Harpa pedal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harpa pedal
Classification

String instrument (plucked)

Hornbostel–Sachs classification 322.222

(Frame harp with pedal tuning action)
Playing range
Related instruments

Harpa pedal (juga dikenal sebagai harpa konser) adalah harpa besar dan berteknologi modern, yang dirancang terutama untuk digunakan dalam musik seni. Ini dapat dimainkan sendiri, sebagai bagian dari ansambel kamar, atau dalam orkestra. Biasanya memiliki 47 senar dengan tujuh senar per oktaf, memberikan jangkauan enam setengah oktaf.[1]

Pada harpa jenis ini, pedal mengubah nada senar, sehingga pedal harpa dapat dengan mudah memainkan karya yang ditulis dengan kunci apa saja. Hal ini sangat penting dalam musik harmonis yang kompleks pada periode Romantis dan musik klasik abad ke-20.

Bagian[sunting | sunting sumber]

Badan dan senar[sunting | sunting sumber]

Kecapi pedal biasanya memiliki kekuatan sekitar 1,8 m (6 ft) tingginya, adalah 1,2 m (4 ft) dalam, dan55 cm (21+12 in) lebar di ujung bass papan suara. Beratnya sekitar 36 kg (80 pon) .[2]

Badan harpa terdiri dari tiang lurus tegak, kadang dihiasi mahkota di bagian atasnya; papan suara, yang pada kebanyakan harpa berbentuk buah pir dengan lebar tambahan di bagian bawah, meskipun beberapa instrumen lama memiliki papan suara yang sisinya lurus tetapi melebar ke arah bawah; leher yang melengkung secara harmonis berisi aksi mekanis yang terdiri dari lebih dari 1.400 bagian; dan alas dengan tujuh pedal.

Senar D, E, G, A, dan B biasanya berwarna putih, sedangkan senar C berwarna merah dan senar F berwarna hitam atau biru. Senar terendah terbuat dari nilon tembaga atau baja, senar tengah-bawah terbuat dari catgut, dan senar tengah hingga tertinggi terbuat dari nilon, meskipun sebagian besar atau seluruh senar mungkin terbuat dari usus. Ketegangan total senar pada papan suara kira-kira satu ton (10 kilonewton ).

Pedal[sunting | sunting sumber]

Pedal harpa
Berkas:Harp pedal.svg
Aksi roda dalam sistem pedal untuk mengubah nada senar. Ujung tali ditunjukkan dengan warna biru, titik-titik yang bersentuhan dengan dawai ditunjukkan dengan warna merah, dan titik-titik yang tidak bersentuhan dengan tali ditunjukkan dengan warna hijau.

Pedal untuk penyetelan harpa pertama kali diperkenalkan pada tahun 1697. [3] Tindakan mekanis pedal mengubah nada senar. Tujuh pedal masing-masing memengaruhi penyetelan semua senar dalam satu kelas nada . Pedalnya dari kiri ke kanan adalah D, C, B di sisi kiri dan E, F, G, A di sisi kanan. Setiap pedal dipasang pada batang atau kabel di kolom harpa, yang dihubungkan ke mekanisme di leher. Saat pemain menekan pedal, cakram kecil di bagian atas harpa berputar. Cakram tersebut dilengkapi dengan dua pasak yang menjepit senar saat diputar, sehingga memperpendek panjang getarnya. Pada setiap posisi, pedal dapat dipasang pada lekukan sehingga kaki tidak harus terus menerus menahannya pada posisinya (tidak seperti pedal piano).

Kecapi pedal pada dasarnya adalah instrumen diatonis dengan mekanisme pedal aksi ganda yang memberikan perubahan kromatik dan perubahan kunci. Tidak peduli bagaimana pedal disetel, pedal harpa masih hanya memiliki tujuh senar per oktaf dan oleh karena itu dapat memainkan tujuh nada per oktaf. Kecapi yang lebih kecil, sering disebut kecapi folk, tuas, atau Celtic, juga hanya memiliki tujuh senar per oktaf, dan menggunakan tuas mekanis pada setiap senar sehingga pemain harus menggerakkannya secara manual untuk perubahan kromatik. Satu-satunya harpa yang sepenuhnya berwarna adalah harpa ganda (arpa doppia) dan rangkap tiga (Welsh) serta harpa berdawai silang .

mekanisme harpa Sébastien Érard

Sistem pedal aksi ganda pertama kali dipatenkan di London oleh Sebastien Erard pada tahun 1801 (nomor paten 2502) dan 1802 (nomor paten 2595). Pada tahun 1807 Charles Groll adalah orang pertama yang mendaftarkan paten (paten nomor 3059) dimana mekanisme harpa digandakan dengan dua baris fourchettes (garpu). Kecapi pedal sebelumnya memiliki mekanisme aksi tunggal yang hanya menghasilkan nada tajam, yang pertama dibuat pada tahun 1720 oleh Jacob Hochbrucker di Bavaria. [3]

Penalaan[sunting | sunting sumber]

Dalam keadaan normal (pedal tidak dioperasikan) senar disetel ke semua nada mol, tangga nada C <span typeof="mw:Transclusion" data-mw="{&quot;parts&quot;:[{&quot;template&quot;:{&quot;target&quot;:{&quot;wt&quot;:&quot;Musik&quot;,&quot;href&quot;:&quot;./Templat:Musik&quot;},&quot;params&quot;:{&quot;1&quot;:{&quot;wt&quot;:&quot;flat&quot;}},&quot;i&quot;:0}}]}" data-cx="[{&quot;adapted&quot;:true,&quot;partial&quot;:false,&quot;targetExists&quot;:true,&quot;mandatoryTargetParams&quot;:[],&quot;optionalTargetParams&quot;:[]}]" id="mwQw"></span><span typeof="mw:Entity" id="mwRA"> </span>mayor . C  mayor setara dengan B mayor, dan untuk sebagian besar instrumen B mayor adalah kunci yang jauh lebih umum digunakan karena memiliki lima kres dibandingkan tujuh nada mol. Namun, demi kenyamanan, bagian harpa dinotasikan dengan C , bukan B, meskipun instrumen lain ditulis dalam B.

Setiap pedal memiliki tiga posisi. Di posisi teratas, senarnya bebas dan semua nadanya datar. Di posisi tengah, pin cakram atas menekan senar, menghasilkan nada alami dan memberikan tangga nada C  mayor jika semua pedal digunakan. Di posisi bawah, cakram kedua yang lebih rendah beroperasi, memendekkan senar lagi untuk menciptakan nada yang tajam dan memberikan skala C <span typeof="mw:Transclusion" data-mw="{&quot;parts&quot;:[{&quot;template&quot;:{&quot;target&quot;:{&quot;wt&quot;:&quot;Musik&quot;,&quot;href&quot;:&quot;./Templat:Musik&quot;},&quot;params&quot;:{&quot;1&quot;:{&quot;wt&quot;:&quot;sharp&quot;}},&quot;i&quot;:0}}]}" data-cx="[{&quot;adapted&quot;:true,&quot;partial&quot;:false,&quot;targetExists&quot;:true,&quot;mandatoryTargetParams&quot;:[],&quot;optionalTargetParams&quot;:[]}]" id="mwUg"></span><span typeof="mw:Entity" id="mwUw"> </span>mayor jika semua pedal digunakan.

Tiga senar tidak memiliki mekanisme penyetelan pedal: C dan D terendah serta G tertinggi.[4] Senar ini biasanya disetel ke C , D , dan G masing-masing. Namun, mereka juga dapat disetel tajam atau datar sebelum pertunjukan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pernyataan verbal di awal komposisi, misalnya, “Setel C rendah ke C ”, atau “Jika perlu, setel G tinggi ke G ”.[5]

Tangga nada lainnya, diatonis dan sintetis, dapat diperoleh dengan menggabungkan pedal. Dimungkinkan juga untuk memainkan banyak akord dalam harmoni tradisional dengan menyesuaikan pedal sehingga beberapa nada menjadi enharmonik, bagian utama dari teknik pedal harpa.

Ditala dalam C mayor, jangkauan harpanya adalah dari C tiga oktaf di bawah C tengah hingga tiga setengah oktaf di atasnya, biasanya diakhiri dengan G . Menggunakan sebutan oktaf, rentangnya adalah C 1 hingga G 7 .

Teknik[sunting | sunting sumber]

Pemain harpa Elaine Christy bermain dengan kedua tangan mendekati senar dari kedua sisi harpa; pedal kaki (tidak diperlihatkan) dapat mengubah nada senar tertentu setengah langkah.

Kecapi pedal dimainkan dengan ujung jari keempat jari pertama (ibu jari, telunjuk, tengah, dan jari manis). Jari kelingking tidak digunakan karena terlalu pendek dan tidak dapat mencapai posisi yang benar tanpa merusak posisi jari lainnya (walaupun pada beberapa kecapi rakyat dengan ketegangan ringan dan jarak senar yang berdekatan kadang-kadang dapat digunakan). Jari kelima mungkin juga telah digunakan pada harpa modern yang lebih awal dan lebih ringan. Madame de Genlis, misalnya, dalam Méthode -nya, yang diterbitkan di Paris pada awal abad ke-19, mempromosikan penggunaan semua jari, [6] sementara Roslyn Rensch menyarankan agar Mlle de Guînes, pemain harpa yang ditulis oleh Mozart Concerto for Flute dan Harpa, mungkin sesekali harus menggunakan kelima jari saat memainkan harpa.[7] Dalam musik yang lebih modern, jari kelingking sangat jarang digunakan, misalnya dalam akord cluster simultan, seperti dalam Sonatina karya Daniel Kessner.[8] Ujung jari ditarik ke dalam hingga bertemu dengan telapak tangan, sehingga melepaskan tali dari tekanan apa pun yang diberikan oleh jari. Jari-jari secara alami melengkung atau membulat saat disentuh, dan ibu jari melengkung lembut saat ujungnya naik membentuk busur dari pangkalnya.

Memetik dengan berbagai tingkat kekuatan menciptakan dinamika (kenyaringan dan kelembutan). Berbagai jenis pemetikan juga dapat menghasilkan nada dan suara yang berbeda. Tergantung pada posisi jari, nada yang berbeda dapat dihasilkan: suara penuh di tengah senar dan suara sengau seperti gitar di bagian paling bawah. Warna kulit juga dipengaruhi oleh kulit pemain harpa, banyaknya minyak dan kelembapan yang dikandungnya, serta banyaknya penebalan akibat pembentukan kalus dan tekstur permukaannya.

Lady with Harp: Eliza Ridgely, menggambarkan harpa pedal aksi tunggal era Regency ( Thomas Sully, 1818)

Ada berbagai aliran teknik memainkan pedal harpa. Yang terbesar adalah berbagai sekolah Perancis. Ada sekolah khusus Rusia, Wina, dan lainnya di seluruh Eropa. Salah satunya adalah teknik Attl, setelah Kajetan Attl, yang tampaknya hanya bagian jari paling atas yang bergerak dan sebagian besar tangan diam. Ada sekolah St. Petersburg (lebih dari satu) di Rusia di mana pemain menggerakkan ibu jari secara melingkar, bukan ke dalam dan ke luar ke arah tangan.

Peran orkestra[sunting | sunting sumber]

Bermian harpa

Harpa menemukan penggunaan orkestra awalnya sebagai instrumen solo dalam konser oleh banyak komposer barok dan klasik (Händel, Mozart, Boieldieu, Albrechtsberger, Schenk, Dussek, Spohr) dan di gedung opera di London, Paris dan Berlin dan sebagian besar ibu kota lainnya. Hector Berlioz mulai menggunakannya dalam musik simfoni, namun ia merasa penampilan frustasi di negara-negara seperti Jerman, yang memiliki sedikit harpa atau pemain harpa yang cukup mahir. Franz Liszt sangat mahir menggunakan harpa dalam musik orkestranya. Komposer Romantis Perancis dan Rusia secara khusus memperluas penggunaan simfoninya. Dalam opera, komposer Italia menggunakannya secara teratur, dan Puccini adalah ahli dalam penggunaan ekspresif dan warnanya. Debussy bisa dikatakan telah menempatkan harpa pada peta dalam banyak karyanya yang menggunakan satu atau lebih harpa. Tchaikovsky juga mempunyai pengaruh besar, diikuti oleh Rimsky-Korsakov, Richard Strauss dan Wagner. Pengaruh terbesar terhadap penggunaan harpa adalah ketersediaan harpa yang bagus dan pemain yang terampil, dan peningkatan besar harpa di AS pada abad ke-20 mengakibatkan penyebarannya ke dalam musik populer.

Jazz[sunting | sunting sumber]

Pemain harpa pertama yang dikenal memainkan jazz adalah Casper Reardon, pionir dunia musik "panas". Dorothy Ashby (yang karyanya sering dijadikan sampel oleh artis hip hop), Brandee Younger dan Alice Coltrane [9] adalah pemain harpa jazz lainnya.

Ballet[sunting | sunting sumber]

Banyak bagian untuk harpa solo dapat ditemukan dalam musik balet abad ke-19, khususnya pada musik balet yang dipentaskan untuk Teater Mariinsky di St. Petersburg, tempat pemain harpa Albert Zabel bermain di orkestra. Dalam balet, harpa banyak digunakan untuk memperindah tarian balerina . Cadenza yang rumit disusun oleh Tchaikovsky untuk baletnya The Nutcracker, Swan Lake, dan The Sleeping Beauty ; serta Alexander Glazunov atas musiknya untuk balet Raymonda . Khususnya, partitur Riccardo Drigo memuat banyak karya harpa dalam karya seperti Le Talisman (1889), Le Réveil de Flore (1894) dan Les Millions d'Arlequin (1900).

Cesare Pugni juga banyak menulis untuk harpa—baletnya Éoline, ou La Dryade menyertakan musik yang ditulis untuk harpa untuk mengiringi berbagai variasi balerina dan meningkatkan suasana dari banyak adegan balet yang fantastis. Ludwig Minkus terkenal karena harpa cadenza-nya, terutama Variasi de la Reine du jour dari baletnya La Nuit et le Jour (1881), entr'acte rumit yang disusun untuk Albert Zabel dari baletnya Roxana (1878), dan banyak bagian ditemukan dalam skornya untuk balet La Bayadère, yang dalam beberapa bagian digunakan untuk melambangkan veena, yang digunakan di atas panggung sebagai penyangga. Komposer balet Perancis seperti Delibes, Gounod, dan Massenet memanfaatkan harpa dalam musik mereka.

Musik pop[sunting | sunting sumber]

Ada bagian harpa yang menonjol dalam " She's Leaving Home " oleh The Beatles di album mereka tahun 1967 Sgt. Band Klub Kesepian Hati Pepper . Pada tahun 1970-an, bagian harpa adalah hal yang umum dalam musik populer, dan dapat didengarkan dalam lagu-lagu hits seperti " Dark Lady " milik Cher dan " Gypsies, Tramps &amp; Thieves ", serta " Boogie Nights " oleh Heatwave . Paling sering dimainkan oleh pemain harpa studio Los Angeles Gayle Levant, yang telah memainkan ratusan rekaman. Band Irlandia Clannad banyak menampilkan harpa dalam musik mereka selama tahun 1970-an dan 1980-an.

Dalam musik pop saat ini, harpa relatif jarang muncul. Joanna Newsom, Dee Carstensen, Darian Scatton, Habiba Doorenbos, dan Jessa Callen dari The Callen Sisters secara terpisah telah membentuk citra sebagai penyanyi-penulis lagu pemain harpa dengan harpa dan suara vokal yang khas. Penyanyi-penulis lagu Kanada Sarah McLachlan memainkan harpa di album liburannya tahun 2006, Wintersong . Di Hong Kong, contoh harpa yang terkenal dalam musik pop adalah lagu " Kota Bertembok Tian Shui " (天水圍城) yang dibawakan oleh Hacken Lee dengan harpa dimainkan oleh pemain harpa Korea Jung Kwak (Harpist K).

Harpa juga digunakan sebagai instrumen sentral oleh banyak musisi populer alternatif . Seorang pemain harpa pedal, Ricky Rasura, adalah anggota band "symphonic pop", The Polyphonic Spree . Selain itu, Björk terkadang menampilkan harpa akustik dan elektrik dalam karyanya, yang sering dimainkan oleh Zeena Parkins . Band Pop Indie yang berbasis di Philadelphia, Br'er, menggunakan pedal harpa sebagai fondasi untuk pertunjukan live sinematik mereka. Art in America adalah band rock pertama yang menampilkan pedal harpa yang muncul di label rekaman besar, dirilis pada tahun 1983. Pedal harpa juga hadir dalam konser dan album Michael Kamen dan Metallica, S&amp;M, sebagai bagian dari orkestra Simfoni San Francisco . Penyanyi R&B Maxwell menampilkan pemain harpa Gloria Agostini pada tahun 1997 di sampulnya "This Woman's Work" milik Kate Bush . Di album solonya yang ketujuh Finding Forever, artis hip-hop Common menampilkan pemain harpa Brandee Younger di lagu pengantar, diikuti dengan sampel Dorothy Ashby dari rekaman " By the Time I Get to Phoenix " tahun 1969 miliknya.

Beberapa band dan artis crossover Celtic-pop seperti Clannad dan Loreena McKennitt memasukkan folk harpa, mengikuti karya Alan Stivell . Selain itu Florence Welch dari Florence dan Mesin sering menggunakan harpa di Paru-Paru dan Upacara, terutama pada "Rabbit Heart (Raise It Up)". Webb Sisters dari Inggris menggunakan harpa dengan ukuran berbeda di hampir semua materi mereka selama pertunjukan live. Sierra Casady, dari grup folk aneh CocoRosie memainkan harpa di beberapa lagu mereka. Musisi Inggris lainnya, Patrick Wolf, telah menggunakan harpa Celtic sepanjang kariernya, sering kali memainkannya sendiri sambil bernyanyi.

Harpa Akustik-listrik[sunting | sunting sumber]

Lyon dan Healy, Camac Harps, Salvi Harps, dan produsen lain juga membuat harpa pedal elektroakustik.[10] [11] [12] Kecapi pedal elektroakustik adalah kecapi konser yang dimodifikasi, dengan pickup piezoelektrik di dasar setiap senar dan amplifier. Harpa elektroakustik adalah perpaduan antara elektrik dan akustik, dengan pilihan untuk menggunakan amplifier atau memainkan harpa seperti harpa pedal pada umumnya. Harpa listrik berbeda dengan harpa elektroakustik, karena sepenuhnya elektrik, tidak memiliki kotak suara dan hampir senyap tanpa amplifier.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Claviharp – a harp combined with a keyboard
  • Epigonion
  • List of compositions for harp
  • Lyre

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Philharmonia". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2020. Diakses tanggal April 28, 2020. 
  2. ^ "Betterharps.com". 15 December 2019. Diakses tanggal April 28, 2020. 
  3. ^ a b Vardy, Alison. "Celtic Harp History". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-17. Diakses tanggal 2007-07-17. 
  4. ^ Inglefield and Neill (1985), 3. A few modern harps have a pedal mechanism for the high G string.
  5. ^ Inglefield and Neill (1985), 'Scordatura', p. 49.
  6. ^ Rensch (2007/1989), 164–165.
  7. ^ Rensch (2007./1989), 170.
  8. ^ Inglewood and Neill (1985), 77.
  9. ^ "The Guardian on Alice Coltrane". The Guardian. Diakses tanggal April 28, 2020. 
  10. ^ "Salvi Echo". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-21. Diakses tanggal 2011-12-18. 
  11. ^ "Style 2000 Electroacoustic - Electric & Electroacoustic Harps". Lyonhealy.com. Diakses tanggal 19 April 2021. 
  12. ^ "Camac Harps | Pedal Harps, Lever Harps, Electric Harps". Camac-harps.com. Diakses tanggal 19 April 2021.