Grimes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Grimes
Grimes 2012 (cropped).jpg
Grimes in 2012
LahirClaire Elise Boucher
17 Maret 1988 (umur 33)
Vancouver, British Columbia, Canada
Nama lainc[1]
Pekerjaan
  • Musician
  • singer
  • songwriter
  • record producer
  • music video director
  • visual artist
Tahun aktif2007–present
Pasangan serumahElon Musk (2018–present)
Anak1
KerabatJay Worthy (step-brother)
PenghargaanFull list
Karier musik
AsalMontréal, Quebec, Canada
Genre
Instrumen
  • Vocals
  • piano
  • synthesizer
Label
Artis terkait

Claire Elise Boucher ( / b u ʃ eɪ / ; lahir 17 Maret 1988), yang dikenal profesional sebagai Grimes , adalah musisi Kanada, penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman. Musiknya menggabungkan berbagai gaya, termasuk dream pop , synth-pop , art pop , elektronik , eksperimental pop , R&B , dan hip hop . Dia telah merilis lima album studio , dua drama diperpanjang, sebelas single, dan empat single promosi.

Lahir dan besar di Vancouver, Grimes mulai merilis musik secara independen di akhir dekade pertama tahun 2000-an, merilis dua album, Geidi Primes dan Halfaxa, pada tahun 2010 di Arbutus Records. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan 4AD dan menjadi terkenal dengan merilis album studio ketiganya, Visions, pada tahun 2012. Visions menyertakan single " Genesis " dan " Oblivion " dan menerima Juno Award untuk Electronic Album of the Year. Setelah ini, album studio keempatnya, Art Angels, dirilis pada tahun 2015 dan menerima pujian kritis karena beberapa publikasi menamakannya sebagai album terbaik tahun ini. Album studio kelimanya, Miss Anthropocene, dirilis pada tahun 2020.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Claire Boucher lahir dan besar di Vancouver. Dia adalah keturunan Perancis Kanada (termasuk Québécois ), Italia, Ukraina, dan Métis . Dia dibesarkan sebagai Katolik Roma , dan bersekolah di sekolah Katolik. Ibunya, Sandy Garossino, adalah mantan jaksa penuntut dan advokat seni; ayahnya, mantan bankir, bekerja "di sisi bisnis biotek". Pada tahun 2006, Boucher lulus dari Sekolah Menengah Lord Byng dan pindah dari Vancouver ke Montreal untuk menghadiriUniversitas McGill berfokus pada ilmu saraf dan bahasa Rusia , tetapi meninggalkan universitas pada awal 2011 sebelum menyelesaikan gelarnya. Menurut stempel waktu di halaman Myspace aslinya , Boucher mulai menulis musik dengan nama Grimes pada tahun 2007. Nama penyanyinya dipilih karena pada saat itu, MySpace mengizinkan artis untuk membuat daftar tiga genre musik. Dia mencantumkan "kotoran" untuk ketiganya, sebelum mengetahui apa itu kotoran. Grimes belajar sendiri dalam musik dan seni visual.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hudson, Laura (May 19, 2018). "Encouraged by Elon Musk, Grimes changed her name to the speed of light". The Verge. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 5, 2018. Diakses tanggal November 11, 2018.