Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gubernur Jenderal
Negara Bebas Irlandia
Seanascal Shaorstát Éireann
Lambang Negara Bebas Irlandia
Pejabat Terakhir
Domhnall Ua Buachalla
GelarHis Excellency
KediamanLoji Wakil Raja
Ditunjuk olehMonarki Negara Bebas Irlandia:
PendahuluLord Letnan Irlandia
Dibentuk6 Desember 1922
Pejabat pertamaTim Healy
Pejabat terakhirDomhnall Ua Buachalla
Jabatan dihapus11 Desember 1936
SuksesiDewan Eksekutif Negara Bebas Irlandia[1]

Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia (bahasa Irlandia: Seanascal Shaorstát Éireann) adalah jabatan resmi perwakilan Monarki Negara Bebas Irlandia yang eksis dari tahun 1922 sampai tahun 1936. Berdasarkan konvensi, jabatan ini bersifat seremonial. Meskipun demikian, hal ini kontroversial, karena banyak Nasionalis Irlandia menganggap keberadaan jabatan ini menyinggung prinsip-prinsip republik dan simbol berlanjutnya keterlibatan Inggris dalam urusan Irlandia, meskipun Gubernur Jenderal tidak memiliki hubungan dengan Pemerintah Inggris setelah tahun 1931. Karena alasan ini, peran jabatan tersebut berkurang seiring berjalannya waktu oleh Pemerintah Irlandia.

Pemberlakuan Statuta Westminster pada tahun 1931 di London memberikan kemerdekaan legislatif penuh kepada Negara Bebas Irlandia. Namun, pihak Irlandia menilai independensi legislatif secara penuh telah tercapai pada tahun 1922. Peran Gubernur Jenderal di Negara Bebas Irlandia dihapus dari Konstitusi pada tanggal 11 Desember 1936,[2] pada saat Edward VIII turun tahta sebagai raja Inggris dan semua Dominion.

Pemilihan[sunting | sunting sumber]

Gubernur Jenderal diangkat oleh Raja atas saran dari kabinet. Awalnya pemerintah Britania Raya terlibat dalam proses pengangkatan Gubernur Jenderal. Hal ini kemudian berakhir paska diberlakukannya Konferensi Kekaisaran 1926, untuk selanjutnya, hanya pemerintah Negara Bebas Irlandia yang terlibat secara resmi. Dampak lebih lanjut dari konferensi tahun 1926 (khususnya Deklarasi Balfour) adalah bahwa raja juga tidak lagi menerima nasihat resmi dari pemerintah Inggris sehubungan dengan perannya dalam Negara Bebas Irlandia; nasihat tersebut selanjutnya datang secara resmi hanya dari Dewan Eksekutif Negara Bebas Irlandia (Kabinet). Konstitusi Negara Bebas tidak membatasi gubernur jenderal untuk masa jabatan tertentu. Namun, pada tahun 1927, pemerintah Irlandia memutuskan bahwa tidak ada gubernur jenderal yang akan menjabat lebih dari lima tahun.

Tugas dan Fungsi[sunting | sunting sumber]

DIbawah Konstitusi Negara Bebas Irlandia Raya, Gubernur Jenderal terikat untuk bertindak sesuai dengan "hukum, praktik dan penggunaan konstitusional" yang relevan dengan Gubernur Jenderal Kanada. Adapun tugas dan fungsi dari Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia adalah :

  1. Kewenangan eksekutif: Kewenangan eksekutif negara secara resmi 'diberikan' kepada raja, namun dilaksanakan oleh gubernur jenderal atas saran Dewan Eksekutif.
  2. Pengangkatan Kabinet: Presiden Dewan Eksekutif (perdana menteri) diangkat oleh gubernur jenderal setelah dipilih oleh Dáil Éireann (majelis rendah parlemen). Menteri-menteri lainnya diangkat berdasarkan pencalonan presiden, berdasarkan pemungutan suara di Dáil.
  3. Konvensi dan pembubaran badan legislatif: Gubernur jenderal, atas nama raja, mengadakan dan membubarkan Oireachtas atas saran Dewan Eksekutif.
  4. Menandatangani rancangan undang-undang menjadi undang-undang: Raja secara resmi, bersama dengan Dáil dan Seanad, adalah salah satu dari tiga komponen Oireachtas. Tidak ada rancangan undang-undang yang dapat menjadi undang-undang sampai rancangan undang-undang tersebut mendapat Persetujuan Kerajaan, yang diberikan oleh gubernur jenderal atas nama raja. Gubernur Jenderal secara teoritis mempunyai hak untuk memveto suatu rancangan undang-undang atau mencadangkannya "untuk kepentingan Raja", yang pada dasarnya menunda keputusan apakah akan mengesahkan rancangan undang-undang tersebut atau tidak, untuk jangka waktu maksimal satu tahun. Ketika House of Lords disarankan agar RUU Pertanahan tahun 1926 diveto dengan cara ini, Lord Chancellor berkata, "Itu tidak akan efektif, karena jika RUU ini diveto, RUU serupa dapat disahkan besok"[3].
  5. Pengangkatan hakim: Semua hakim ditunjuk oleh gubernur jenderal atas saran Dewan Eksekutif.

Hingga tahun 1928, Gubernur Jenderal juga mendapat tugas tambahan sebagai agen Pemerintah Britania Raya di Negara Bebas Irlandia. Hal ini berarti semua korespondensi resmi antara Britania Raya dan Pemerintah Irlandia harus melalui Gubernur Jenderal dan Gubernur Jenderal diberikan akses terhadap dokumen-dokumen resmi Pemerintah Britania Raya. Hal ini juga berarti bahwa Gubernur Jenderal dapat menerima instruksi rahasia dari pemerintah Inggris dan, misalnya, saat menjabat, Tim Healy secara resmi disarankan oleh pemerintah Inggris untuk memveto undang-undang apa pun yang berupaya menghapuskan Sumpah Kesetiaan kepada Kerajaan yang kontroversial, yang dilakukan oleh anggota parlemen Irlandia.

Namun, pada konferensi kekaisaran yang sama dimana terjadi perubahan cara penunjukan gubernur jenderal, disepakati bahwa sejak saat itu gubernur jenderal Dominion seperti Negara Bebas akan kehilangan paruh kedua dari peran ganda mereka dan tidak lagi menjadi perwakilan pemerintah Inggris, dan peran ini dijalankan oleh komisaris tinggi. Selain itu, karena, berdasarkan perubahan yang disepakati, pemerintah Inggris kehilangan hak untuk memberi nasihat kepada raja sehubungan dengan Negara Bebas Irlandia, maka pemerintah tidak dapat lagi mengeluarkan instruksi yang mengikat kepada Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia.

Dua gubernur jenderal pertama tinggal di Viceregal Lodge (sekarang dikenal sebagai Áras an Uachtaráin, kediaman resmi Presiden Irlandia). Gubernur jenderal terakhir tinggal di kediaman pribadi yang disewakan khusus di Booterstown, County Dublin. Gubernur Jenderal secara resmi disebut Yang Mulia. Namun, tidak seperti gubernur jenderal lainnya di Imperium Britania pada tahun 1920-an dan 1930-an, tidak ada Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia yang pernah dilantik sebagai anggota Dewan Penasihat. Di antara semua gubernur jenderal di Kerajaan Inggris pada saat itu, tidak ada satupun gubernur jenderal Negara Bebas Irlandia yang pernah mengenakan, setidaknya di depan umum, seragam upacara resmi untuk seseorang yang berpangkat sama.

Daftar Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia (1922–36)[sunting | sunting sumber]

No. Potret Name

(Lahir–Wafat)

Periode Menjabat Monarki Presiden Dewan Eksekutif
Mulai Menjabat Selesai Menjabat Lama Menjabat
1 Tim Healy

(1855–1931)

6 Desember 1922 31 Januari 1928 5 tahun, 56 hari George V Cosgrave
2 James McNeill

(1869–1938)

31 Januari 1928 1 November 1932 4 tahun, 275 hari Cosgrave

De Valera

3 Domhnall Ua Buachalla

(1866–1963)

27 November 1932 11 Desember 1936 4 tahun, 14 hari George V

Edward VIII

De Valera

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Constitution (Amendment No. 27) Act 1936 — Jabatan ini dihapus sebelum Konstitusi Irlandia menetapkan jabatan Presiden Irlandia secara resmi
  2. ^ "The Republic of Ireland Bill 1948—Second Stage – Seanad Éireann (6th Seanad) – Thursday, 9 December 1948". Oireachtas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 January 2019. Diakses tanggal 30 March 2020. 
  3. ^ "Appeal From The Irish Free State Courts". Parliamentary Debates (Hansard). 3 March 1926. HL Deb vol 63 c406. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 August 2016. Diakses tanggal 22 November 2017.