Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Malang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBogor
KecamatanTenjolaya
Luas733 830 Ha
Jumlah penduduk12.682 jiwa
Kepadatan172 jiwa/km²

Sejarah Desa[sunting | sunting sumber]

Legenda Desa Gunung Malang[sunting | sunting sumber]

Nama Gunung Malang diambil dari nama seorang tokoh yang sangat terkenal didaerah ini. Kata Gunung diambil karena letaknya dikaki Gunung, sedangkan Malang diambil dari nama belakang seorang tokoh yang berjasa membangun desa ini yaitu KI BADAK PAMALANG. Konon menuurut cerita orang dulu kampung ini merupakan hamparan hutan belantara, bahkan sebagian orang mengatakan bahwa ini kampung Gunung. Mengapa disebut kampung Gunung, karena berada tepat dilereng Gunung Salak. Yang merupakan salah satu Gunung yang berada diwilayah Jawa Barat tepatnya dikabupaten Bogor.

Pada waktu itu sekitar tahun 1900 penghuninya masih bisa dihitung dengan jari, namun ada pendapat lain bahwa disekitar desa Gunung malang adalah wilayah pusat pemerintahan kerajaan Pajajaran, dan menurut kepercayaan orang Hindu Bali bahwa Prabu kian Santang menghilang di sekitar desa Gunung malang, sehingga mereka berkeinginan mendirikan Pura disekitar Kp. Tari kolot yang merupakan bagian wilayah desa Gunung malang.

Uniknya, didaerah ini jikalau mau berkunjung kerumah warga cukup melihat apakah ada pohon kelapa, karena setiap ada pohon kelapa disitu pasti ada rumah. Singkat cerita pada saat itu seorang pengembara yang tidak diketahui asalnya yang memutuskan untuk menetap di desa Gunung Malang ini, pengembara tersebut bernama KI BADAK PAMALANG , Walaupun postur tubuhnya kecil tapi kesaktinnya sangat luar biasa dan tiada satu orangpun yang menandinginya.

Karena pada waktu itu lahan perkampungan masih banyak yang kosong maka beliau mempunyai cita-cita ingin membuat lahan pertanian khusus persawahan, dengan dibantu denganwarga kampung setempat, belau mulai membangun saluran irigasi. Konon karena kesaktiannya beliau mampu membuat saluran irigasi sepanjang kurang lebih 100 M dalam waktu yang sangat singkat tanpa bantuan orang lain dan saluran irigasi tersebut sampai sekarang masih digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan kemudian saluran irigasi tersebut diberi nama Susukan Coblong yang terletak di Kp. Cibitung.

Terbentuknya Desa Gunung Malang[sunting | sunting sumber]

Desa Gunung Malang adalah Desa yang berada diwilayah kecamatan .Tenjolaya Desa ini berdiri sejak tahun 1936. Kepala Desa yang pertama adalah Mandor Emong (PJS) dan yang sekarang memimpin adalah Iding Sumardi, Luas wilayah 733 830 Ha dengan jumlah Dusun 3, RT 45, RW 13. Pada Tanggal 08 Juli 2011 yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bogor nomor 11 tahun 2011 Terjadi pemekaran Desa Gunung malang dan Gunung Mulya sehingga luas wilayah desa Gunung Malang menjadi 345.295 ha, terdiri dari 25 RT dan 7 RW.

Sejak tahun 1900 sebelum merdeka di desa ini telah terjadi beberapa pergantian pemimpin Lurah / Kepala Desa diantaranya :

1.Mandor Emong : Dari tahun 1936 – 1945

2.Lurah Ilan : Dari tahun 1946 – 1952

3.Lurah manaf : Dari tahun 1952 – 1958

4.Lurah Arnan : Dari tahun 1958 – 1968

5.Lurah Djaya Miharja : Dari tahun 1968 – 1989

6.Lurah Didih : Dari tahun 1989 – 1992

7.Lurah Tata Sukarta : Dari tahun 1995 – 2003

8.Lurah Mamar Sumarna : Dari tahun 2003 – 2008

9.Lurah Deden Sutisna,S.Pd. I : Dari tahun 2008 - 2014

10.Lurah Iding Sumardi : Dari tahun 2014 - Sekarang

Desa Gunung Malang dengan Luas wilayah kurang lebih 733,830 ha dengan jumlah penduduk mencapai 12.682 jiwa, namun setelah pemekaran Luasnya menjadi 345.295 M2 serta jumlah penduduk Gunung malang menjadi 5.918 Jiwa, sesuai dengan kemajuan jaman perkembangan desa Gunung Malang Mengalami peningkatan di segala bidang.

Demografi Desa[sunting | sunting sumber]

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Gunung Malang terletak antara 6,39º - 14,7° Lintang selatan dan 106,42° - 42,29° Bujur timur, Dengan ketinggian 83 M dari permukaan Laut dengan Luas 345.295 Ha terdiri dari 2 ( Dua Dusun ) 7 RW dan 25 Rt, Desa Gunung Malang memiliki batas sebagai berikut :

· Sebelah Utara :Desa Gunung Mulya

· Sebelah selatan : Kehutanan/ Taman Nasional

· Setelah Timur : Kec. Sari

· Sebelah Barat :Desa Tapos I

Topografi Desa[sunting | sunting sumber]

Desa Gunung Malang merupakan desa yang berada di daerah lereng Gunung Salak dengan ketinggian antara 600 - 700 M, dpl (diatas permukaan laut).Sebagaian besar wilayah desa Gunung Malang adalah Lahan pertanian dan sisanya lahan kering dan pemukiman, di sebelah Barat dibatasi oleh sungai Cinangneng sekaligus sebagai batas dengan Desa Tapos 1, dan disebelah Timur dengan sungai Cihideung sekaligus batas wilayah dengan Kecamatan Taman Sari. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Gunung Mulya dan sebelah selatan merupakan Hutan Taman Nasional Gunung Salak.

Secara umum keadaan topografi Desa Gunung Malang adalah merupakan daerah Dataran , Pesawahan, perbukitan dan pegunungan .

Desa Gunung MalangBeriklim dengan temperatur suhu rata – rata 250 C s/d 300 C pada siang hari 180 C pada malam haridengan curah hujan rata-rata 32 m atau 384 m pertahun Iklim Desa Gunung Malang sebagaimana desa-desa yang lainnya diwilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap Pertanian dan perkebunan yang ada di Desa Gunung Malang Kecamatan Tenjolaya.

Luas dan Sebaran Penggunaan Lahan[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya lahan yang terdapat di Desa Gunung Malang digunakan secara produktif, dan hanya sedikit saja yang tidak dipergunakan, hal ini menunjukan bahwa kawasan Desa Gunung Malang memiliki sumber daya alam yang memadai dan siap untuk dikelola.

Luas lahan berupa sawah teknis seluas : 152 Ha, Kebun seluas : 45 Ha, Tegalan : 12 Ha, hutan Rakyat, 15,3 Ha, dan lahan lainya berupa pekarangan pemukiman 80 Ha. Untuk pemukiman seluas 30,9 Ha dan lainnya 10 Ha.

Wilayah Administratif Pemerintah Desa[sunting | sunting sumber]

Tabel Wilayah Administratif Pemerintah Desa
No Jumlah Dusun Jumlah RW Jumlah RT
1 2 (Dua) 7 (Tujuh) 25 (Dua Puluh Lima)

Keadaan Sosial[sunting | sunting sumber]

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Penduduk Desa Gunung Malang Berdasarkan data terakhir Pendataan Tahun 2016 sebanyak 7278 Yang terdiri atas penduduk laki-laki 3714 dan penduduk perempuan 3388

Jumlah Rumah tangga/ KK di Desa Gunung Malang Tahun 2016 Sebanyak 2154 Rumah tangga/ KK.Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Kebudayaan yang ada di Desa Gunung Malang merupakan modal dasar pembangunan yang melandasi pembangunan yang akan dilaksanakan, warisan budaya yang bernilai luhur merupakan dasar dalam rangka pembangunan pariwisata budaya yang dijiwai oleh mayoritas keluhuran Agama Islam. Salah satu aspek yang ditangani dan terus dilestarikan secara berkelanjutan adalah pembinaan berbagai kelompok kesenian.

Pemerintah terus membina kelompok dan organisasi kesenian yang ada, walaupun dengan keterbatasan dana yang dialokasikan, namun semangat para pewaris kebudayaan di Desa Gunung Malang terus berusaha menjaga, merawat, serta memelihara agar budaya kelompok kesenian tersebut.

Beberapa kelompok kesenian yang ada di Desa Gunung Malang yang masih eksis dan terawat walaupun kondisinya sangat memprihatinkan diantaranya Jaipong, Pencak Silat, Qasidah, Gambus, Orkes Dangdut, Marawis.

Parawisata[sunting | sunting sumber]

Di bidang pariwisata, Desa Gunung Malang memiliki beberapa tempat pariwisata yang salah satu andalannya keindahan air terjun ( Curug ) yang sudah terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun internasional. Objek wisata air terjun yang ada di Desa Gunung Malang; curug Luhur, Curug Nangka, curug Sawer, Curug Sembilan, Curug Kawung, pemandian air panas. Dalam hal ini pemerintah desa akan terus berupaya memelihara dan mengembangkan pariwisata yang ada di Gunung Malang dengan adanya program desa wisata atas kerja sama dengan dinas pariwisata. ini juga yang menjadi harapan masyarakat supaya berkembang lebih maju dan rame sehingga selain menambah pendapatan asli desa juga bisa menyerap banyak tenaga kerja bagi warga masyarakat Desa Gunung Malang.