Hataraku Maou-sama!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hataraku Maou-sama!
Hataraku Maō-sama! light novel vol 1.jpg
Sampul novel ringan volume pertama
はたらく魔王さま!
(Hataraku Maō-sama!)
Genre Aksi, Komedi, Fantasi[1]
Novel ringan
Pengarang Satoshi Wagahara
Ilustrator 029 (Oniku)
Penerbit ASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Male
Imprint Dengeki Bunko
Tanggal terbit Februari 2011 – sekarang
Volume 15
Manga
Pengarang Akio Hīragi
Penerbit ASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Shōnen
Imprint Dengeki Comics
Majalah Dengeki Daioh
Tanggal terbit Februari 2012 – sekarang
Volume 7
Manga
Hataraku Maō-sama! Hai Sukūru!
Pengarang Kurone Mishima
Penerbit ASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Shōnen
Imprint Dengeki Comics
Majalah Dengeki Maoh
Tanggal terbit Juli 2012 – sekarang
Volume 3
Seri anime televisi
Sutradara Naoto Hosoda
Penulis Masahiro Yokotani
Penggubah Ryosuke Nakanishi
Studio White Fox
Pelisensi
Siren Visual
Funimation
Manga Entertainment
Jaringan Tokyo MX, KBS, SUN, BS Nittele, TVA, AT-X
Tayang perdana 4 April 201327 Juni 2013
Episode 13
Portal Anime dan Manga

Hataraku Maou-sama! (はたらく魔王さま! Hataraku Maō-sama!?), dikenal juga sebagai The Devil Is a Part-Timer! adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Satoshi Wagahara, dengan ilustrasi oleh Oniku (029). Serial ini diterbitkan oleh ASCII Media Works sejak Februari 2011. Cerita ini mengisahkan seorang raja iblis bernama Sadou Maou berusaha untuk menguasai dunia bernama Ente Isla tetapi, ketika berhadapan dengan Hero Emilia, terpaksa mundur melalui sebuah gerbang yang membawa mereka ke Tokyo masa kini. Untuk dapat bertahan hidup dan menemukan jalan kembali ke Ente Isla, Satan bekerja paruh waktu di sebuah restoran cepat saji bernama Mg Ronalds. Terdapat 2 adaptasi manga yang diterbitkan oleh ASCII Media Works di Dengeki Daioh and Dengeki Maoh. Sebuah adaptasi anime dengan 13 episode yang diproduksi oleh White Fox tayang sejak April hingga Juni 2013.

Plot[sunting | sunting sumber]

Raja Iblis Satan dan seorang jenderalnya, Alciel, pergi dari dunia Ente Isla melalui sebuah gerbang ke kota Tokyo masa kini, setelah berhadapan dengan Hero Emilia beserta rekan-rekannya. Karena rendahnya tingkat sihir di dunia modern, Satan dan Alciel berubah wujud wujud menjadi manusia. Untuk dapat bertahan hidup, Satan bekerja paruh waktu di sebuah restoran cepat saji bernama MgRonald sementara Alciel mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Suatu hari, Satan, kini dengan nama Sadao Maou, bertemu seorang gadis yang merupakan Hero Emilia, yang kini dengan nama Emi Yusa. Cerita ini mengungkap kepribadian dari masing-masing karakter dan nilai-nilai moral yang mereka miliki.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Sadao Maou (真奥 貞夫 Maō Sadao?) / Satan Jacob (サタン・ジャコブ Satan Jakobu?)
Suara oleh: Ryōta Ōsaka
Satan adalah raja iblis dari Ente Isla yang merupakan tokoh utama pria dalam cerita ini. Karena dipojokkan Hero Emilia Justina dan rekan-rekannya, ia pergi ke Jepang masa kini bersama Ashiya dan berubah ke dalam wujud manusia. Agar dapat bertahan di Jepang, ia menggunakan nama Jepang yang mirip dengan nama aslinya yaitu Sadao Maou dan bekerja paruh waktu di MgRonald, beberapa saat kemudia ia diangkat menjadi pegawai penuh dan mendapatkan jabatan sebagai Asisten Manajer Shift. Ia dan iblis lainnya mampu berubah ke dalam wujud aslinya ketika orang-orang di sekitar mereka diliputi perasaan putus asa. Walaupun begitu, saat ia berubah ke dalam wujud aslinya, ia menggunakan kekuatannya untuk kebaikan seperti memperbaiki kota, hal ini membuat karakter lain bingung mengingat posisinya sebagai raja iblis.
Emi Yusa (遊佐 恵美 Yusa Emi?) / Emilia Justina (エミリア・ユスティーナ Emiria Yusutīna?)
Suara oleh: Yōko Hikasa
Emilia adalah seorang pahlawan dengan rambut berwarna magenta yang mengalahkan Satan dan tokoh utama wanita dalam cerita ini. Setelah memaksa Satan untuk melarikan diri dari Ente Isla, Emilia mengikutinya ke Jepang untuk memastikan ia terbunuh. Sama seperti Satan, ia kehilangan sebagian besar kekuatan sihirnya setelah tiba di Jepang. Ia mengganti nama sebagai Emi Yusa dan bekerja di sebuah call center agent. Ayahnya merupakan seorang manusia dan ibunya merupakan malaikat. Saat ia masih kecil, Satan mengirim pasukan iblis untuk menyerang desa tempat Emilia dibesarkan yang berakhir pada kematian ayannya. Hal ini merupakan salah satu alasannya untuk membunuh Satan.
Shirō Ashiya (芦屋 四郎 Ashiya Shirō?) / Alciel (アルシエル Arushieru?)
Suara oleh: Yūki Ono
Salah satu jenderal Satan yang juga terbawa melalui gerbang. Sangat setia kepadaSatan, Alciel melakukan pekerjaan rumah tangga dan mencari tahu cara untuk mengembalikan kekuatan sihir mereka. Di bumi, Alciel menggunakan nama Shirō Ashiya. Saat ia gagal melakukan tugasnya, ia akan patah semangat dan merasa kecewa dirinya yang tidak berguna bagi tuannya.
Chiho Sasaki (佐々木 千穂 Sasaki Chiho?)
Suara oleh: Nao Tōyama
Chiho adalah seorang siswi SMA yang merupakan teman dan rekan kerja Sadao di MgRonald. Ia menyukai Sadao. Ia dapat mendengar dan mengerti bahasa Ente Isla karena secara tidak sengaja menjadi target sebuah sihir yang sebenarnya ditujukan untuk Emi karena sihir tersebut tertuju kepada seseorang yang selalu memikirkan Sadao.
Hanzō Urushihara (漆原 半蔵 Urushihara Hanzō?) / Lucifer (ルシフェル Rushiferu?)
Suara oleh: Hiro Shimono
Lucifer adalah malaikat yang jatuh dan juga salah satu jenderal Satan. Setelah Satan pergi ke dunia manusia, ia dan Olba menjadi sekutu untuk mengalahkan Satan lalu ia dapat kembali ke surga. Setelah dikalahkan Satan, ia tinggal bersama Sadao and Shirō. Ia hebat dalam hal teknologi dan suka bermain permainan video. Karena terlibat dalam perampokan berantai bersama Olba sebelum dikalahkan oleh Sadao, ia harus hidup dalam karantina. Ia sering dianggap sebagai hikkikomori.
Suzuno Kamazuki (鎌月 鈴乃 Kamazuki Suzuno?) / Crestia Bell (クレスティア・ベル Kuresutia Beru?)
Suara oleh: Kanae Itō
Suzuno merupakan Tetangga Sadao. ia selalu mengenakan kimono. Suzuno adalah grand inquisitor dari gereja yang datang untuk membunuh Sadao sama seperti Emi. Tidak seperti Emi, ia kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan modern di Jepang dan memiliki masalah dengan teknologi di Jepang. Ia sempat bekerja sama dengan Sariel untuk mengalahkan Sadao dan Emi setelah Sariel mengingatkan tugasnya sebagai grand inquisitor, tetapi setelah melihat kekhawatiran Sadao terhadap Chiho, ia menyadari pertemanan dirinya dengan Emi dan Chiho, ia kembali dan menolong Chiho saat Satan and Sariel bertarung. Ia memiliki senjata berupa mallet (sebuah palu berukuran besar), yang dapat berubah menjadi jepit rambut berbetuk bunga saat tidak digunakan.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Hataraku Maou-sama! dimulai sebagai sebuah serial novel ringan yang dittulis oleh Satoshi Wagahara, dengan ilustrasi oleh 029 (Oniku). Novel pertama diterbitkan oleh ASCII Media Works pada 10 Februari 2011.[2] Yen Press telah mengumumkan rencana untuk menerbitkan novel ringan ini dalam bahasa Inggris pada tahun 2015.[3]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga, diilustrasikan oleh Akio Hīragi, memulai serialisasi pada Februari 2012 pada majalah Dengeki Daioh. Volume tankōbon pertama diterbitkan pada 27 Juni 2012.[4] Yen Press mengumumkan rencana untuk menerbitkan manga ini dalam bahasa Inggris pada tahun 2015. Sebuah manga spin-off, diilustrasikan oleh Kurone Mishima dengan judul The Devil Is a Part-Timer! High School! (はたらく魔王さま!ハイスクール! Hataraku Maō-sama! Hai Sukūru!?), memulai serialisasi pada Juli 2012 di majalah Dengeki Maoh. Manga ini dibuat dalam tiga volume tankōbon, diterbitkan sejak 26 Januari hingga 21 Desember 2013.[5][6]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi dalam bentuk serial anime televisi dengan 13 episode, diproduksi oleh White Fox dan didireksi oleh Naoto Hosoda,[7] tayang sejak 4 April hingga 27 Juni 2013. Produksi anime ini melibatkan Masahiro Yokotani sebagai pengawas naskah dan Atsushi Ikariya mengadaptasi desain karakter dari 029.[8] Lagu tema pembukanya adalah "Zero!!" oleh Minami Kuribayashi. Terdapat tiga lagu tema penutup, "Gekka" (月花?), "Star Chart" (スターチャート?), dan "Tsumabiku Hitori" (ツマビクヒトリ?), semuanya oleh Nano Ripe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dong, Bamboo (5 April 2013). "Anime Spotlight Spring 2013 - The List". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Agustus 2014. 
  2. ^ はたらく魔王さま! 13 [Hataraku Maō-sama! 13] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal June 11, 2015. 
  3. ^ "Light Novels Arrive in the U.S.—Again". Publishers Weekly. 29 Agustus 2014. Diakses tanggal 30 Agustus 2014. 
  4. ^ はたらく魔王さま! (1) [Hataraku Maō-sama! (1)] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal February 9, 2012. 
  5. ^ はたらく魔王さま! ハイスクール! 1 [Hataraku Maō-sama! High School! 1] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 9 Februari 2012. 
  6. ^ はたらく魔王さま! ハイスクール! 3 [Hataraku Maō-sama! High School! 3] (dalam bahasa japanese). ASCII Media Works. Diakses tanggal 27 Maret 2014. 
  7. ^ "Hiro Shimono, Kanae Itō Join Hataraku Maou-sama! Cast". Anime News Network. 8 Maret 2013. Diakses tanggal 9 Maret 2013. 
  8. ^ "Hataraku Maou-sama! Fantasy Light Novels Get TV Anime". Anime News Network. 7 Oktober 2012. Diakses tanggal 7 oktober 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]