Grigorios Akindynos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangGrigorios Akindynos
Biografi
Kelahirank. 1300
Prilep
Kematian1348 (47/48 tahun)
Penyebab kematianPes
Data pribadi
AgamaOrtodoksi Timur
Kegiatan
Pekerjaanteolog, rahib, penulis

Grigorios Akindynos (Latin sebagai Gregorius Acindynus) (Yunani: Γρηγόριος Ἀκίνδυνος) (skt. 1300 – 1348) merupakan seorang teolog Yunani Bizantium. Berasal dari Prilep, ia pindah dari Pelagonia ke Thessaloniki dan belajar di bawah bimbingan Thomas Magistros dan Grigorios Bryennios. Dia menjadi pengagum Nikephoros Grigoras setelah dia ditunjukkan sebuah risalah astronomi dari sarjana itu oleh sahabatnya Balsamon pada tahun 1332, menulis kepadanya sebuah surat di mana dia menyebutnya "laut kebijaksanaan". Dari Thessaloniki, ia bermaksud untuk pindah ke Gunung Athos, tetapi karena alasan yang tidak diketahui, ia ditolak.

Dia terlibat dalam perselisihan teologis seputar doktrin Cahaya yang Tidak Diciptakan antara Gregorius Palamas dan Barlaam dari Seminara pada tahun 1340-an. Sebagai murid Palamas, dia memediasi antara keduanya dari tahun 1337, memperingatkan Barlaam pada tahun 1340 bahwa usahanya melawan doktrinnya akan sia-sia, tetapi dari tahun 1341 ia menjadi kritis terhadap posisi Palamas, mencelanya sebagai Messalianisme, dan kemudian menjadi musuh Palamas paling berbahaya setelah Barlaam kembali ke Calabria. Dia dikucilkan di Konsili Konstantinopel pada tahun 1347 dan meninggal di pengasingan, rupanya menjadi korban wabah tahun 1348.

Sastra[sunting | sunting sumber]

  • Patrologia Graeca vol. 151.
  • Angela Constantinides Hero (trans.), Letters of Gregory Akindynos, Harvard Univ Press (1983), ISBN 0-88402-107-6. review: Aristeides Papadakis, Speculum (1985).
  • J.-S. Nadal, "La critique par Akindynos de l'herméneutique patristique de Palamas," Istina 19 (1974), 297-328.
  • J. Nadal Cañellas, ed. Gregorii Acindyni refutationes duae operis Gregorii Palamae cui titulus Dialogus inter Orthodoxum et Barlaamitam (Louvain 1995). [= Corpus Christianorum Series Graeca, 31.] (Greek text of Acindynus' treatises against a work by Palamas titled Dialogue between an Orthodox and a Barlaamite.)
  • J. Nadal Cañellas, La résistance d' Akindynos à Grégoire Palamas. Enquête historique, avec traduction et commentaire de quatre traités édités récemment. I-II (Louvain 2003) [= Spicilegium Sacrum Lovaniense. Études et documents 50 - 51]. (Gives a French translation, with important historical commentary, of the treatises edited by Nadal Cañellas in 1995.)
  • Juan Nadal Canellas, "Le rôle de Grégoire Akindynos dans la controverse hésychaste du XIVeme siècle à Byzance," in Juan Pedro Monferrer-Sala (ed.), Eastern Crossroads: Essays on Medieval Christian Legacy (Piscataway: Gorgias Press LLC, 2007) (Gorgias Eastern Christian Studies, 1), 31-60.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]