Glentoran F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Glentoran Football Club adalah klub sepak bola profesional yang bermain di NIFL Premiership. Klub ini didirikan pada tahun 1882.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal

Pada tahun 1914, Glentoran memenangkan Piala Wina, menjadi tim Inggris kedua yang memenangkan trofi Eropa, meskipun karena kompetisi ini berlangsung beberapa dekade sebelum pembentukan UEFA, kompetisi ini tidak diakui demikian.

1960

George Best menonton Glentoran bersama kakeknya saat masih muda, tetapi ditolak oleh klub karena "terlalu kecil dan ringan". Namun, Best membuat satu penampilan untuk Glentoran, dalam pertandingan keseratus klub melawan Manchester United.

Pada tahun 1964–65, Glentoran menghadapi Panathinaikos di Piala Eropa dan bermain imbang 2–2 di kandang dan kalah 3–2 saat tandang. Di Piala Fairs musim berikutnya, mereka menghadapi Antwerpen yang menghasilkan kekalahan tandang 1-0 dan hasil imbang 3-3 di kandang. Piala-Pemenang Piala di 1966–67 melihat Glentoran bermain imbang 1-1 dengan Rangers di depan Oval yang penuh sesak sebelum kalah di leg tandang 4-0.

Waktu terbaik Glentoran datang dalam pertemuan Piala Eropa dengan Benfica pada tahun 1967. Dasi dimainkan dengan dua leg, yang pertama di Oval. Glentoran mencetak penalti di awal dan bertahan selama hampir enam puluh menit sampai pemain sepak bola hebat Eusebio menyamakan kedudukan. Pertandingan berakhir 1-1. Pertandingan kedua diadakan di Estádio da Luz Benfica. Glentoran paruh waktu diperkirakan akan hancur di bawah tekanan kesempatan itu, tetapi sekali lagi bertahan untuk hasil imbang 0-0 yang terkenal. Benfica melaju ke babak berikutnya dengan aturan gol tandang. Glentoran adalah tim pertama yang kalah dari aturan ini dan tim pertama yang menghentikan Benfica mencetak gol di kandang.

Pada tahun 1967, klub menjalankan waralaba sepak bola Detroit Cougars di United Soccer Association. Liga yang baru dibentuk telah direncanakan untuk musim perdana pada tahun 1968, tetapi ketika Liga Sepak Bola Profesional Nasional saingan mengumumkan tanggal mulai tahun 1967 dan kontrak televisi dengan CBS, pemilik liga memutuskan untuk mempercepat liga mereka dengan mengimpor seluruh regu dari Eropa dan Amerika Selatan. Kedua liga akhirnya akan bergabung dan membentuk Liga Sepak Bola Amerika Utara pada tahun berikutnya.

1970

Pada 1973–74, Glentoran mencapai perempat final Piala-Pemenang Piala. Mereka menghadapi Borussia Mönchengladbach di perempat final dan dikalahkan 2-0 dan 5-0. Empat musim kemudian mereka menghadapi Juventus dalam pertandingan Piala Eropa dan kalah 1-0 di kandang (Warren Feeney gagal mengeksekusi penalti) dan 5-0 saat tandang.

1980

Pada 1981–82, Glentoran mencapai putaran kedua Piala Eropa dan akhirnya menghadapi semifinalis CSKA Sofia. Setelah kekalahan tandang 2-0, Glentoran unggul 2-0 di leg kedua untuk memaksa pertandingan ke perpanjangan waktu. Hasil akhir 2-1, Glentoran tersingkir dengan agregat 3-2. Final Piala Irlandia 1985 antara "Dua Besar" melihat insiden terkenal lainnya. Pendukung Glentoran membawa seekor ayam jantan, lambang klub, ke pertandingan dan seekor babi, dicat dengan warna biru tua, warna rival sengitnya, Linfield. Kedua hewan tersebut tetap berada di pinggir lapangan selama pertandingan berlangsung. Penggemar Glentoran juga membawa seekor ayam jantan ke final Piala Irlandia 2006, itu juga tetap berada di pinggir lapangan selama durasi tersebut, Glentoran kalah dalam pertandingan 2-1, sehingga mengakhiri rekor tak terkalahkan pasca-perang mereka melawan Linfield di final Piala Irlandia. Rangkaian 5 kemenangan atas Linfield di final pascaperang yang dimulai pada 1966 berlanjut hingga kekalahan Glentoran di final 2006.

1990

Pada tahun 1995 Glentoran memainkan pertandingan tradisional Boxing Day melawan Linfield di lapangan yang tertutup salju. Di babak pertama bola jingga rusak, dan tidak ada penggantinya tim terpaksa bermain dengan bola putih selama sisa pertandingan. Insiden itu digunakan sebagai pertanyaan "Apa yang Terjadi Selanjutnya" di A Question of Sport BBC. Mantan manajer Linfield Roy Coyle mengambil alih klub pada tahun 1997 dan di bawah kepemimpinannya klub memasuki periode kesuksesan lainnya. Di final piala pertama Coyle yang bertanggung jawab, dia menyerahkan hak untuk memimpin tim, alih-alih dia meminta servis lama Kitman Teddy Horner untuk mendapatkan kehormatan ini.

2000

Musim 2002-03 adalah salah satu yang paling sukses klub belakangan ini. Dari empat piala potensial, Glentoran memenangkan tiga, merebut kejuaraan Liga Irlandia, Piala Liga Irlandia dan County Antrim Shield tetapi jatuh pada rintangan terakhir, kalah di Final Piala Irlandia 1-0 dari Coleraine. Satu-satunya Liga Irlandia yang menyelesaikan sapu bersih semua trofi adalah Linfield yang telah mencapai ini pada 3 kesempatan. Mereka memenangkan 7 piala, pada tahun 1921–22 dan 7 pada tahun 1961–62 dan juga 4 trofi pada tahun 1955–56. Mendekati sapu bersih pada tahun 2003 dan gagal adalah pil pahit yang harus ditelan.

Pada tanggal 23 April 2005, Glentoran mengalahkan saingan mereka Linfield di pertandingan kedua terakhir tetapi salah satu musim liga. Pada menit ke-93 pertandingan, Glentoran, yang membutuhkan kemenangan untuk memiliki peluang merebut gelar liga, mencetak gol melalui penyerang tengah mereka (dan mantan pemain Linfield) Chris Morgan. Ada konfrontasi antara dua kelompok penggemar setelah pertandingan. Hooliganisme adalah hal biasa di pertandingan antar klub di masa lalu. Namun ini telah berkurang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Roy Coyle memenangkan 16 trofi bersama Glentoran dan merupakan manajer klub tersukses dalam sejarah klub.

Masalah keuangan (2006–2019)

Millar (2006–2007)

Setelah delapan tahun bertanggung jawab atas Glentoran, Roy Coyle mengundurkan diri sebagai manajer setelah serangkaian hasil yang acuh tak acuh. Pada 14 Februari 2006 klub mengumumkan bahwa mantan manajer Newry City Paul Millar akan mengambil alih posisi manajer. Sejak mengambil alih, penampilannya meningkat dan dia memimpin timnya ke final Piala Irlandia dengan rival Linfield. Meski memimpin di babak pertama, Linfield memenangkan pertandingan dengan dua gol dari Peter Thompson. Dia juga memimpin klub barunya menuju kekalahan terbesar mereka melawan rival sekota mereka Linfield dalam kekalahan 6-0 di Windsor Park. The Glens telah berusaha untuk mengurangi kesenjangan antara mereka dan Linfield dengan menandatangani Kyle Neill dan Gary Hamilton dari Portadown dan menandatangani kembali mantan favorit penggemar Gary Smyth. Juga tiba adalah mantan pemain lain, Jason Hill, mantan pemain Portadown dan Newry City Cullen Feeney dan kiper muda yang menjanjikan Ciaran McLaughlin dari Ards.

Paul Millar dipecat sebagai manajer pada 17 Mei 2007 setelah kurang dari lima belas bulan bekerja, setelah mengarahkan klub ke dua musim berturut-turut finis kedua di Liga di belakang Linfield. Dia mendapat dukungan dari ketua Stafford Reynolds, tetapi mayoritas dewan dan penggemar menginginkan kepergiannya. Awal musim keduanya yang bertanggung jawab tampak menjanjikan. Saat Glentoran memimpin puncak liga, mereka unggul lima poin dari Linfield saat Natal. Bisa dibilang sepuluh menit sepak bola menghancurkan apa yang tampak sebagai kampanye yang sangat sukses. Glentoran memimpin Portadown 2 – 1 dengan delapan puluh lima menit berlalu. Dua gol terlambat memastikan kekalahan pertama Glentoran musim ini dan akhirnya menyebabkan kekalahan beruntun, dan sedikit klimaks (8–0 vs. Armagh City). Fans kecewa dengan gaya sepak bola yang ditampilkan oleh tim di bulan-bulan terakhir pemerintahan Millar.

McDonald (2007–2010)

Pada tanggal 24 Mei 2007 mantan manajer Tentara Salib dan Glenavon Roy Walker diangkat sebagai manajer Glentoran bersama dengan asisten manajer Billy Sinclair. Walker sebelumnya memimpin Tentara Salib untuk dua gelar liga pada tahun 1995 dan 1997. Setelah meninggalkan manajemen sepakbola selama tujuh tahun, Walker menjadi analis sepakbola di BBC Radio Ulster. Dia dikutip mengatakan, "Glentoran adalah tim masa kecil saya dan mungkin satu-satunya klub yang bisa menarik saya kembali.

Namun, pada 26 Mei 2007 terungkap bahwa Walker tidak akan dapat menduduki jabatan tersebut, karena tidak memiliki kualifikasi kepelatihan UEFA yang diperlukan. Kurang dari satu minggu kemudian Glentoran menunjuk pelatih kepala Alan McDonald sebagai manajer. Roy Walker dengan anggun berjalan pergi tetapi menyatakan di Belfast Telegraph bahwa dia tidak akan beristirahat sampai direktur sepak bola Tom Dick mundur. Mr Dick kemudian melakukannya, tetapi juga mengkritik ketua klub Stafford Reynolds. Reynolds menegaskan bahwa dia akan mundur jika orang yang tepat dapat ditemukan untuk mengambil alih. Alan McDonald, manajer baru, sejauh ini telah mengamankan mantan pemain Glentoran Rory Hamill, Daryl Fordyce dari Portsmouth, pemain sayap Jamie McGovern dari West Bromwich Albion dan pemain sayap Dungannon Swifts David Scullion dan telah menandatangani kembali Chris Morgan dan Tim McCann. Darren Lockhart meninggalkan klub pada saat itu untuk bergabung dengan Tentara Salib dengan kontrak pinjaman satu tahun bersama dengan bek Gary Smith. Pada bulan Januari Glentoran berhasil mendatangkan Shane Mcabe dari Dungannon dan Darren Boyce dari Coleraine.

Alan McDonald memenangkan dua trofi bersama The Glens dan juga memimpin Glens ke final Setanta Cup. Di musim pertama McDonald`s sebagai manajer, Glentoran mengalahkan Tentara Salib di final County Antrim Shield. Musim berikutnya, Glentoran memenangkan liga setelah balapan yang kuat dengan Linfield. Glentoran menyelesaikan tiga musim berturutturut, 2006–2008, sebagai runnerup hingga tiga kali Double Champions Linfield. Sejak itu, pemain penting di klub termasuk Matthew Burrows, dari Dundela (di mana ia mencetak lima puluh tiga gol musim lalu), Johnny Taylor (dari Hearts) dan mantan pemain Lisburn Distillery Andy Waterworth dengan bayaran £30.000. Persiapan Glentoran untuk musim ini termasuk pertandingan persahabatan melawan Hearts, Burnley dan Ipswich Town. Namun, awal musim Glentoran tertunda oleh pemogokan oleh wasit yang dipimpin oleh presiden asosiasi mereka, David Malcolm, mengutip tuntutan untuk upah yang lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan penundaan semua pertandingan untuk minggu pertama. Minggu berikutnya, dalam pertandingan melawan Glenavon, lapangan Glentoran dinyatakan tidak dapat dimainkan. Pertandingan melawan Bangor dan kemudian Linfield telah ditunda, dengan Glentoran menghadapi Bangor dalam pertandingan Liga Premier pertama yang akan berlangsung pada hari Minggu. Skor sejarah adalah 10. Glentoran juga secara tak terduga mencapai final Setanta Sports Cup 2008, sebuah piala di mana empat klub teratas dari Liga Irlandia dan Liga Irlandia saling bermain. Glentoran mengalahkan Linfield dengan kemenangan 41, membuat grup menjadi kompetisi yang lebih terbuka. Ini diikuti oleh kemenangan 10 di pertandingan kandang lagi St Patrick's Athletic. Di final pada 13 Oktober 2008, Glentoran dikalahkan oleh tim Liga Irlandia Cork City 21 di Turners Cross. Pada 2 Mei 2009 Glentoran memenangkan Liga Utama Irlandia pertama dengan mengalahkan Cliftonville 31 di The Oval. Itu adalah kejuaraan pertama mereka sejak memenangkannya pada tahun 2005, mengakhiri dominasi tiga tahun Linfield di semua lini. Alan McDonald akan menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun dengan klub dalam beberapa minggu mendatang  setelah banyak spekulasi, membuatnya bertahan hingga 2011. Satu-satunya penandatanganan Glentoran pada musim panas  2009 adalah pemain Newry City Richard Clarke  dan pemain  Irlandia Utara Keith Gillespie dengan status bebas transfer.

Muda (2010–2012)

Pada Maret 2010, setelah pengunduran diri McDonald's, mantan pemain Scott Young ditugaskan di Glens hingga akhir musim 2010-11 dengan Pete Batey sebagai asisten manajer dan Tim McCann sebagai pelatih kepala. Young memimpin Glentoran ke final Piala Liga Irlandia 2009-10 melawan Coleraine. Bannsider adalah pecinta game, tetapi Glens adalah pemenangnya, menang 4-1 melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 2-2. Di akhir musim, Young bersama Batey dan McCann menandatangani perjanjian dengan Glens untuk melanjutkan sebagai manajer. Roy Coyle, mantan pelatih Glentoran yang sangat sukses menjadi direktur sepak bola.

Young mengejutkan penggemar dengan beberapa pemain menonjol klub, termasuk Michael Halliday dan Keith Gillespie. Halliday bergabung dengan Tentara Salib di utara Belfast. Kyle Neill juga meninggalkan klub dan bergabung dengan Glenavon. Dean Fitzgerald dan Shane McCabe juga termasuk di antara pemain yang dibebaskan.

Gary Hamilton dipinjamkan ke Glenavon, dan pada Desember 2011 berperan sebagai manajer klub (setelah pengunduran diri Marty Quinn), setelah dibebaskan dari layanan oleh Glentoran. Selama musim pertama Young sebagai manajer Glentoran, kesulitan keuangan Glentoran memburuk, sampai HMRC mengeluarkan perintah pemotongan untuk Glentoran dan klub hingga awal Januari 2011 untuk menghapus semua hutang yang berjumlah lebih dari £300.000. Sebuah penggalangan dana, Spirit of '41 (dinamakan untuk tahun Oval dibom oleh Jerman dan upaya besar-besaran untuk membangunnya kembali) didirikan dan hingga hari ini telah mengumpulkan lebih dari £25.000 . Pada 12 Januari 2011, sebuah EGM khusus diselenggarakan dengan proposal yang akan menyelamatkan Glentoran dari pelupaan dan secara radikal mengubah cara klub beroperasi. Pemungutan suara disetujui dengan syarat bahwa 3 anggota dewan baru ditambahkan, termasuk ketua baru dan mantan ketua mengundurkan diri sebagai wakil ketua.

Pada tanggal 5 Oktober 2010, pemain Glentoran  Matty Burrows mencetak gol melawan Portadown, memenangkan Burrows Goal of the Season di ESPN dan Goal of the Season di Sky Sports. Gol ini juga mencapai jutaan penayangan di YouTube dan melampaui pemain terkenal dunia Lionel Messi untuk penghargaan FIFA Goal of the Season. Burrows hampir melewatkan penghargaan itu, dengan banyak yang mengatakan dia tidak menang karena dia bukan pemain top. Ketika Jose Mourinho melihat gol tersebut, dia berkata 'berapa biaya untuk membeli orang ini', sementara Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa gol tersebut layak untuk dimenangkan dan akan sulit baginya untuk melakukannya.

Pada tanggal 7 Juli 2011, Glentoran mengalahkan tim Makedonia FK Renova di babak kualifikasi pertama Liga Europa setelah Glens membalikkan kekalahan tandang 2-1 dengan kemenangan 2-1 atas The Oval di kandang dan memimpin skor keseluruhan. Pertandingan berlangsung di titik penalti. Glentoran maju setelah memenangkan adu penalti 3-2.

Young memulai musim keduanya dengan baik, dengan kemenangan tandang 2-1 atas Tentara Salib. Namun, musim 2011-12 akan mengecewakan bagi Young dan klub. Rory Patterson akan kembali ke klub tetapi tidak dapat menyetujui kontrak karena masalah keuangan. Patterson bergabung dengan saingan Glentoran, Linfield. Namun, Matty Burrows telah kembali ke klub, tetapi telah berjuang untuk mempertahankan tempatnya. Klub kemudian mulai mengalami serangkaian hasil buruk dan mulai kehilangan pendukung. Meskipun mengalahkan Linfield tiga kali, Glentoran masih kalah di final County Antrim Shield dari Cliftonville dan melanjutkan kekalahan beruntun mereka. Kemudian, pada 14 Januari 2012, Glentoran tersingkir dari Piala Irlandia 2011–12 oleh tim amatir Newington Youth Club. Young kemudian menyerah setelah pertandingan. Direktur sepak bola Roy Coyle telah ditunjuk untuk memimpin pertandingan melawan Ballymena United.

Patterson (2012–2015)

Mantan manajer Lisburn Distillery  Paul Kirk, mantan pelatih Crusaders dan Ballymena United  Roy Walker, mantan pelatih Cliftonville  Eddie Patterson dan mantan pelatih Coleraine  Marty Quinn termasuk di antara para calon untuk posisi tersebut, termasuk mantan pemain Pat McGibbon dan Ian Foster. Walker dan Patterson melamar McGibbon dan Foster pada 1 Februari 2012. Patterson diangkat sebagai direktur klub pada Rabu 22 Februari 2012. Glentoran menyelesaikan musim 2011-12 di tempat 6, 28 poin di belakang juara turnamen. ; Crosscity menyaingi Linfield. Bagian dari penghiburan, bagaimanapun, datang dari fakta bahwa mereka mengalahkan Linfield di semua empat pertemuan antara tim musim itu, tidak kebobolan gol dalam prosesnya.

Selama musim panas 2012, Patterson menandatangani sejumlah pemain seperti Marcus Kane, Jay Magee dan Mark Clarke.  Glens mengawali musim 2012-13 dengan baik dengan kemenangan 3-1 atas Donegal Celtic. Ini diikuti oleh tiga hasil imbang 1-1 berturut-turut melawan Glenavon, Cliftonville dan Linfield. Sehari sebelum pertandingan melawan Linfield, klub mengumumkan penandatanganan Stuart Elliott, yang akan kembali ke klub tempat ia membuat namanya sebelum melintasi negara itu untuk bermain untuk Hull City, Motherwell dan Hamilton Academical. Glentoran mengalahkan Ballinamallard United 4-1 dan Dungannon Swifts 3-1 dalam waktu seminggu untuk mengangkat mereka ke posisi kedua di liga. Glens kemudian bermain imbang 0-0 di kandang melawan Coleraine dalam pertandingan klimaks sebelum mengalahkan Lisburn Distillery 3-0 seminggu kemudian. Hasil imbang 1-1 dengan Ballymena United di Showgrounds membuat mereka tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan liga sejak awal musim.

However, the unbeaten run came to an end in the next game when Crusaders won 2–0 at Seaview on 6 October 2012, just 5 days after an enthralling County Antrim Shield quarter-final defeat against Linfield which saw three goals in the final minutes of the game, ending 3–2 to Linfield. One week after the Crusaders loss, Glentoran was beaten for the second successive league game (their first home loss of the season), when Portadown won 1–0 at The Oval.

Masalah keuangan klub akan segera kembali. Pada November 2012, dilaporkan bahwa tim menolak untuk berlatih karena mereka tidak menerima gaji selama dua bulan. Jika masalah berlanjut, mungkin telah mencapai tahap di mana pemain berhak untuk melepaskan kontrak mereka. Kembali ke lapangan, klub memiliki hasil yang beragam dalam enam pertandingan berikutnya. Tiga kemenangan, satu hasil imbang dan dua kekalahan, termasuk kekalahan mengecewakan 2-1 dari Donegal Celtic, membuat Glens berada di posisi kelima pada akhir November, 12 poin di belakang pemimpin klasemen Cliftonville.

Musim 2012-13 akhirnya berakhir dengan klub finis di urutan ke-4 klasemen. Namun, musim berakhir dengan nada tinggi saat Glens mengalahkan favorit dan juara liga baru Cliftonville 3-1 setelah perpanjangan waktu di final Piala Irlandia pada 4 Mei 2013. Ini adalah kemenangan Piala Irlandia pertama klub dalam sembilan tahun.

Pada musim 2014-15, Glentoran memenangkan Piala Irlandia lainnya melawan Portadown dan yang kedua di bawah Eddie Patterson. Pertandingan dimainkan di The Oval karena pekerjaan konstruksi di Windsor Park telah terganggu dan stand The Kop dianggap tidak stabil dan perlu dibongkar. Pertandingan berakhir 1-0 setelah sore yang sangat basah di Belfast Timur.

Setelah mengalahkan Carrick Rangers 2-0 di kandang, Eddie Patterson dipecat. Sebuah pernyataan dari klub kemudian dirilis menjelaskan bahwa posisi saat ini di tabel tidak untuk kepentingan klub dan fans, karena klub berada di bawah tekanan untuk meningkatkan dari tahun ke tahun. Sepertinya pertandingan berikutnya akan berada di tangan Roy Coyle, mantan manajer klub sebagai bos sementara.

Kernaghan (2015–2016)

Pada 9 November 2015, Alan Kernaghan diangkat sebagai direktur Glentoran. [12] Kernaghan memulai dengan hasil yang menjanjikan dan menyelesaikan musim 2015/16 di posisi kelima. Bek Portadown  Ross Redman, pensiunan James Ferrin, Eric Foley dari Galway United dan pemain yang direkrut Rekan legenda Rangers Spanyol Nacho Novo the Glens memulai musim dengan skor 1-0 menang atas Dungannon Swifts dan Portadown dan dua kekalahan melawan Cliftonville dan berjuang melawan Carrick melawan Rangers. Tekanan yang mulai meningkat pada Kernaghan meningkat secara dramatis ketika mereka dikalahkan 4-1 oleh Coleraine, dengan banyak yang percaya tulisan di dinding untuk pemerintahan Kernaghan sebagai pelatih dan setelah kejutan 3-2 di Piala Liga melawan Annagh United, Kernaghan mengundurkan diri sebagai manajer Glentoran.

Haveron (2016–2018)

Gary Haveron mengambil alih sebagai manajer pada 28 September 2016. Pada Januari 2017, Glentoran menderita kekalahan 2-1 di babak kelima Piala Irlandia di Oval dari rival kuat Linfield setelah perpanjangan waktu. Haveron dipecat oleh klub pada 21 Februari 2018, menyusul kekalahan 2-1 dari Ards di Oval, dengan alasan klub menganggap penampilannya tidak cukup baik. Tim ini berada di urutan keenam dalam klasemen saat ini. Namun, Haveron memimpin Glens meraih kemenangan Boxing Day 2017, mengalahkan Linfield 2-1.

McFall (2018–2019)

Setelah pemecatan Haverons, Glentoran mengangkat kembali Ronnie McFall sebagai manajer. Perombakan manajemen diumumkan dengan Gary Smyth menjadi asisten manajer dan Paul Leeman menjadi manajer klub. Kieran Harding juga menjabat sebagai asisten McFall. Mantra kedua McFalls terbukti tidak berhasil. McFall meninggalkan klub pada 3 Januari 2019. At that point, the team were 9th in the league table, 5 points above the relegation zone.

Smyth (2019)

Gary Smyth menjadi manajer sementara Glentoran pada 3 Januari 2019. Pertandingan pertamanya adalah kekalahan 4-1 dari Tentara Salib di Piala Irlandia. Paul Leeman adalah asistennya, dengan Kieran Harding, yang pernah menjadi asisten McFall menjadi pelatih. Bulan-bulan berikutnya melihat peningkatan dalam bentuk. Smyth, yang tidak memiliki kualifikasi kepelatihan yang diperlukan untuk memimpin klub ke kualifikasi atau kompetisi UEFA, digantikan pada 31 Maret 2019 oleh Mick McDermott.

Kepemilikan dan manajemen baru (2019–)

Mick McDermott menjadi direktur berdasarkan perjanjian yang melibatkan sekelompok investor yang mendanai Glentoran. Rapat RUPSLB diadakan pada tanggal 16 Mei 2019 untuk memberikan suara kepada para pemegang saham atas usul tersebut. 96% pemegang saham menyetujui investasi tersebut. Paul Millar bergabung dengan klub sebagai asisten manajer Mick McDermott. Kieran Harding tetap menjadi pelatih, tetapi Gary Smyth dan Paul Leeman tidak terlihat tereliminasi di pertandingan berikutnya. Pada 21 Mei 2019, Glentoran mengumumkan bahwa Smyth telah meninggalkan klub, keputusan yang kontroversial di antara beberapa penggemar. Leeman pergi dua hari kemudian meskipun ditawari peran dan minat lama yang sama di tim manajemen baru yang memenuhi syarat. Pada tanggal 4 Februari 2020, ketua Glentoran  Stephen Henderson mengumumkan atas nama klub bahwa mereka akhirnya bebas dari utang luar negeri. Setelah menerima 1,77 juta poundsterling, dewan menghapus 80% dari utangnya selama dekade ini dan sebelum investasi baru di klub. Setelah itu, kombinasi dari mantan investor dan dewan melunasi sisa hutang terakhir dengan kreditur terakhir yang belum dibayar. Di musim pertama McDermott bertanggung jawab atas klub East Belfast, ia dan Millar memimpin tim menuju kemenangan di Final Piala Irlandia pada 31 Juli 2020. Glentoran mengalahkan Ballymena United 2-1 di final setelah perpanjangan waktu, dengan gol dari Paul O'Neil dan Robbie McDaid.

Stadion dan pembangunan kembali[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2003, dewan direksi klub menyarankan para pemegang saham Glentoran Recreation Company Ltd untuk menjual cincin itu ke perusahaan induk pengembangan real estat bernama Girona. Sejauh ini, belum ada platform baru yang terwujud. Sebuah kampanye oleh sekelompok pendukung sukarela yang disebut Rest In East, kemudian dibentuk untuk mempertahankan klub di Belfast timur. Dewan direksi klub telah merekomendasikan untuk pindah lebih dekat ke kota bernama Comber, di luar batas kota Belfast, yang ditentang keras oleh mayoritas pendukung.

Pada tanggal 3 November 2005, sebuah forum penggemar memberikan suara 417 berbanding 0 untuk mendukung pembentukan Glentoran Community Trust, pendukung pertama yang didirikan di Irlandia Utara. Itu secara resmi didirikan pada 15 Mei 2006 dan terdaftar di Belfast Registrar of Companies di bawah Suppliers and Industrial Companies Act dari tahun 1965 hingga 1978. Perwalian sepenuhnya independen. dengan klub induk, memiliki suara untuk pendukung biasa yang bukan pemegang saham . Pada tanggal 29 Januari 2008,  GCT mencapai tonggak sejarah lainnya, ketika salah satu anggotanya, Stephen Henderson, dipilih menjadi Dewan Direksi oleh pemegang saham Glentoran FC, dengan suara terbanyak dalam pemilihan. Ini akan terbukti menjadi tonggak utama bagi klub dalam krisis keuangan yang segera melanda itu.

Pada 12 Januari 2011, sebuah resolusi disahkan yang memungkinkan GCT memiliki dua anggota dewan tetap. Baru-baru ini, Glentoran membentuk kemitraan aliansi strategis dengan Insaka AFC, Klub Sepak Bola Pemuda Afrika di Republik Irlandia, mendirikan Akademi Sepak Bola Insaka Glentoran, dan menjadi klub pertama di pulau Irlandia yang mengadopsi pendekatan seluruh klub. Kampanye "Hormati" UEFA.

Pada tanggal 24 Mei 2016, para pendukung mengadopsi rekomendasi dari dewan, pada Rapat Umum Pemegang Saham akhir musim klub, untuk menghancurkan dan membangun kembali Lapangan Oval sebagai stadion baru. Sydenham dan Triwulan Titanic. Pendanaan akan berasal dari £10 juta yang telah ditahan untuk Glens sebagai bagian dari program peningkatan lapangan olahraga pemerintah senilai £110 juta, yang telah menghasilkan pembangunan Taman Windsor dan Stadion Kingspan yang baru.oleh Ulster Rugby bersamaan dengan pembangunan kembali lokasi di seluruh negeri.

Akademi[sunting | sunting sumber]

Glentoran menjalankan Glentoran Academy, untuk membantu mempromosikan sepak bola kepada para pemain muda. Ini adalah akademi sepak bola dengan pertumbuhan tercepat di negara ini dan terdiri dari pemain, anak laki-laki dan perempuan dari usia 4 tahun. Akademi juga mencakup bagian penyandang cacat dan bagian bahasa Polandia, di mana bermain untuk tim membutuhkan pelatihan dan bahasa Inggris. Kelas. Pada 2015–16, klub memiliki 44 pemain yang mewakili Irlandia Utara di berbagai kelompok usia, dua kali lebih banyak dari klub lain. Pada musim panas 2016, empat pemain lain meninggalkan akademi untuk akademi klub profesional Inggris. The Academy was set up in June 2008.