Guntung, Medang Kampai, Dumai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Guntung
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KotaDumai
KecamatanMedang Kampai
Kodepos
28825
Kode Kemendagri14.72.05.1003 Edit the value on Wikidata
Luas± 37 Km²
Jumlah penduduk2.057 Jiwa


Guntung adalah sebuah kelurahan desa yang terletak di Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Riau, Indonesia.[1] Kelurahan Guntung telah mengalami proses perjalanan yang sangat panjang dimana dahulunya Kelurahan Guntung merupakan sebuah /desa Kecamatan Bukit Kapur Kabupaten Bengkalis. Sehubungan dengan perubahan status kepemerintahan Pemekaran pada 27 April 1999 terbentuklah Pemerintah Kota Dumai berdasarkan UU Nomor 16 tahun 1999 namun Guntung masih berstatuskan Desa , kemudian pada tahun 2000 Desa Guntung berubah menjadi Kelurahan Guntung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai.

Geografi

Kelurahan Guntung merupakan kelurahan yang terletak di Kecamatan Medang Kampai. Kelurahan Guntung merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kota Dumai dengan luas wilayah ±  37 Km² dan batas-batas wilayah sebagai berikut :

- Sebelah utara berbatasan dengan rupat

- Sebelah selatan berbatasan dengan bukit nenas, Kecamatan Bukit Kapur

- Sebelah timur berbatasan dengan kelurahan pelintung

- Sebelah barat berbatasan dengan  kelurahan teluk makmur

Struktur tanah di Kelurahan Guntung umumnya struktur tanah terdiri dari tanah mineral (tanah gembur dan tanah berbutir), dan tanah gambut.

Ekonomi

Dengan hamparan lahan yang masih banyak dan luasnya pekarangan rumah masyarakat, menjadikan sebagian besar masyarakat Kelurahan Guntung bercocok tanam. Seperti perkebunan sawit, perkebunan ubi, dan perkebunan sayur sayuran. Selain itu ada juga yang bekerja sebagi Nelayan, mengingat Kelurahan Purnama yang terletak di pinggiran laut Dumai, sebagian masyarakat ada juga yang bejualan ikan hasil tangkapan untuk menopang kehidupan. Dan bekerja di tambak udang. Hal ini menjadikan banyak peluang ekonomi yang bisa diraih oleh masyarakat Guntung.

Demografi

Penduduk Kelurahan Gunung Tahun 2022, berjumlah 2.057 jiwa yang terdiri atas 1.043 jiwa laki-laki dan 1.014 jiwa perempuan. Dengan 611 KK dan jumlah total keseluruhahan 2.057 jiwa.

Gambaran Umum Kelurahan

Administrasi

Kelurahan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan. Kelurahan merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kota. Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa.

Dalam menjalankan tugasnya Lurah dibantu oleh beberapa orang pegawai kelurahan yang terdiri dari:

1.    Lurah : Oki Nofiar, S.IP.                                           

2.    Sekretaris Pemerintahan :                     

3.    Seksi PMK : Muhammad Reza

4.    Seksi Trantib : Edi Tawirman

Pendidikan

Untuk pedidikan di kelurahan guntung sendiri terdapat 1 SD dan 1 SMP, yaitu SDN 002 Guntung yang terletak di JL. Lestari  dan SMPN 8 Dumai yang terletak di JL. Pelajar. Kelurahan Guntung memiliki bangunan sekolah yang sudah memadai tapi masih kekurangan Sekolah Menengah Akhir, untuk itu warga Kelurahan Guntung yang ingin melajutkan pendidikannya harus bersekolah ke Desa/Kelurahan terdekat ataupun merantau keluar kota.

Pariwisata

Pariwisata pantai merupakan salah satu sektor andalan kelurahan guntung. Kelurahan Guntung yang terletak di tepi pantai memiliki potensi pengembangan pariwisata. Ada beberapa pantai yang berada di Kelurahan Guntung, yaitu Pantai Bahtera Alam, dan Pantai Salam Lestari.

Referensi

  1. ^ UNRI 2022, Kukerta Balek Kampung (22 Juli). Desa Peduli Gambut. Guntung: Syafira, Tengku Muhammad Ibrahim dan Hartoyo. hlm. 6 dan 9.  [pranala nonaktif permanen]