Nikephoros Grigoras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Infobox Biographie2

Nicéphore Grégoras (Templat:Grec ancien), né vers 1295[1] à Héraclée du Pont, et mort en 1360[2], est un historien, philosophe, savant et humaniste byzantin.

Nikephoros Gregoras (//; bahasa Yunani: Νικηφόρος Γρηγορᾶς, Nikephoros Gregoras; skt. 1295 – 1360) merupakan seorang astronom, sejarahwan, dan teolog asal Bizantium.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Gregoras lahir di Hērakleia Pontikē. Pada usia dini ia menetap di Konstantinopel, di mana reputasinya untuk belajar membawanya di bawah pemberitahuan Andronikus II Palaeologus, oleh siapa ia ditunjuk chartophylax (penjaga arsip). Pada tahun 1326 Gregoras mengusulkan (dalam sebuah risalah yang masih ada) reformasi tertentu dalam kalender, yang ditolak oleh kaisar karena takut akan gangguan; hampir dua ratus tahun kemudian mereka diperkenalkan oleh Gregorius XIII pada garis yang hampir sama.

Ketika Andronikos digulingkan (1328) oleh cucu lelakinya Andronikos III Palaeologus, Gregoras berbagi kejatuhannya dan pensiun ke dalam kehidupan pribadi. Diserang oleh Barlaam dari Seminara, ia dengan susah payah dibujuk untuk maju dan bertemu dengannya dalam perang kata-kata, di mana Barlaam dikalahkan. Ini sangat meningkatkan reputasinya dan memberinya sejumlah besar murid.

Gregoras tetap setia kepada Andronikos yang lebih tua hingga akhir, tetapi setelah kematiannya ia berhasil mendapatkan dukungan cucunya, yang dengannya ia ditunjuk untuk melakukan perundingan yang tidak berhasil (untuk persatuan gereja-gereja Yunani dan Latin) dengan para duta besar Paus Yohanes XXII (1333).

Mulai tahun 1346, Gregoras mengambil bagian penting dalam kontroversi Hesychast pada dorongan dari Anna, dengan menerbitkan traktat di mana ia kukuh menentang Gregorius Palamas, pendukung utama doktrin itu. Meskipun ia membujuk beberapa tokoh gereja terkemuka, seperti Joseph dari Ganos dan Arsenios dari Tirus, pendapatnya bertentangan dengan pandangan Kaisar Ioannes VI Kantakouzenos. Meskipun ia menyampaikan pandangannya secara panjang lebar pada sinode 1351, sinode itu menyatakan pandangannya sesat dan doktrin ortodoks Palamas. Dia dan para pembangkang lainnya diberi kesempatan untuk menarik kembali, dan dia menolak.[3]

Meskipun doktrin Gregorius Palamas diterima oleh mayoritas Gereja Ortodoks, Gregoras tetap berkampanye melawan apa yang dia anggap sebagai doktrin sesat yang dipaksakan kepada Gereja oleh dewan perampok. Dia menjadi biksu dan mengabdikan dirinya untuk berkampanye melawan orang-orang Palamit, menghancurkan persahabatannya dengan Ioannes Kantakouzenos. Dia pertama ditempatkan di bawah tahanan rumah, kemudian dikurung di Biara Chora. Ketika dia dibebaskan dari biara pada tahun 1354, Gregoras kembali ke khotbah dan pengingkarannya. Gregoras mencurahkan dua dari 37 buku Sejarah Romanya atas keberatannya terhadap doktrin Palamas; menurut Donald Nicols, "Sangat mengecewakan bahwa Gregoras sang filsuf dan sejarahwan seharusnya telah berubah menjadi seorang polemik yang mengomel pada tahun-tahun menurunnya."[4]

Tulisan-tulisan[sunting | sunting sumber]

Karya utama Gregoras adalah Sejarah Romawi-nya, dalam 37 buku, yang meliputi tahun 1204 hingga 1359. Ini sebagian melengkapi dan sebagian melanjutkan karya George Pachymeres. Gregoras menunjukkan industri yang cukup besar, tetapi gayanya sombong dan terpengaruh. Karya ini dan suplemen Ioannes Kantakouzenos dan saling mengoreksi, dan harus dibaca bersama.

Tulisan-tulisan Gregoras lainnya, yang (dengan beberapa pengecualian) masih belum dipublikasikan, membuktikan keserbagunaannya yang luar biasa. Di antara mereka dapat disebutkan sejarah perselisihan dengan Palamas; biografi pamanda dan instruktur awal Ioannes, metropolitan Herakleia, dan martir Codratus dari Antiokhia; orasi pemakaman untuk Theodore Metochites, dan dua kaisar Andronikos; komentar tentang pengembaraan Odisseus dan pada risalah Synesius tentang mimpi;[5] traktat tentang ortografi dan kata-kata makna yang meragukan; sebuah dialog filosofis yang disebut Phlorentius atau Mengenai Kebijaksanaan; risalah astronomi pada tanggal Paskah, tentang persiapan astrolab dan perhitungan prediksi gerhana matahari;[6] dan korespondensi ekstensif.[7]

Edisi: di Bonn Corpus Scriptorum Historiae Byzantinae, oleh L. Schopen dan I. Bekker, dengan kehidupan dan daftar karya-karya J. Boivin (1829-1855); J. P. Migne, Patrologia Graeca, cxlviii., cxlix.; lihat juga Karl Krumbacher, Geschichte der byzantinischen Litteratur (1897).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Année exacte incertaine : voir Vasile Grecu, « Das Geburtsjahr des byzantinischen Geschichtschreibers Nikephoros Gregoras », Bulletin de la Section historique 27, Académie roumaine, 1946, p. Missing parameter/s! (Template:P.)56-61.
  2. ^ Ou 1359
  3. ^ Donald Nicol, The Last Centuries of Byzantium, 1261-1453, second edition (Cambridge: University Press, 1993), pp. 232f
  4. ^ Nicol, Last Centuries, p. 234
  5. ^ Niceforo Gregora, Explicatio in librum Synesii de insomniis, a cura di P. Pietrosanti, Collana Pynakes, Levante, 1999
  6. ^ J. Mogenet, A. Tihon, R. Royez, A. Berg, Nicéphore Grégoras - Calcul de l’éclipse de soleil du 16 Juillet 1330, Corpus des astronomes byzantins, I, Gleben, 1983
  7. ^ I. Sevcenko, Some autographs of Nicephore Gregoras in Recueil des travaux de l'Institut d'études byzantines, VIII, pp. 435-450.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]