Granada (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Granada" adalah sebuah lagu Meksiko yang ditulis pada 1932 oleh Agustín Lara. Lagu ini mengisahkan kota Granada di Spanyol dan telah menjadi sebuah "standar" dalam repertoar musik..

Versinya yang paling popular adalah versi asli dengan lirik bahasa Spanyol oleh Lara (sering kali dinyanyikan secara opera); sebuah versi dengan lirik bahasa Inggris oleh penulis lirik Australia Dorothy Dodd; dan versi instrumental dalam gaya jazz, pop, easy listening, flamenco atau rock. Ada juga versi-versi lainnya dalam bahasa Inggris (salah satunya dengan lirik oleh Al Stewart, dan lainnya dengan lirik oleh Robert Musel dan Edward Lisbona) tetapi keduanya ini kurang dikenal. Ada pula versi-versi lain dalam bahasa Jerman dan bahasa-bahasa lainnya.

Lagu ini telah banyak sekali dinyanyikan oleh penyanyi lainnya. Versi populernya oleh Frankie Laine, Mario Lanza dan Frank Sinatra dan, dalam bahasa Jerman, oleh Fritz Wunderlich serta duet pop Spanyol Baccara.

Lagu ini sangat disukai oleh para pemain organ teater di Britania, karena memberikan kesempatan bagi mereka untuk memamerkan perangkat organ yang ditala [harpa, glockenspiel, dll.] dan perkusi yang tak ditala [kastanyet, tamburin].

Karena sifat iramanya yang flamboyan, dan liriknya dalam bahasa Spanyol, "Granada" telah banyak diterima oleh kelas-kelas music sekolah tinggi sebagai sebuah "lagu seni."

Lirik[sunting | sunting sumber]

LIrik pembukaan Lara berbunyi:
Granada tierra soñada por mi.
Mi cantar se vuelve gitano cuando es para ti.

Versi Dodd berbunyi:
Granada, I'm falling under your spell,
And if you could speak, what a fascinating tale you would tell.

Daftar terpilih versi rekaman[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Templat:Pop-nyanyian-stub