Guo Ziyi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guo Ziyi
Adipati Dai 代國公
Pangeran Fenyang 汾陽王
Guo Ziyi.jpg
Gambar ini diambil dari sebuah buku berjudul "Wan xiao tang - Zhu Zhuang - Hua zhuan (晩笑堂竹荘畫傳)" yang diterbitkan hampir 10 tahun setelah berdirinya Republik Tiongkok ((十年), 1921.
Lahir697
Wafat9 Juli 9, 781 (umur 83-84)
Nama anumerta
Zhongwu 忠武
AyahGuo Jingzi 郭敬之
Anak8 putra, termasuk Guo Ai 郭曖, ayah dari Janda Permaisuri Guo dari Tang
PekerjaanJenderal

Guo Ziyi (Kuo Tzu-i; (Tradisional): 郭子儀, (Sederhana): 郭子仪, Hanyu Pinyin: Guō Zǐyí, Wade-Giles: Kuo1 Tzu3-i2) (697 – 9 Juli, 781[1]), gelar anumerta Pangeran Zhōngwǔ dari Fényáng (汾陽忠武王), adalah jenderal Dinasti Tang yang berhasil mengakhiri Pemberontakan An Lushan kemudian bergabung dalam ekspedisi melawan Kekhanan Uighur dan Kekaisaran Tibet. Ia dianggap sebagai salah satu jenderal Tang yang terkuat sebelum dan sesudah Pemberontakan Anshi. Setelah kematiannya ia diabadikan dalam mitologi Tiongkok sebagai Dewa Kekayaan dan Kebahagiaan (Fu Lu Shou, ia sebagai Lu Xing atau Bintang Lu). Guo Ziyi dikabarkan seorang penganut Kristen Nestorian,[2]

Guo Ziyi dilahirkan dalam keluarga pegawai negeri kelas menengah di prefektur Hua (华州), sekarang county Hua, di provinsi Shaanxi, ia digambarkan sebagai pria yang tampan dengan tinggi hampir 2 meter. Ia diangkat menjadi Pangeran Fenyang dan sering disebut sebagai "Guo Fenyang". Dia hidup sampai usia 85 dan diberi nama anumerta Zhongwu (忠武: "Setia dan Pejuang").

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]