Tim Healy (politikus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tim Healy
Healy, c. 1915
Gubernur Jenderal
Negara Bebas Irlandia
Ke-1
Masa jabatan
6 Desember 1922 – 31 Januari 1928
Penguasa monarkiGeorge V
Sebelum
Pendahulu
Jabatan dibentuk
Pengganti
James McNeill
Sebelum
Anggota Parlemen
Masa jabatan
1880–1918
Informasi pribadi
Lahir(1855-05-17)17 Mei 1855
Bantry, County Cork, Irlandia
Meninggal26 Maret 1931(1931-03-26) (umur 75)
Chapelizod, County Dublin, Irlandia
Suami/istriErina Sullivan (m. 1882, d. 1927)
ProfesiPolitician
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Timothy Michael Healy, KC (17 May 1855 – 26 March 1931) adalah seorang politikus nasionalis, jurnalis, penulis asal Irlandia. Tim Healy merupakan Gubernur Jenderal Negara Bebas Irlandia pertama dari 1922–1928 dan juga mantan anggota parlemen dari Irlandia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Plakat di Bantry, Lapangan Wolfe Tone yang menandakan kelahiran Tim Healy.

Tim Healy dilahirkan di Bantry, County Cork sebagai anak kedua dari Maurice Healy dan Eliza Sullivan. Ayahnya bekerja sebagai panitera Poor Law Union Bantri. Saudaranya Thomas Healy adalah seorang pengacara dan anggota parlemen dapi North Wexford dan adiknya Maurice Healy juga seorang pengacara dan anggota parlemen dapil Cork City[1].

Tim Healy menempuh pendidikan di Sekolah Persaudaraan Kristen di Fermoy dan sisanya ia menempuh pendidikan mandiri pada tahun 1869 dan tinggal bersama pamannya Timothy Danuel Sulliva di Dublin.

Tim Healy kemudian pindah ke Inggris untuk mencari kerja di Perusahaan Perkeretaapian Timur Laut di Newcastle-upon-Tyne pada tahun 1871. Disana ia menjadi terlibat dalam politik Peraturan Rumah Tangga Irlandia yang dibahas oleh komunitas lokal Irlandia. Setelah berangkat ke London pada tahun 1878 Healy bekerja sebagai pegawai rahasia di sebuah pabrik milik kerabatnya, kemudian bekerja sebagai koresponden parlemen untuk surat kabar The Nation milik pamannya, menulis banyak artikel untuk mendukung Parnell, rumah yang baru muncul dan lebih militan. pemimpin kekuasaan, dan kebijakannya yang bersifat menghalangi parlemen[1].

Parnell mengagumi kecerdasan dan energi Healy setelah Healy memantapkan dirinya sebagai bagian dari lingkaran politik Parnell yang lebih luas. Dia menjadi sekretaris Parnell tetapi tidak diberi kontak dengan lingkaran kecil rekan politik Parnell.

Parnell, bagaimanapun, membawa Healy ke dalam Partai Parlementer Irlandia (IPP) dan mendukungnya sebagai kandidat nasionalis untuk pemilihan sela di Wexford pada tahun 1880 setelah kematian William Archer Redmond, melawan John Redmond, putra mendiang anggota parlemen. Setelah John Redmond menyingkir, Healy dikembalikan ke parlemen tanpa perlawanan.

Karir Politik[sunting | sunting sumber]

Di parlemen, Healy tidak secara fisik menjadi sosok yang mengesankan tetapi terkesan dengan penerapan kecerdasan, ketekunan, dan penggunaan kata-kata yang mudah berubah ketika ia mencapai Klausul Healy dalam Undang-undang Pertanahan (Irlandia) tahun 1881 yang menyatakan bahwa tidak boleh ada sewa lebih lanjut di masa depan. dibebankan pada perbaikan penyewa. Pada pertengahan tahun 1880-an, Healy telah mendapatkan reputasi karena nada suaranya yang buruk. Dia menikah dengan sepupunya Eliza Sullivan pada tahun 1882, mereka memiliki tiga putri dan tiga putra dan dia menikmati kehidupan keluarga yang bahagia dan intens, terkait erat baik melalui persahabatan maupun perkawinan dengan keluarga Sullivan di Cork barat[1].

Melalui reputasinya sebagai sahabat para petani, setelah dipenjara selama empat bulan menyusul kasus agraria, dan didukung oleh Parnell, ia terpilih dalam pemilihan sela Monaghan pada bulan Juni 1883, yang dianggap sebagai klimaks dalam hubungan Healy–Parnell . Pada tahun 1884 ia dipanggil ke bar Irlandia sebagai pengacara (pada tahun 1889 ke bar bagian dalam sebagai Penasihat Raja, di London pada tahun 1910). Reputasinya memungkinkan dia untuk membangun praktik hukum yang luas, khususnya dalam kasus pertanahan. Dia terpilih untuk South Londonderry pada tahun 1885, tetapi kalah dari Liberal Unionist pada tahun 1886. Dalam pemilihan sela North Longford tahun 1887, dia dikembalikan tanpa lawan.

Dipicu oleh rendahnya harga produk susu dan ternak pada pertengahan tahun 1880 serta cuaca buruk selama beberapa tahun, banyak petani penyewa yang tidak mampu membayar sewa berada di bawah ancaman penggusuran. Healy menyusun strategi untuk mendapatkan pengurangan sewa dari tuan tanah yang kemudian dikenal sebagai Rencana Kampanye, yang diselenggarakan pada tahun 1886 antara lain oleh Timothy Harrington.

Gubernur Jenderal[sunting | sunting sumber]

Healy, dihari pertama Pertunjukan Kuda Dublin bertemu dengan wanita - wanita yang bekerja di Industry Workers, County Longford, 14 Agustus 1923

Pada awalnya Pemerintah Negara Bebas Irlandia dibawah kepemimpinan W. T. Cosgrave berencana untuk menempatkan Healy di sebuah kediaman yang kecil, namun karena ia menghadapi ancaman kematian dari IRA, ia kemudian dipindahkan ke Loji Wakil Raja.

Healy secara resmi diangkat menjadi Gubernur Jenderal pada 6 Desember 1922. Ia tidak pernah mengenakan seragam kebesaran gubernur jenderal dihadapan publik. Selain itu menjadi suatu keunikan bagi Healy (dan juga penggantinya James McNeill) bahwa mereka sebagai gubernur jenderal di dominion Imperium Britania tidak diangkat menjadi anggota Dewan Penasihat Imperium.

Healy terbukti sebagai Gubernur Jenderal yang cakap, memiliki tingkat keterampilan politik, wawasan politik yang mendalam, dan kontak di Inggris yang pada awalnya tidak dimiliki oleh Pemerintahan Irlandia yang baru, dan telah lama merekomendasikan dirinya ke dalam Hierarki Katolik, dan mendamaikan posisinya di pusat kehidupan masyarakat. Dia pernah bercanda bahwa pemerintah tidak menasihatinya, dia menasihati pemerintah: sebuah candaan yang ia sampailkan jamuan makan malam Duke of York yang menimbulkan kritik publik. Namun, Healy yang nakal masih mau tidak mau menimbulkan kontroversi lebih lanjut, terutama dalam serangan publik terhadap Fianna Fáil yang baru dan pemimpinnya, Éamon de Valera, yang menyebabkan seruan dari Partai Republik agar dia mengundurkan diri[2].

Kebanyakan kontak yang dibuat antara pemerintah di London dan Dublin disampaikan melalui Healy. Healy punya akses terhadap berkas-berkas yang dianggap sensitif dan mendapat perintah dari Pemerintah Britania Raya untuk menjadikan jabatannya sebagai jaminan dengan atau tanpa persetujuan kerajaan terhadap legislasi yang diterapkan oleh Oireachtas. Sebagai contoh, Healy selalu diperintahkan unutk menolak RUU yang memiliki tujuan untuk menghapus sumpah kesetiaan. Namun, baik RUU ini maupun RUU lainnya yang diam-diam diinstruksikan untuk diblokir tidak diperkenalkan pada masa jabatannya sebagai Gubernur Jenderal. Perannya sebagai perwakilan pemerintah Inggris, dan bertindak berdasarkan sarannya, ditinggalkan di seluruh Persemakmuran Inggris pada pertengahan tahun 1920-an sebagai akibat dari keputusan Konferensi Kekaisaran, sehingga dia dan penerusnya secara eksklusif hanya menjabat sebagai wakil Raja dan kepala nominal Persemakmuran. eksekutif Irlandia.

Healy meyakini bahwa dia telah diangkat sebagai Gubernur Jenderal untuk seumur hidup. Namun, Dewan Eksekutif Negara Bebas Irlandia memutuskan pada tahun 1927 bahwa masa jabatan Gubernur Jenderal adalah lima tahun. Sehingga, ia pensiun dari jabatan dan kehidupan publik pada Januari 1928. Istrinya meninggal pada tahun sebelumnya. Ia menerbitkan memoarnya yang berjumlah dua jilid pada tahun 1928. Sepanjang hidupnya ia tangguh karena ia sangat cerdas, karena ia tidak khawatir dengan konvensi sosial atau politik, dan karena ia tidak mengenal disiplin partai. Menjelang akhir hidupnya, dia melunak dan menjadi lebih diplomatis. Dia meninggal pada tanggal 26 Maret 1931, dalam usia 75 tahun, di Chapelizod, County Dublin, di mana dia tinggal di rumahnya di Glenaulin, dan dimakamkan di Pemakaman Glasnevin

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Callanan 1996.
  2. ^ John Horgan (1999). Seán Lemass – The Enigmatic Patriot. Gill & Macmillan. hlm. 408. ISBN 9780717168163. 

Catatan[sunting | sunting sumber]