Vina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Vina terdiri dari keluarga instrumen kordofon dari anak benua India. Alat musik kuno berkembang menjadi banyak variasi, seperti kecapi, zithers, dan harpa melengkung. Banyak desain regional memiliki nama yang berbeda seperti Rudra vina, Saraswati vina, Vichitra vina, dan lainnya.[1][2]

Desain India Utara, yang digunakan dalam musik klasik Hindustan, adalah tongkat sitar. Panjangnya sekitar 3,5 hingga 4 kaki (1 hingga 1,2 meter) agar sesuai dengan ukuran musisi, memiliki tubuh berongga dan dua labu beresonansi besar di setiap ujungnya. Ia memiliki empat string utama yaitu melodik, dan tiga string drone tambahan. Untuk bermain, musisi memetik senar melodi ke bawah dengan plectrum yang dikenakan pada jari pertama dan kedua, sementara senar drone tersebut dipetik dengan jari kelingking tangan yang bermain. Musisi menghentikan senar yang beresonansi, jika diinginkan, dengan jari-jari tangan bebas. Di zaman modern, veena umumnya telah digantikan dengan sitar dalam pertunjukan India Utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tutut Herawan; Rozaida Ghazali; Mustafa Mat Deris (2014). Recent Advances on Soft Computing and Data Mining. Springer. hlm. 512. ISBN 978-3-319-07692-8. 
  2. ^ Ritwik Sanyal; Richard Widdess (2004). Dhrupad: Tradition and Performance in Indian Music. Ashgate. hlm. 23–25. ISBN 978-0-7546-0379-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]