Fritz Wunderlich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambar Fritz Wunderlich di museum

Fritz Wunderlich merupakan penyanyi tenor dari Jerman. Dia lahir pada 26 September 1930 di Palatine town of Kusel, Jerman, dan wafat pada 17 September 1966 di Heidelberg, Jerman. 

Fritz Wunderlich lahir dari keluarga seniman. Ibunya seorang pemain biola dan ayahnya adalah pemimpin paduan suara. Tidak mengherankan jika sejak kecil, dia akrab dengan musik. Fritz muda didesak untuk mengikuti pelatihan suara klasik oleh orang-orang teater yang mendengarnya bernyanyi saat mereka melewati toko roti, tempat dia bekerja. [1]

Dia mendapat beasiswa pendidikan musik di the Freiburg Music Academy di Breisgau. Dia belajar di sana sejak 1950 hingga 1955. Selain itu, dia juga belajar suara klasik yang memperlihatkan bakat alaminya.

Setelah bermain Tamino dalam sebuah produksi dari W.A. Mozart, yang berjudul Die Zauberflöte pada tahun 1955, Fritz Wunderlich dilibatkan dalam Wurttemberg State Opera di Stuttgart. Dia mendapat peran profesionalnya pertama kali sebagai Ulrich Eislinger di Die Meistersinger. Kariernya dimulai saat dipanggil untuk bermain Tamino. Fritz pun menjadi bintang baru.

Fritz wafat seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-36. Dia meninggal dunia akibat kecelakaan. Dia terjatuh dari tangga batu di katil milik temannya di Heidelberg

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.bach-cantatas.com/Bio/Wunderlich-Fritz.htm