Raoul I dari Vermandois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambar Raoul yang diambil dari segelnya

Raoul I dari Vermandois (Prancis: Raoul Ier "le Vaillant") († 14 Oktober 1152) merupakan seorang Comte Vermandois. Dia adalah putra Hugues I, Comte Vermandois, dan Adelaide, Comtesse Vermandois. Melalui ayahandanya, ia adalah cucu Henri I dari Prancis, sementara ibundanya adalah pewaris Herbert II dari Vermandois.

Pamanda paternal satu-satunya adalah Philippe I dari Prancis. Melalui dia Raoul adalah sepupu pertama Louis VI dari Prancis dan sepupu pertama, yang pernah dihapus dari Louis VII dari Prancis.

Raoul menjabat sebagai seneschal Prancis selama masa pemerintahan sepupunya Louis VII. Di bawah tekanan permaisuri Aliénor dari Aquitaine, Louis mengijinkannya untuk menolak istrinya Eléonore dari Champagne, putri Étienne, comte Blois dan Adela dari Normandie dan saudari Raja yang bertakhta Stephen dari Inggris, yang mendukung saudari Eleanor dari Aquitaine, Pétronille d'Aquitaine.[1] Hal ini menyebabkan perang dengan Thibaut II dari Champagne, yang merupakan saudara dari istri pertama Raoul, Eléonore. Perang berlangsung selama dua tahun (1142-44) dan berakhir dengan pendudukan Champagne oleh tentara kerajaan.

Raoul dan Petronilla diekskomunikasi oleh Paus Innosensius II untuk pernikahan yang dianggap tidak sah, mengesampingkan tiga uskup yang telah membatalkan pernikahan sebelumnya oleh Raoul.[1] Pengucilan dijatuhkan dan pernikahan Raoul disucikan setahun kemudian pada tahun 1143 oleh Paus Selestinus II setelah Innosensius meninggal.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Raoul menikah tiga kali:

1. Tahun 1125 dengan Eléonore, putri Étienne II, comte Blois. Pernikahan mereka berakhir dengan perceraian pada tahun 1140[1] dan dia meninggal pada tahun 1147.

2. Tahun 1140 dengan Pétronille d'Aquitaine;[1] mereka memiliki tiga orang anak:

  • Elisabeth (atau Isabelle) Mabile, comtesse Vermandois dan Valois (1143-1183), menikah dengan Philippe, comte Flandria, tanpa keturunan.[2]
  • Raoul II, comte Vermandois dan Valois (1145-1167), adalah suami pertama Marguerite dari Lorraine, kemudian comtesse Flandria. Ia meninggal karena penyakit kusta tahun 1167 tanpa keturunan.
  • Eléonore, comtesse Vermandois dan Valois (1148? – 1213/4). Ia menikah empat kali tetapi tidak memiliki keturunan:

3. Tahun 1152 dengan Laurette dari Flandria, putri Thierry, Comte Flandria dan Swanhilde. Mereka tidak memiliki keturunan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Baldwin, John W. (1986). The Government of Philip Augustus: Foundations of French Royal Power in the Middle Ages. University of California Press. 
  • Bradbury, Jim (2007). The Capetians: Kings of France 987-1328. Hambledon Continuum. 
  • Gislebertus (of Mons) (2005). Chronicle of Hainaut. The Boydell Press. 
  • Dyggve, Holger Petersen (1935). "Personnages historiques figurant dans la poésie lyrique française des XII e et XIII e siècles. III: Les dames du »Tournoiement» de Huon d'Oisi". Neuphilologische Mitteilungen (dalam bahasa French). 36 (2): 65–91. 
Didahului oleh:
Adelaide dan Hugues
Comte Vermandois
1102–1152
Diteruskan oleh:
Raoul II