Guillém X dari Aquitaine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guillém X, Adipati Aquitaine
Biara Santo Bernardus dari Clairvaux Guillém dari Aquitaine
PasanganAénor dari Châtellerault
Keluarga bangsawanPoitiers
BapakGuillém IX dari Aquitaine
IbuPhilippa dari Toulouse
Lahir1099
Toulouse

Guillaume X (Guillém X dalam bahasa Occitan) (1099 – 9 April 1137), disebut yang Suci, merupakan seorang Adipati Aquitaine, Adipati Gascogne, dan Comte Poitou (sebagai Guillém VIII) dari tahun 1126 hingga 1137. Ia adalah putra Guillém IX oleh istri keduanya, Philippa dari Toulouse.

Guillém lahir di Toulouse selama periode singkat ketika orang tuanya memerintah ibu kota. Kelahirannya dicatat dalam Chronicle Saint-Maixent untuk tahun 1099: Willelmo comiti natus est filius, equivoce Guillelmus vocatus ("seorang putra lahir dari Comte Guillém, yang bernama Guillém seperti dirinya sendiri"). Kemudian pada tahun yang sama, Adipati Guillém IX menggadaikan Toulouse ke sepupu Philippa, Bertrand dari Toulouse, dan kemudian pergi ke perang Salib.

Koin Guillém X 0,890 g.

Philippa dan putranya yang masih bocah Guillém X, tinggal di Poitiers. Ketika Adipati Guillém IX kembali dari perang salibnya yang gagal, dia mengambil Dangerose, istri seorang bawahan, dan menyisihkan istri yang sah, Philippa. Hal ini menyebabkan ketegangan antara ayah dan anak, sampai tahun 1121 ketika Guillém X menikahi Aénor de Châtellerault, seorang putri dari simpanan ayahandanya Nyonya Dangerose oleh suami pertamanya, Aimery.

Guillém memiliki tiga orang anak dengan Aénor:

  • Aliénor, yang kemudian menjadi pewaris Kadipaten; dan paling dikenal sejarah sebagai Aliénor dari Aquitaine;
  • Pétronille, yang menikah dengan Raoul I dari Vermandois;
  • Guillaume Aigret, yang meninggal pada usia empat tahun pada tahun 1130, sekitar saat ibunda mereka Aenor de Châtellerault meninggal.

Dia diduga memiliki seorang putra, Guillém. Untuk waktu yang lama ia berpikir bahwa ia memiliki putra lain yang bernama Joscelin dan beberapa biografi masih secara keliru menyatakan fakta ini, tetapi Joscelin telah terbukti sebagai saudara Adeliza dari Louvain. Atribusi Joscelin sebagai putra Guillém X telah disebabkan oleh kesalahan membaca Pipa Gulungan yang berkaitan dengan pemerintahan Henry II, di mana 'saudara sang ratu' telah diambil sebagai Ratu Aliénor, ketika ratu yang bersangkutan sebenarnya Adeliza dari Louvain. Guillém, yang disebut Poitiers dalam gulungan pipa mungkin adalah saudara tiri Aliénor. Kronikus John Salisbury menyatakan bahwa Pétronille meninggal pada tahun 1151 atau 1152, setelah suaminya Raoul dari Vermandois secara singkat menikah lagi.

Guillém mengelola Kadipaten Aquitaine sebagai seorang pencinta seni dan seorang pejuang. Dia terlibat konflik dengan Normandia (yang dia serang pada tahun 1136, dalam persekutuan dengan Geoffroy V, comte Anjou yang menuntutnya atas nama istrinya) dan untuk Prancis.

Bahkan di dalam perbatasannya, Guillém menghadapi persekutuan orang-orang Lusignan dan Parthenays melawannya, masalah diselesaikan dengan penghancuran total musuh. Dalam politik internasional, Guillém X awalnya mendukung antipaus Anakletus II di skisma kepausan 1130, berlawanan dengan Paus Innosensius II, melawan kehendak para uskupnya sendiri. Pada tahun 1134 Santo Bernardus dari Clairvaux meyakinkan Guillém untuk membatalkan dukungan kepada Anakletus dan bergabung dengan Innosensius.

Pada tahun 1137 Guillém bergabung dengan ziarah ke Santiago de Compostela, tetapi meninggal selama perjalanan.[1] Di ranjang kematiannya, dia menyatakan keinginannya untuk melihat raja Louis VI dari Prancis sebagai pelindung putrinya Aliénor yang berusia lima belas tahun, dan untuk menemukan suaminya yang cocok. Louis VI secara alami menerima perwalian ini dan menikahi pewaris Aquitaine dengan putranya sendiri, Louis VII.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bernard F. Reilly, 187.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Parsons, John Carmi. Eleanor of Aquitaine: Lord and Lady, 2002
  • Bernard F. Reilly, The Contest of Christian and Muslim Spain, 1031-1157, Blackwell Publishing, 1995.

John of Salisbury's Memoirs of the Papal Court translated from the Latin with introduction and notes by Marjorie Chibnall

Bangsawan Prancis
Didahului oleh:
Guillém IX
Adipati Aquitaine
1126–1137
Diteruskan oleh:
Aliénor
Comte Poitiers
1126–1137