Hafizh Syahrin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hafizh Syahrin Abdullah
Hafizh Syahrih Moto2-2015.JPG
Hafizh (di hadapan) sema Grand Prix Catalan 2015
Kebangsaan Malaysia
Lahir 5 Mei 1994 (umur 24)
Malaysia
Tim saat ini Monster Yamaha Tech 3
No. motor 55
Sejarah perjalanan karier
Kejuaraan dunia MotoGP
Tahun aktif2018
PabrikanYamaha
Juara dunia0
Klasemen 2018TBA (TBA pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
0 0 0 0 0 0
Kejuaraan dunia Moto2
Tahun aktif2011–2017
PabrikanMoriwaki, FTR, Kalex
Klasemen 201710 (106 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
78 0 3 0 1 347


Hafizh Syahrin Abdullah (lahir 5 Mei 1994) adalah seorang pembalap motor asal Malaysia. Ia adalah seorang pembalap Malaysia pertama yang berkompetisi di kategori MotoGP, dan juga ia adalah seorang pembalap Muslim kedua setelah Karel Abraham.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal tahun[sunting | sunting sumber]

Syahrin lahir pada 5 Mei 1994 di Selangor, Malaysia. Dia memulai kariernya pada usia 9 tahun menaiki Pocket Bikes; ia akhirnya mendapatkan julukan "King of Pocket Bikes", ketika ia ditemukan oleh manajer tim Barry Leong murni secara kebetulan. Tidak lama kemudian bakatnya mulai terlihat setelah debut balapnya di Pocket Bikes pada tahun berikutnya. Mendominasi kategori Pocket Bikes segera setelah itu, ia ditemukan oleh Leong di salah satu trek Pocket Bikes.

Perkembangan Karier

Di tahun 2007, paa usia 13 tahun, Syahrin membuat debutnya di Cub Prix Championship dalam gaya mendominasi menyelesaikan tahun pertama di kelas Yamaha LC135 Cup posisi kedua secara keseluruhan.

Pada tahun berikutnya sebagai pembalap Petronas Sprinta Raceline tim dan kemudian pembalap muda ini menyelesaikan balapan dengan raihan terbaik diposisi 3 di Yamaha Givi Cup 2008, dalam prosesnya juga membuat gelombang melalui entri di kategori Novice dengan hasil yang mengesankan.

Hafizh memulai musim kompetisi 2009 dengan memenangkan lomba pembukaan musim di Alor Setar dengan kemenangan dalam kategori Novice. Dengan 7 kemenangan dari 8 putaran, dengan yang lainnya menjadi podium, dominasinya dalam kategori tidak tertandingi sehingga ia memilih untuk tidak mengikuti dua putaran terakhir. Anak itu beralih ke balapan melawan seniornya yang lebih termasyhur dan berpengalaman dalam kategori Pakar dengan hasil podium. Dia menempati posisi ketiga di Kejuaraan 115cc Asia Road Racing Underbone. Lulus untuk mengambil kategori pakar pada tahun 2010, peralihan itu mulus karena Hafizh secara harfiah merusak semua hambatan dan merobek persaingan. Meskipun ada perubahan besar dalam peraturan teknis yang menyebabkan penggantian nama kategori pakar menjadi kategori CP130; perubahan ini tidak banyak mengguncang sangkar Syahrin. Pada saat musim berakhir di Padang Kota Lama di Penang, pemain berusia 16 tahun itu telah menghapus kompetisi untuk muncul sebagai juara CP130 termuda di liga, menghapus rekor yang dibuat oleh Norizman Ismail yang merupakan juara Ahli pada 2005 di usia 20 tahun. 2010 juga signifikan ketika pemain berusia 16 tahun itu melangkah ke liga yang lebih besar, Kejuaraan Balapan Petronas Asia di atas sepeda SuperSport 600cc. Melawan bidang yang jauh lebih tua dan berpengalaman, anak muda itu menggelar pertandingan sendiri untuk menyelesaikan musim debutnya di 12 yang terhormat dari 39 pembalap. Dia menempati urutan keempat dalam seri yang sama pada tahun 2011. Dia pindah ke seri Moto2 Spanyol pada tahun 2012, finish keenam.

Moto2

Pada 2012, Hafizh Syahrin mendapat wild-card dan memimpin selama tahap tengah Grand Prix Malaysia dan finish posisi keempat. Hasilnya kemudian dipromosikan ke tempat ketiga, setelah hasil Anthony West dihapus pada November 2013. Pada 2013, Hafizh membuat beberapa penampilan wildcard. Dia mencetak satu poin di balapan kandangnya di Malaysia. Hafizh pindah ke Moto2 pada tahun 2014 menunggangi Kalex untuk tim Petronas Raceline Malaysia dan selesai secara keseluruhan di posisi 19 dengan 42 poin. Dia membuat perbaikan lebih lanjut pada tahun 2015 dengan mengumpulkan 64 poin (di posisi ke-16) dengan penyelesaian terbaik musim ke-5 di Grand Prix Jepang. Pada 2016, Hafizh mengejutkan pengendara lain dan mengesankan komentator dengan menyelesaikan 4 di 3 Grand Prix (Qatar, Catalunya dan Inggris) dan menyelesaikan 10 dari Grand Prix di atas 10. Dia mengumpulkan 118 poin sepanjang musim 2016 secara keseluruhan di posisi ke-9. Pada tahun 2017, ia membuat awal yang lambat untuk musim ini dengan kinerja rata-rata sebelum membuat dampak ketika ia naik podium di posisi ke-3, kemudian naik ke posisi kedua karena ketidaktentuan Aegerter atas kemenangannya di San Marino Grand Prix. Kemudian, ia memiliki hasil yang menakjubkan lainnya dengan naik podium ke-3 di karirnya ketika ia mendapatkan posisi ke-3 dalam balapan basah di Grand Prix Jepang (dua podium dalam 3 balapan). Dia mengakhiri musim itu di 10 besar dengan 106 poin secara keseluruhan. Sayangnya, setelah bertahun-tahun sejak ia memulai debutnya di Malaysian Cup Prix dengan Raceline dan sponsor utama Petronas, ia berpisah dengan Raceline dan kemudian mengumumkan bahwa ia bergabung dengan pakaian baru, tim Sirkuit Sepang International Circuit (SIC), yang berkolaborasi dengan Petronas sebagai pemain utama. sponsor. Namun, Petronas kemudian mengumumkan bahwa mereka akan berhenti sebagai sponsor utama dari pakaian Moto2 SIC dan berharap lebih banyak pada pengembangan bakat di tim feeder SIC di Moto3. Hafizh mengendarai sebagai pembalap tunggal SIC Moto2.

MotoGP

Hanya seminggu sebelum tes pra-musim MotoGP Sepang 2018, Jonas Folger membuat pengumuman mengejutkan dengan menyatakan bahwa dia tidak akan berkompetisi di musim 2018 dalam waktu penuh dari masalah kesehatan. Kemudian, kepala tim Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal berdiskusi dengan CEO SIC, Dato 'Razlan, dan sponsor utama mereka Yamaha Asia, tentang kemungkinan menggantikan Folger dengan Hafizh Syahrin.

Hafizh Syahrin berkesempatan untuk mengambil bagian dalam tes pra-musim awal di Sirkuit Buriram. Ini juga didorong oleh ketidakmampuan pengendara lain pada daftar yang memiliki kontrak dengan tim lain, termasuk Yonny Hernandez. Hafizh Syahrin, yang dijuluki "El Pescao", membuat penampilan yang mengesankan pada 1 nya yang pernah berlari di motor MotoGP dengan mencatat waktu lap dan para pemula lainnya yang telah berada di sirkuit lebih lama darinya.

Monster Yamaha Tech 3 sangat senang tentang potensinya dan menandatangani Hafizh untuk mengisi kursi Jonas Folger untuk musim 2018.