Hacksaw Ridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hacksaw Ridge
Hacksaw Ridge Movie Poster 2016.jpg
Poster film Hacksaw Ridge
SutradaraMel Gibson
ProduserTerry Benedict
Paul Currie
Bruce Davey
William D. Johnson
Bill Mechanic
Brian Oliver
David Permut
SkenarioAndrew Knight
Robert Schenkkan
PemeranAndrew Garfield
Vince Vaughn
Sam Worthington
Luke Bracey
Teresa Palmer
Hugo Weaving
Rachel Griffiths
MusikRupert Gregson-Williams
SinematografiSimon Duggan
PenyuntingJohn Gilbert
Perusahaan
produksi
Cross Creek Pictures
Demarest Films
Argent Pictures
Pandemonium Films
Permut Presentations
IM Global
AI Film Productions
Vendian Entertainment
Kylin Pictures
DistributorSummit Entertainment (Amerika Serikat)
Icon Film Distribution (Australia)
Tanggal rilis
  • 4 September 2016 (2016-9-4) (Festival Film Venesia)
  • 3 November 2016 (2016-11-3) (Australia)
  • 4 November 2016 (2016-11-4) (Amerika Serikat)
Durasi
139 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Australia
BahasaInggris
Anggaran$40 juta[2][3]
Pendapatan kotor$175.302.354[4]

Hacksaw Ridge adalah film biografi drama perang tahun 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibson dan diproduseri oleh Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver dan David Permut. Naskah film ini ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan berdasarkan kisah nyata Desmond Doss menjadi tentara medis Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Film ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving dan Rachel Griffiths.

Film Hacksaw Ridge ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 4 September 2016[5] dan dirilis di Australia pada tanggal 3 November 2016 dan di Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2016.[6][7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Lynchburg, Virginia, Desmond Doss (Andrew Garfield) muda nyaris membunuh adiknya, Harold Doss (Nathaniel Buzolic). Hal ini membuat Desmond, yang merupakan seorang anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, berkeyakinan kuat untuk tidak membunuh. Beberapa tahun kemudian, Desmond membawa seorang pria yang terluka karena kecelakaan mobil ke rumah sakit dan bertemu dengan seorang perawat, Dorothy Schutte (Teresa Palmer). Mereka menjalin hubungan dan Desmond memberitahukan keinginannya untuk melakukan pekerjaan medis kepada Dorothy.

Ketika Perang Dunia II terjadi, Desmond termotivasi untuk mendaftarkan diri ke Angkatan Darat. Ayahnya, Tom Doss (Hugo Weaving), seorang veteran Perang Dunia I yang bermasalah, sangat kecewa dengan keputusan Desmond. Karena Desmond adalah penentang yang bertanggung jawab, ia berniat menjadi tenaga medis tempur. Sebelum berangkat ke Fort Jackson, Carolina Selatan, ia melamar Dorothy untuk menikah dan Dorothy menerimanya.

Desmond ditempatkan di bawah komando Sersan Howell (Vince Vaughn). Ia unggul secara fisik, tetapi menjadi orang buangan di antara sesama tentara karena menolak untuk memegang senapan dan latihan pada hari Sabtu. Sersan Howell dan Kapten Glover (Sam Worthington) mencoba untuk mengeluarkan Desmond dari tempat pelatihan dengan alasan kejiwaan namun gagal. Sersan Howell kemudian menyiksa Desmond dengan menempatkannya sebagai buruh dengan harapan Desmond meninggalkan tempat pelatihan atas kemauannya sendiri. Meskipun ia dianiaya semalam oleh sesama tentara, Desmond tidak mencari tahu penyerangnya dan tetap melanjutkan latihannya.

Mereka menyelesaikan pelatihan dasar dan mengambil cuti. Ketika itu, Desmond bermaksud untuk menikahi Dorothy, tetapi penolakannya membawa senjata api membuat Desmond ditangkap atas pembangkangan. Dorothy mengunjungi Desmond di penjara dan mencoba meyakinkannya agar mengaku salah sehingga ia dapat dibebaskan tanpa tuduhan, tetapi Desmond menolak berkompromi dengan keyakinannya. Di pengadilan, Desmond mengaku tidak bersalah. Sebelum ia dihukum, ayahnya datang ke pengadilan dan mengajukan surat dari mantan komandannya, yang menyatakan bahwa pasifisme (paham bahwa prinsip perang tidak perlu terjadi) Desmond dilindungi oleh Undang-Undang Kongres. Tuduhan terhadap Desmond dibatalkan, lalu ia dan Dorothy menikah.

Desmond beserta rombongannya ditugaskan ke Divisi Infanteri ke-77 dan tersebar ke medan perang Pasifik. Selama Pertempuran Okinawa, rombongannya ditugaskan untuk membantu Divisi Infanteri ke-96, yang bertugas memanjat dan mengamankan Tebing Maeda ("Hacksaw Ridge"). Pada pertempuran awal, kedua belah pihak mengalami kekalahan besar, sementara Desmond berhasil menyelamatkan beberapa prajurit, termasuk mereka yang terluka parah. Tentara Amerika berkemah pada malam hari dan Desmond menghabiskan malam di sebuah lubang perlindungan dengan Smitty (Luke Bracey), rekan seregu yang pertama kali memanggil Desmond dengan sebutan "pecundang". Desmond mengungkapkan bahwa ketidakmauannya memegang senjata api disebabkan oleh dirinya yang nyaris menembak ayahnya yang mabuk ketika sang ayah mengancam ibunya, Bertha Doss (Rachel Griffiths), dengan pistol. Smitty meminta maaf karena meragukan keberanian Desmond dan keduanya memperbaiki kesalahan.

Paginya, tentara Jepang meluncurkan serangan balasan besar-besaran dan memaksa tentara Amerika mundur dari tebing. Smitty tewas dan banyak tentara Amerika, termasuk Sersan Howell dan beberapa rekan seregu Desmond, terluka dan meninggalkan medan perang. Desmond mendengar teriakan para tentara yang sekarat dan memutuskan untuk kembali ke tempat pembantaian itu. Ia mulai membawa tentara yang terluka ke tepi tebing dan menurunkan mereka dengan tali, setiap kali ia berdoa untuk menyelamatkan satu orang lagi. Kedatangan puluhan tentara yang terluka setelah diduga tewas menjadi sebuah kejutan di seluruh regu. Ketika hari istirahat, Desmond menyelamatkan Sersan Howell dan keduanya keluar dari Hacksaw Ridge di bawah tembakan musuh.

Kapten Glover memberitahu bahwa para tentara terinspirasi oleh upaya Desmond, dan bahwa mereka tidak akan meluncurkan serangan berikutnya tanpanya. Meskipun hari berikutnya merupakan hari Sabat bagi Desmond, ia tetap bergabung dengan sesama prajurit setelah ia menyelesaikan doanya. Dengan bala bantuan, mereka mengubah jalan pertempuran. Ketika penyergapan dilakukan oleh tentara Jepang yang berpura-pura menyerah, Desmond menyelamatkan Kapten Glover dan tentara lain dengan menendang granat musuh. Desmond terluka karena ledakan granat dan tentara Amerika menang dalam pertempuran. Desmond menuruni tebing, menggenggam Alkitab yang diberikan oleh Dorothy.

Setelah menyelamatkan lebih dari 75 tentara Amerika di Hacksaw Ridge, Desmond dianugerahi Medal of Honor oleh Presiden Harry S. Truman. Desmond menikah dengan Dorothy sampai kematian sang istri pada tahun 1991, lalu ia meninggal pada tanggal 23 Maret 2006 di usia 87 tahun.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Andrew Garfield sebagai Desmond Doss
  • Vince Vaughn sebagai Sersan Howell
  • Sam Worthington sebagai Kapten Glover
  • Luke Bracey sebagai Smitty
  • Teresa Palmer sebagai Dorothy Schutte
  • Hugo Weaving sebagai Tom Doss
  • Rachel Griffiths sebagai Bertha Doss
  • Ryan Corr sebagai Letnan Manville
  • Richard Roxburgh sebagai Kolonel Stelzer
  • Luke Pegler sebagai Milt 'Hollywood' Zane
  • Richard Pyros sebagai Randall 'Teach' Fuller
  • Ben Mingay sebagai Grease Nolan
  • Firass Dirani sebagai Vito Rinnelli
  • Jacob Warner sebagai James Pinnick
  • Goran D. Kleut sebagai Andy 'Ghoul' Walker
  • Harry Greenwood sebagai Henry Brown
  • Damien Thomlinson sebagai Ralph Morgan
  • Robert Morgan sebagai Kolonel Sangston
  • Nathaniel Buzolic sebagai Harold 'Hal' Doss
  • Ori Pfeffer sebagai Irv Schecter
  • Milo Gibson sebagai Lucky Ford
  • John Batziolas sebagai prajurit Schulenburg
  • John Cannon sebagai Kopral Cannon
  • Mikael Koski sebagai prajurit Giles
  • Charles Jacobs sebagai prajurit Webb

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Hacksaw Ridge mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 249 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 71 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Hacksaw Ridge mendapatkan $67.209.615 di Amerika Utara dan $108.092.739 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $175.302.354, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $15.190.758, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Doctor Strange dan Trolls.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hacksaw Ridge (15)". British Board of Film Classification. December 5, 2016. Diakses tanggal December 6, 2016. 
  2. ^ Brooks Barnes (October 26, 2016). "'Hacksaw Ridge,' a Gory War Movie for Both Hawks and Doves". The New York Times. Diakses tanggal October 27, 2016. 
  3. ^ "'Doctor Strange' To Give Booster Shot To Sleepy Fall Box Office". Deadline.com. 
  4. ^ a b c "Hacksaw Ridge (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 4, 2016. 
  5. ^ Tartaglione, Nancy (July 28, 2016). "Venice Film Festival: Lido To Launch Pics From Ford, Gibson, Malick & More As Awards Season Starts To Buzz – Full List". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 4, 2016. Diakses tanggal September 6, 2016. 
  6. ^ Cogono, Luisa; Chronicle Camden, Macarthur (August 3, 2016). "Mel Gibson's war movie Hacksaw Ridge filmed in Bringelly to open in cinemas in November". Daily Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2016. Diakses tanggal September 6, 2016. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony (May 5, 2016). "Mel Gibson WWII Movie 'Hacksaw Ridge' Jumps Into November Awards Season; 'The Shack' To Open In March 2017". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2016. Diakses tanggal May 6, 2016. 
  8. ^ "Hacksaw Ridge (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 27, 2016. 
  9. ^ "Hacksaw Ridge reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 27, 2016. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]