiri tur Blurry Face, dengan The Emotional Road show yang diumumkan segera setelahnya.

Band ini mulai tur Emotional Roadshow World Tour, yang dimulai di Cincinnati pada 31 Mei 2016. Tur akan melalui Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Eropa, & Australia. Diumumkan bahwa Chef Special & Mutemath akan bergabung dengan mereka di tur. Penyanyi asal Irlandia, Bry bergabung dengan tur untuk leg Eropa.

Pada tanggal 16 Juni, 2016, band ini merilis lagu "Heathens" sebagai single pertama dari soundtrack Suicide Squad, lebih awal dari tanggal rilis yang diharapkan 24 Juni, setelah lagu bocor ke Internet pada 15 Juni. Sebuah video musik untuk lagu ini dirilis pada tanggal 21 Juni 2016. "Heathens" dimainkan selama kredit akhir dari film.

Twenty One Pilots menjadi musisi ketiga yang memiliki dua single secara bersamaan bagan di lima besar Billboard Hot 100, bergabung dengan The Beatles dan Elvis Presley, selain menjadi duo ketiga untuk mencapai prestasi ini, setelah OutKast pada tahun 2003 dan Macklemore & Ryan Lewis sepuluh tahun kemudian.

Pada tanggal 14 September, 2016, band ini merilis sebuah cover dari lagu piano "Cancer" oleh My Chemical Romance sebagai bagian dari album tribute Rock Sound Presents: The Black Parade. Sebuah video lirik animasi diikuti rilis lagu tersebut.

Pada tanggal 8 Oktober, 2016, Twenty One Pilots tampil sebagai tamu musik di Saturday Night Live. Mereka tampil versi orkestra disertai dari "Heathens" dan "Ride", dalam "Rolling Stone" disebut mereka "penampilan paling tinggi yang pernah ada". Band ini kemudian melakukan medley "Heathens" dan "Stressed Out" di American Music Awards 2016, di mana mereka juga menerima penghargaan pertama mereka di televisi Amerika untuk Favorite Pop/Rock Duo dan Favorite Alternative Rock Artist.

Dalam sebuah wawancara dengan Alternative Press pada bulan November 2016, mereka menyatakan bahwa setelah pertunjukan terakhir mereka pada bulan April 2017, mereka akan "pergi gelap" untuk fokus pada musik baru. Joseph menyatakan bahwa ia ingin fokus pada isi lirik dari musik, dan membawa musik kembali ke "keaslian, lirik, penyampaian, dan keberanian dari lagu" mirip dengan album self-titled.

Pada tanggal 19 Desember 2016, Twenty One Pilots berkolaborasi dengan band rock alternatif Mutemath, untuk lima lagu EP, TOPxMM, upload ke situs resmi band gratis, serta ke YouTube, dalam bentuk dua puluh lima menit video panjang band melakukan lagu live di studio.

Pada 12 Februari 2017, Twenty One Pilots meraih penganugrahan Grammy Award pada judul lagu "Stressed Out" di kategori Penampilan Pop Duo/Grup Terbaik. Sebelum mengambil piala penghargaan, dua pria asal Ohio ini melepas celana sebelum naik ke panggung. Aksi Tyler dan Josh ini adalah nazar saat awal dikenal sebagai band lokal kota Columbus.

27 Maret 2017, Twenty One Pilots menjual tiket konser bertajuk "Tour De Columbus", tur yang digelar 5 hari di kota asalnya ini pada Juni 2017. Duo ini tampil di beberapa tempat kecil yang pertama kali mereka mainkan sebagai band lokal termasuk The Basement, Newport Music Hall, dan Express Live!, sebelum mengakhiri rangkaian tur mereka dengan pertunjukan arena di Nationwide Arena dan Value City.

Dalam wawancara dengan Alternative Press pada November 2016, Twenty One Pilots menyatakan bahwa setelah pertunjukan terakhir mereka, mereka akan "menggelap" untuk fokus pada musik baru. Tyler menyatakan bahwa dia ingin fokus pada konten lirik dari musik, dan membawa musik kembali ke "keaslian, lirik, penyampaian, dan kegarangan menulis lagu" mirip dengan album self-titled. Kegiatan terakhir band ini terjadi pada bulan Juli 2017 dalam bentuk posting di media sosial yang menggambarkan penutupan mata atas lirik dari beberapa lagu mereka.

Pada bulan Maret 2018, lagu mereka "Hometown" menerima sertifikasi Gold dari RIAA, menjadikan Blurryface sebagai album full-length pertama yang memiliki setiap lagu mencapai setidaknya status emas.

2018 – sekarang: Trench[sunting | sunting sumber]

Pada April 2018, pesan rahasia ditemukan di toko web band, yang mengungkapkan di situs web. Fans mulai menggunakan petunjuk dan menemukan bagian lain dari situs ini, mengisyaratkan kemungkinan kembalinya band. Ada beberapa gambar yang diunggah ke situs web, termasuk huruf dari karakter bernama "Clancy".

Pada Juli 2018, 21 Pilots memecah keheningan selama setahun, pertama-tama mengirimkan email rahasia kepada penggemar & kemudian memposting video ke semua platform media sosial & memperbarui logo & merek mereka. Pada tanggal 11 Juli 2018, band ini merilis 2 lagu baru, "Jumpsuit" dan "Nico and the Niners", & video musik untuk "Jumpsuit" & pengumuman album studio ke 5 mereka, Trench, yang dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 5 Oktober 2018, & tur keliling dunia berjudul "The Bandito Tour", mulai 16 Oktober. Kemudian, pada 26 Juli 2018, video musik untuk "Nico & the Niners" dirilis. Lagu "Levitate" kemudian dirilis sebagai single ke 3 album melalui acara Zane Lowe's Beats 1 sebagai "World Record" hari itu. Sebuah video musik juga dirilis, mengakhiri seri trilogi.

Pada 20 Agustus 2018, di MTV VMAs, potongan 10 detik lagu "My Blood" diputar di akhir iklan yang mempromosikan album. Pada tanggal 27 Agustus 2018, seorang pengguna Twitter membocorkan lagu lengkap itu ke akun Twitter-nya dengan kualitas rendah, setelah mereka menemukan bahwa itu dapat diputar di Apple Home Pod mereka. Bocoran itu kemudian dikonfirmasi menjadi nyata ketika band membuat lagu tersebut tersedia di layanan streaming, sebagai single resmi keempat album.

Pada tanggal 5 September 2018, Zane Lowe dari Beats 1 melakukan wawancara dengan anggota band Tyler Joseph di studio rumahnya di Columbus, Ohio, untuk berbicara tentang hiatus panjang album, album, & berjuang melawan setan & ketidakamanan pribadi.

Pada tanggal 12 September 2018, 21 Pilots memainkan pertunjukan live pertama mereka selama lebih dari setahun di Brixton's O2 Academy di London, dimainkan 4 lagu yang dirilis dari Trench, serta beberapa lagu dari album sebelumnya untuk mempromosikan album, & yang akan datang di Bandito Tour.

Logo Band[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

  • Twenty One Pilots (2009)
  • Regional At Best (2011)
  • Vessel (2013)
  • Blurryface (2015)
  • Trench (2018)
  • Scaled And Icy (2021)

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Saat ini
  • Tyler Joseph – vokal utama, piano, keyboard, ukulele, synthesizers, bass, gitar, drum, perkusi (2009–sekarang)
  • Josh Dun – backing vokal, drum, perkusi terompet (2011–seekarang)
Mantan
  • Nick Thomas – gitar bass, keyboard (2009-11)
  • Chris Salih – drum (2009-11)

Konser tur[sunting | sunting sumber]

Bintang Utama

Pembuka Acara

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "iTunes Music Twenty One Pilots". Diakses tanggal February 1, 2013. 
  2. ^ "Twenty One Pilots Biography Billboard". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-16. Diakses tanggal February 1, 2013. 
  3. ^ Review of Vessel, Allmusic