Philippa dari Toulouse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Philippa dari Toulouse
Comtesse Toulouse
Periode1094–1105
Permaisuri Aquitaine
Periodeskt. 1094 s/d 1116
Informasi pribadi
Kelahiranskt. 1073
Kematian28 November 1118 (usia 45 tahun)
Biara Fontevrault
WangsaWangsa Rouergue
Wangsa Poitiers
AyahGuilhem IV dari Toulouse
IbuEmma dari Mortain
PasanganGuilhem IX dari Aquitaine
AnakGuilhem X dari Aquitaine
Raymond dari Poitiers
Agnés, Ratu Aragón

Philippa atau Philippe Maude dari Toulouse (skt. 1073 – 28 November 1118), juga dikenal sebagai Philippe de Toulouse atau Philippe de Rouergue, merupakan Adipati Wanita Aquitaine, dan Comtesse Toulouse. Ia juga dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai Permaisuri Aragon dan Navarra; namun, gelar tersebut berdasarkan pernikahannya dengan Raja Sancho Ramírez dari Aragon, yang sekarang diragukan.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Philippe lahir pada sekitar tahun 1073 dari Comte Guilhem IV dari Toulouse dari Toulouse, dan istrinya Emma dari Mortain. Ia merupakan putri tunggal dan oleh karena itu, berdasarkan hukum-hukum Toulouse, merupakan ahli waris harta orangtuanya. Pada tahun 1088, Guilhem pergi berziarah ke Palestina, meninggalkan saudaranya Raymond dari Saint-Gilles sebagai pemangku takhta. Sebelum ia pergi, dikabarkan, ia juga menikahkan putrinya dengan Raja Aragon dalam rangka untuk mencabut hak warisnya;[1] namun, bukti menunjukkan bahwa Sancho masih menikah dengan istri sebelumnya pada saat ia meninggal pada tahun 1094.)[2]

Kehidupan awal Philippe – apabila ia menikah dengan Sancho Ramírez dari Aragon – masih merupakan sebuah misteri. Diketahui bahwa ia tidak menikah dengan Guilhem IX dari Aquitaine sampai tahun 1094, setelah kematian ayahandanya dan suksesi pamandanya; keadaan di mana ia tinggal sebelum kematian ayahandanya, cara pencabutan hak waris, dan susunan pernikahannya, dengan demikian tidak diketahui. Para sejarawan meragukan bahwa ia mungkin menikah dengan Sancho Ramírez berpendapat bahwa pencabutan haknya dari Toulouse menghalanginya dari penetapan hak warisannya, dan bahwa dengan kematian Sancho, ia bebas untuk menikah kembali berdasarkan pilihan sendiri.[1] Yang pasti bahwa setelah kematian Comte Guilhem, tuntutan Philippe diabaikan, dan Raymond menjadi comte. Philippe kemudian menikah dengan Guilhem, yang dianggap layak karena ia berjasa banyak: seorang pria yang tampan dengan kemahirannya di dalam menggoda seorang wanita, ia bukan hanya merupakan salah satu adipati yang paling menonjol di Eropa, yang mampu memberinya kehidupan layak; kerajaannya juga memiliki lokasi yang ideal di sisi Toulouse, dan ia dapat dengan mudah kembali tanah airnya sendiri – karena memang, itu yang dijanjikan oleh sang adipati untuknya. Oleh karena itu, keduanya segera menikah.[1] Mengapa ia diizinkan oleh pamandanya untuk menikah dengan orang yang berbahaya, atau memang jika Raymond pilihan lain dalam hal ini, tidak diketahui.

Ketika Raymond IV dari Toulouse berangkat ke Perang Salib Pertama di musim semi tahun 1096, ia meninggalkan putranya Bertrand untuk memerintah provinsi itu. Namun pada musim semi tahun 1098, Guilhem dan Philippe memasuki kota Toulouse, dan mengendalikan tanpa satu jiwapun yang hilang. Pada tahun berikutnya, ia melahirkan anak pertamanya di kota ini: Guilhem X dari Aquitaine.

Pada tahun 1099, suaminya pergi perang salib dan ia meninggalkannya sebagai pemangku takhta di Poitou.[3]

Ia adalah pengagum Robert dari Arbrissel dan membujuk suaminya untuk memberinya sebidang tanah di Poitou untuk mendirikan sebuah komunitas beragama yang dipersembahkan untuk Maria.[4] Pada tahun 1100 ia mendirikan Biara Fontevraud disana.

Ia terkejut ketika suaminya menggadaikan Toulouse pada tahun 1100 untuk sepupunya Bertrand yang ditukarkan dengan sejumlah besar uang, yang digunakan Adipati tersebut untuk pergi Perang Salib sendiri. Philippe, disingkirkan dari rumahnya, dan dikirim ke ibu kotanya di Poitiers, dimana ia memerintah Aquitaine atas nama suaminya ketika ia absen.

Setelah Guilhem kembali, ia dan Philippe untuk sementara hidup bahagia dan membuahkan lima orang putri dan seorang putra, Raymond. Obsesinya dengan doktrin dianggap ofensif oleh orang banyak pada saat itu, dikombinasikan dengan ketidakpuasan Guilhem yang meningkat kepadanya, dan ia mengejeknya (sebagai pendiri sebuah biara pelacur), yang menyebabkan perpecahan di dalam pernikahan tersebut.

Toulouse telah dimenangkan kembali oleh Guilhem untuk istrinya pada tahun 1113, setelah kematian Bertrand dari Suriah pada tahun 1112: ahli warisnya adalah saudara tirinya yang berusia sembilan tahun, Alphonse Jourdain, yang ditentang oleh Guilhem. Oleh karena itu, pada tahun 1114, Philippe menghabiskan sebagian besar waktunya memerintah disana. Karena itu, ia kurang senang ketika sekembalinya dari Toulouse ke Poitiers pada tahun 1114, ia mendapatkan suaminya telah memindahkan gundiknya, Vicomtesse Dangerosa, ke tempat tinggalnya. Philippe menarik sahabat-sahabatnya dan gereja untuk bantuan mengusir gundik suaminya itu, tetapi upaya itu tidak berhasil – tidak ada yang dapat membujuk Adipati itu untuk mengabaikan gundiknya.

Pada tahun 1116, Philippe yang merasa malu dihancurkan oleh berbagai utang atas pelayanannya kepadanya selama bertahun-tahun, meninggalkan istana tersebut, mengungsi di Biara Fontevrault. Disana ia menjadi sahabat istri pertama suaminya, Ermengarde dari Anjou (wafat 1146), dan keduanya menghabiskan banyak waktu merenungkan kekurangan Guilhem. Namun, untuk seluruh pengabdian Philippe ke Biara dan cita-citanya, ia menemukan sedikit kedamaian di sana, baik marah dan kesal bahwa suaminya telah mengabaikannya demi wanita simpanannya. Ia meninggal disana tanpa diketahui penyebabnya pada tanggal 28 November 1118. Ermengarde, yang tak lama kemudian mencoba untuk membalas dendam demi Philippe dengan mencoba untuk membuat Dangerosa diusir dari Aquitaine.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Meade, Marion, Eleanor of Aquitaine
  2. ^ Szabolcs de VAJAY, "Ramire II le Moine, roi d'Aragon et Agnes de Poitou dans l'histoire et la légende", in Mélanges offerts à René Crozet, 2 vol, Poitiers, 1966, vol 2, p 727-750; and Ruth E Harvey, "The wives of the first troubadour Duke William IX of Aquitaine", in Journal of Medieval History, vol 19, 1993, p 315. Harvey states that, contrary to prior assumptions, William IX was certainly Philippa of Toulouse's only husband. Vajay states that the marriage to an unnamed king of Aragon reported by a non-contemporary chronicler is imaginary even though it has appeared broadly in modern histories, and likewise he cites J de Salarrullana de Dios, Documentos correspondientes al reinado de Sancho Ramirez, Saragossa, 1907, vol I, nr 51, p 204-207 to document that Sancho's wife Felicie was clearly still married to him just months before his death, making the marriage to Philippa several years earlier, as reported in several modern popular biographies of her granddaughter, completely unsupportable.
  3. ^ Hilton, Lisa (2008). Queens Consort, England's Medieval Queens. Great Britain: Weidenfeld & Nichelson. hlm. 112. ISBN 978-0-7538-2611-9. 
  4. ^ Weir, Alison (1999). Eleanor of Aquitaine, a Life. London: Jonathan Cape. hlm. 11–12. ISBN 0-345-40540-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar
Didahului oleh:
Guilhem IV
Comtesse Toulouse
1094
Diteruskan oleh:
Raymond IV
Didahului oleh:
Raymond IV
Comtesse Toulouse
1098–1101
Diteruskan oleh:
Bertrand
Didahului oleh:
Bertrand
Comtesse Toulouse
1112–1117
Diteruskan oleh:
Anfós Jordan