Haseki sultan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Haseki Sultan
Kekaisaran Ottoman
Bekas jabatan politik
Lukisan kontemporer Hürrem Sultan, seorang haseki sultan kelahiran Ruthenian, dan kemudian menjadi istri sah Suleiman I, pada abd ke-16. Setelah kematian ibu Suleiman, Ayşe Hafsa, ia menjadi wanita paling berkuasa di istana.
Pejabat pertamaHürrem Sultan
Pejabat terakhirRabia Sultan
GayaHaseki Sultan Efendi
Kediaman resmiIstana Topkapı
Jabatan dimulai1534
Jabatan berakhir1695
Jabatan penggantiPosisi ditiadakan

Haseki sultan (Turki Otoman: خاصکي سلطان,[1] pengucapan bahasa Turki: [haseˈci suɫˈtaːn]) adalah sebuah gelar dari permaisuri Ottoman Sultan yang melahirkan seorang şehzade (pangeran); yang artinya Ibu Pangeran. Seorang haseki sultan memiliki tempat yang berpengaruh dalam istana, menjadikannya wanita paling berkuasa kedua di harem setelah valide sultan, ibu sultan.

Gelar tersebut pertama kali digunakan pada abad ke-16 untuk Hürrem Sultan, yang juga dikenal sebagai Roxelana. Ia adalah permaisurinya dan ibu dari Selim II. Ketika Hürrem Sultan menikah dengan Sultan Suleiman, ia menjadi istri sahnya dan wanita paling berkuasa di Istana Topkapı.

Daftar Haseki Sultan[sunting | sunting sumber]

Istri-istri dari Suleiman I, Selim II, Murad III,Mehmed lll, Ahmed I, Murad IV, Ibrahim, Mehmed IV dan Ahmed II yakni Hürrem Sultan, Nurbanu Sultan, Safiye Sultan, Handan Sultan,Kösem Sultan, Ayşe Sultan, Hümaşah Sultan, Gülnuş Sultan dan Rabia Sultan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bianchi, Thomas Xavier (1831). Vocabulaire français-turc à l'usage des interprètes: des commerçans, des navigateurs, et autres voyageurs dans le Levant. Paris: Éverat. hlm. 830. Diakses tanggal 24 November 2014. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Templat:Dinasti Ottoman