Gurun Victoria Besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gurun Victoria Besar
IBRA 6.1 Great Victoria Desert.png
Daerah IBRA, dengan Gurun Victoria Besar berwarna merah

Gurun Victoria Besar, sebuah bioregion interim Australia, adalah daerah gurun yang jarang penduduknya di Australia Barat dan Australia Selatan.

Lokasi dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

NASA - Bumi Terlihat, Gurun Victoria Raya berada di tengah-tengah gambar, di sebelah utara Dataran Nullarbor.

Gurun Victoria Besar adalah gurun pasir terbesar di Australia[1] yang terdiri dari banyak gumuk kecil, dataran padang rumput, daerah dengan permukaan kerikil yang padat (disebut perkerasan padang pasir atau dataran gibber) dan danau garam. Luasnya lebih dari 700 kilometer (430 mi) (dari barat ke timur) dan mencakup area 348750 kilometer persegi (134650 sq mi) dari wilayah Eastern Goldfields Australia Barat hingga Gawler Ranges di Australia Selatan. Terdapat ekoregion Semak Australia Barat di sebelah barat, Gurun Pasir Kecil di barat laut, Gurun Gibson dan Semak Tengah xeric semak untuk utara, Gurun Tirari dan Gurun Batu di timur, dan Dataran Nullarbor di selatan memisahkannya dari Samudra Selatan. Rata-rata hujan tahunan rendah dan tidak teratur, mulai dari 200 hingga 250 mm (7,9 hingga 9,8 in) per tahun. Badai petir relatif umum terjadi di Gurun Victoria Agung, dengan rata-rata 15-20 badai petir per tahun. Temperatur siang hari musim panas berkisar dari 32 hingga 40 °C (90 hingga 104 °F) sementara di musim dingin, ini jatuh ke 18 hingga 23 °C (64 hingga 73 °F).

Tempat tinggal[sunting | sunting sumber]

Mayoritas orang yang tinggal di wilayah ini adalah Pribumi-Australia dari berbagai kelompok termasuk Kogara, Mirning dan Pitjantjatjara. Gurun ini adalah bagian dari Australia dengan populasi pribumi yang paling padat dan paling sehat. Populasi pribumi telah meningkat di wilayah ini. Pribumi dewasa muda dari wilayah Gurun Victoria Besar bekerja dalam program Kreatif Wilurarra untuk memelihara dan mengembangkan budaya mereka.[2]

Meskipun lokasinya terpencil, Great Victoria terbagi dua oleh jalur yang sangat kasar termasuk Connie Sue Highway dan Anne Beadell Highway.

Aktivitas manusia mencakup beberapa penambangan dan uji coba nuklir.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1875, penjelajah Inggris Ernest Giles menjadi orang Eropa pertama yang melintasi gurun ini. Dia menamai gurun ini dari nama pemimpin kerajaan Inggris saat itu, Ratu Victoria. Pada tahun 1891, ekspedisi David Lindsey melakukan perjalanan melintasi daerah ini dari utara ke selatan. Frank Hann sedang mencari emas di daerah ini antara 1903 dan 1908. Len Beadell menjelajahi daerah itu pada 1960-an.

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Serpentine Lakes, Australia Selatan, 2011

Gurun Victoria Besar adalah ekoregion World Wildlife Fund[4] dan Regionalisasi Biogeografis Sementara untuk Australia (BPPN) wilayah dengan nama yang sama. [5]

Karena daerah ini memiliki penggunaan yang sangat terbatas untuk pertanian, habitat sebagian besar tetap tidak terganggu sementara sebagian dari padang pasir adalah termasuk kawasan lindung Taman Konservasi Mamungari (sebelumnya dikenal sebagai Taman Konservasi Tanpa Nama) di Australia Selatan, sebuah area besar gurun berupa zona kering murni yang memiliki signifikansi budaya dan merupakan salah satu dari empat belas Cagar Biosfer Dunia[6] di Australia. Habitat juga dilestarikan di pemerintah daerah Aborigin besar, Anangu Pitjantjatjara Yankunytjatjara di Australia Selatan dan di Cagar Alam Gurun Victoria di Australia Barat.

Uji coba senjata nuklir dilakukan oleh Britania Raya di Maralinga dan Lapangan Emu pada 1950-an dan awal 1960-an membuat daerah ini terkontaminasi plutonium-239 dan bahan radioaktif lainnya.

Flora[sunting | sunting sumber]

Hanya tanaman yang paling keras yang bisa bertahan di sebagian besar lingkungan ini. Di antara bukit-bukit pasir ada daerah padang rumput berhutan yang terdiri dari Eucalyptus gongylocarpa, Eucalyptus youngiana dan semak mulga (Acacia aneura) yang tersebar di area rumput spinifex tangguh khususnya Triodia basedowii.

Fauna[sunting | sunting sumber]

Satwa liar yang beradaptasi dengan kondisi keras ini mencakup beberapa burung atau mamalia besar. Namun, gurun ini juga menunjang hidup banyak jenis kadal termasuk Kadal gurun besar yang rentan (Egernia kintorei), Central Ranges taipan (ditemukan pada 2007), dan sejumlah marsupial kecil termasuk sandhill dunnart yang terancam punah (Sminthopsis psammophila) dan mulgara ekor jambul (Dasycercus cristicauda). Salah satu cara untuk bertahan hidup di sini adalah dengan menggali ke dalam pasir, seperti yang dilakukan oleh sejumlah hewan gurun, termasuk tikus mondok marsupial selatan (Notoryctes typhlops), dan kodok penampung air. Burung-burung yang ada termasuk whiteface-breasted whiteface (Aphelocephala pectoralis) yang ditemukan di tepi timur gurun dan malleefowl Taman Konservasi Mamungari. Predator gurun termasuk dingo (karena gurun ini berada di utara Pagar Dingo) dan dua kadal monitor besar, biawak perentie (Varanus giganteus) dan sand goanna (Varanus gouldii).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Great Victoria Desert - Gurun Terbesar di Australia. Birgit Bradtke. Diakses pada 26 Maret 2013.
  2. ^ Wilurarra Creative 2011;
  3. ^ Dana Satwa Liar Dunia. [http: //www.worldwildlife.org/ecoregions/aa1305 "Australia Selatan"] Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 21 Oktober 2015. 
  4. ^ "Gurun Victoria Agung". Terrestrial Ecoregions. World Wildlife Fund. 
  5. ^ IBRA Versi 7 data
  6. ^ Cagar Biosfer Australia . Departemen Keberlanjutan, Lingkungan, Air, Populasi dan Komunitas. Diakses 3 Mei 2015.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Shephard, Mark, Gurun Victoria Besar: utara Nullarbor, selatan pusat, Reed Books, ISBN 978-0-7301-0485-8 
  • Joseph, Leo; Greenslade, Penelope; Barley, R. H. (Rachel); Lembaga Konservasi Alam Australia Selatan; Barley, Rachel (1986), Gurun Victoria Besar, Lembaga Konservasi Alam South Australia Inc, ISBN 978-0-949751-08-9 
  • Peppas, Lynn, Gurun Victoria Besar, St. Catharines, Perusahaan Penerbitan Crabtree Ontario, ISBN 978-1-4271-9100-7 
  • Friebe, Marlene; Matheson, W. E; Australia Selatan. Departemen Lingkungan dan Warisan; Teman-teman Taman Gurun Victoria Agung (2006), Semak dan pohon Gurun Victoria Besar, Teman-teman di Taman Gurun Victoria Agung dengan bantuan Departemen Lingkungan dan Warisan, ISBN 978-0-646-45948-6 
  • Teman-teman di Taman Gurun Victoria Besar (S.A.), Teman-teman Gurun Victoria Agung, The Friends of the Great Victoria Desert Parks, diakses tanggal 25 Juni 2017