Gopnik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stereotip gopnik di tangga apartemen khrushchyovka

Gopnik (Rusia: го́пник; IPA: [ˈɡopnʲɪk])[1] adalah sebuah stereotip dan subkultur di Russia, Ukraina, Belarus, dan di beberapa negara bekas Uni Soviet yang berkaitan dengan pria muda kelas bawah dari daerah pinggiran kota (biasanya dari Generasi Z dan Milenial)[2] dan berasal dari keluarga yang berpendidikan dan berpenghasilan rendah. Istilah perempuannya adalah gopnitsa dan yang berkelompok disebut dengan gopota. Subkultur Gopnik berakar dari akhir Kekaisaran Rusia, dan berkembang selama abad ke-20 di banyak kota di Uni Soviet.[3][4] Pada akhir tahun 2010-an, subkultur Gopnik sebagian besar telah memudar, meskipun geng-geng muda yang menyerupai Gopnik masih ada di Rusia dan negara-negara Slavia lainnya.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

"Gopnik" kemungkinan besar berasal dari istilah bahasa gaul untuk perampokan jalanan: gop-stop (Rusia: гоп-стоп).[5]

Istilah Gopnik juga bisa berkaitan dengan GOP, singkatan dari Gorodskoye Obshchestvo Prizreniya. GOP merupakan rumah penampungan untuk rakyat kurang mampu yang dibuat oleh Pemerintah Bolshevik setelah Revolusi Oktober pada tahun 1917. Menurut Kamus Ekabahasa milik Dahl, kamus ekabahasa Rusia (pertama kali diterbitkan pada abad ke-19), kata gaul lama yang berarti "tidur di jalan" adalah "гопать" (secara harfiah berarti "untuk meng-gop") sesuatu yang terkait dengan orang-orang "mazurick", atau para penjahat dari Sankt Peterburg.[5]

Penampilan dan perilaku stereotipikal[sunting | sunting sumber]

Pemuda Slav Gopnik sedang berjongkok

Gopnik sering terlihat berjongkok dalam kelompok "di lapangan" atau melakukan gaya kepiting di luar blok atau sekolah dengan tumit di tanah.[6][7] Perilaku ini digambarkan perilaku yang dipelajari dari budaya penjara Rusia untuk menghindari duduk di tanah yang dingin.[7]

Gopnik sering terlihat memakai baju olahraga Adidas atau Puma yang dipopulerkan oleh tim Uni Soviet di Olimpiade Moskwa 1980.[8] Biji bunga matahari biasanya dimakan oleh para gopnik terutama di Ukraina dan Russia. Gopnik juga biasanya terlihat mengenakan topi datar dan ransel Adidas.

Gopnik sering dikaitkan dengan minuman alkohol murah, seperti vodka berkualitas rendah dan bir ringan, rokok murah, ponsel kelas bawah, dan kadang-kadang bahkan senjata api. Mereka juga menggunakan kata-kata kotor Rusia dan sering berperilaku kasar. Gopnik sering mengendarai mobil klasik Lada atau BMW kuno sebagai alat transportasi utama mereka.

Subkultur ini secara stereotip dikaitkan dengan musik chanson Rusia, khususnya subgenre blatnaya pesnya; dan sejak pertengahan 2010-an, berupa meme Internet dan video viral dengan hardbass dan musik rock Rusia.

Gopnik umumnya memiliki nasionalisme Rusia atau Pan-Slavisme sebagai pandangan politik utama mereka, meskipun ada juga komunitas gopnik sayap kiri atau bahkan sayap kanan jauh. Gopnik biasanya memiliki pandangan anti-Barat yang kuat.

Subkultur serupa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bentuk jamak dari bahasa Russia, гопники (gopniki), гопота (gopota), dan гопари (gopari).
  2. ^ Beiträge der Europäischen Slavistischen Linguistik (POLYSLAV)., Volume 8, 2005, ISBN 3-87690-924-4, hlmn. 237
  3. ^ "Slav Squat – Russian Disturbing Street Trend". 
  4. ^ "Russia's original gangstas: meet the gopniki". 22 July 2011. 
  5. ^ a b "Британский исследовательский центр предлагает отказаться от слова "гопник"". Англия, Великобритания: энциклопедия, новости, фото. Всё об Англии и про Англию. Аделанта. July 17, 2008. Diakses tanggal August 30, 2013. 
  6. ^ Flynn, Moya; Kay, Rebecca; Oldfield, Jonathan D. (1 June 2008). Trans-national issues, local concerns and meanings of post-socialism: insights from Russia, Central Eastern Europe, and beyond. University Press of America. ISBN 0761840559 – via Google Books. 
  7. ^ a b Ханипов Р. «Гопники» – значение понятия, и элементы репрезентации субкультуры «гопников» в России // "Social Identities in Transforming Societies" // "Identitas Sosial dalam Transformasi Masyarakat"
  8. ^ "Why is Adidas so Popular Among Russians?". 4 January 2015.