Gitar bas akustik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gitar bass akustik)

Gitar bas akustik (kadang-kadang disingkat menjadi bas akustik) adalah alat musik bas dengan tubuh kayu berongga yang mirip dengan, meskipun biasanya lebih besar dari gitar akustik senar baja. Seperti gitar bass elektrik dan kontrabas, gitar bas akustik biasanya memiliki empat senar, yang biasanya disetel E-A-D-G, satu oktaf di bawah empat senar terendah dari gitar 6 senar, yang merupakan penalaan yang sama dengan sebuah gitar bas elektrik.

Karena kadang-kadang bisa sulit untuk mendengar gitar bas akustik tanpa amplifier, bahkan dalam pengaturan dengan instrumen akustik lainnya, kebanyakan gitar bas akustik memiliki pickup, baik magnetik atau piezoelektrik atau keduanya, sehingga dapat diperkuat dengan bass amp.

Musik tradisional Meksiko memiliki beberapa jenis gitar bas akustik, seperti guitarrón, gitar bas akustik 6 senar dari Meksiko yang sangat besar, dimainkan di grup musik Mariachi, leon, dipetik dengan pick, dan bajo sexto, dengan enam pasang senar.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gitar bass akustik Eston tanpa pickup listrik, tanpa fret tapi dengan penanda mirip fret, dibuat di Italia pada tahun 1980-an

Gitar bass akustik pertama dikembangkan pada pertengahan 1950-an oleh Kay dari Chicago[butuh rujukan] tapi desain tidak muncul lagi di alat musik yang diproduksi hingga awal 1970-an ketika Ernie Ball dari San Luis Obispo, California, mulai memproduksi sebuah model. Tujuan Ball adalah untuk memberikan pemain bass dengan instrumen yang terdengar lebih akustik yang akan cocok dengan suara gitar akustik. Ball menyatakan bahwa "...jika ada gitar bass listrik untuk mendampingi gitar listrik maka anda harus memiliki bass akustik untuk mendampingi gitar akustik." Bola mencatat bahwa "...hal yang paling dekat untuk bass akustik adalah Meksiko montemar...di mariachi band, jadi saya membeli satu turun di Tijuana dan bermain-main dengan itu."[1]

Bola berkolaborasi dengan George Fullerton, seorang mantan karyawan di Fender, untuk mengembangkan gitar bass akustik Earthwood, yang diperkenalkan pada tahun 1972. Produksi alat musik ini berhenti pada tahun 1974, tapi dilanjutkan beberapa tahun kemudian di bawah arahan karyawan Ernie Ball Dan Norton, sampai produksi akhirnya berakhir lagi pada tahun 1985. Gitar bass akustik Earthwood cukup besar (dan jauh) berbeda dengan kebanyakan instrumen yang diproduksi saat ini, yang memberikan volume yang lebih banyak, terutama di register rendah.foto 1 Diarsipkan 2007-03-13 di Wayback Machine.foto 2 Diarsipkan 2016-08-07 di Wayback Machine.foto 3 Diarsipkan 2016-08-07 di Wayback Machine. Perusahaan Ernie Ball perusahaan menggambarkan desain Ball sebagai "ide sebelum waktunya"; instrumen tersebut sedikit digunakan dalam pertunjukan musik akustik hingga akhir 1980-an, ketika bass akustik digunakan dalam pertunjukan di acara televisi MTV Unplugged. Earthwood dengan cepat digantikan oleh Washburn AB-40 yang dirancang oleh Mick Donner dan Richard Siegle. AB-40 dan AB-20 yang lebih terjangkau menjadi instrumen pilihan untuk pemain bass yang muncul pada Unplugged.

Pemain bass folk Ashley Hutchings menggunakan gitar bass akustik dengan Etchingham Steam Band pada tahun 1974 dan 1975.[2] Pengguna gitar bass akustik pertama di musik rock adalah multi-instrumentalis dan komposer asal Inggris Mike Oldfield, yang memiliki satu yang dibuat khusus untuk dia oleh luthier Tony Zemaitis di pertengahan 1970-an. Mike menggunakan bass tersebut pada sejumlah rekaman dari saat itu dan seterusnya, salah satu contoh yang menonjol adalah album Ommadawn yang keluar pada tahun 1975. Brian Ritchie dari Violent Femmes juga merupakan pengguna awal dari gitar bass akustik.

Konstruksi dan penalaan[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti gitar bass listrik, yang umumnya merupakan alat musik solid-body, gitar bass akustik biasanya memiliki bodi kayu berongga yang mirip dengan (tapi biasanya agak lebih besar dari) gitar bass akustik. Mayoritas gitar bass akustik memilki fret (kolom), tapi sebaliknya jumlah yang signifikan tidak memiliki fret. Versi semi-fretted juga ada, meskipun cukup langka.

Seperti bass elektrik dan kontrabas, gitar bass akustik biasanya memiliki empat senar, yang biasanya disetel E-A-D-G, satu oktaf di bawah empat senar terendah dari gitar 6 dawai. Seperti gitar bass listrik, model dengan lima senar atau lebih telah diproduksi, meskipun kurang umum. Pada bagian, ini karena bodi gitar bass akustik terlalu kecil untuk menghasilkan resonansi dari volume yang dapat diterima dengan nada rendah pada senar "B" rendah. Salah satu solusinya menggunakan bass akustik lima senar untuk menambah dawai "B" rendah ("E-A-D-G-C") bukannya menambahkan "B" rendah. Solusi lain adalah dengan mengandalkan amplifikasi untuk mereproduksi not dawai rendah "B".

Washburn AB-10 Akustik-Elektrik Bass Gitar

Ada juga model semi-akustik, dilengkapi dengan pickup, untuk digunakan dengan amplifier. Kotak suara instrumen ini tidak cukup besar untuk memperkuat suara. Malah, itu menghasilkan nada khas ketika diperkuat, demikian pula untuk gitar listrik semi-akustik. Bass semi-akustik bertubuh tipis seperti Höfner yang mirip biola dibuat terkenal oleh Beatles dan beberapa model Fender tidak biasanya dianggap sebagai bass akustik sama sekali, melainkan sebagai gitar bass berlubang. Ada juga bass semi-akustik seperti "A-Series" dari Godin Guitars yang, setelah diperkuat, suara jauh lebih dekat antara bass gitar akustik dan kontrabas (double bass), dan telah digunakan di kalangan profesional untuk "mensimulasikan" kontrabas ketika akan menjadi tidak praktis untuk transportasi dan alasan lain untuk menggunakan kontrabas berukuran penuh. Seperti dengan gitar listrik semi-akustik, perbedaan antara instrumen akustik dilengkapi dengan pickup dan alat-alat listrik dengan tubuh yang meningkatkan nada kadang-kadang sulit untuk dibedakan, terutama ketika beberapa instrumen juga dapat dilengkapi dengan berbagai pickup seperti pickup piezo, "standar" untuk alat akustik-elektrik serta synth pickup yang dapat memutar ulang suara kontrabas "virtual" dan membawa bass semi-akustik lebih dekat dengan komntrabas secara suara. Saga Musical Instruments menghasilkan gitar resonator bass empat senar di bawah merek Regal.video Nasional Reso-Phonic Guitars juga memproduksi tiga model gitar bass resonator.

Produsen[sunting | sunting sumber]

Produsen lain dari gitar bass akustik (tidak disebutkan di atas) termasuk Alvarez, Ibanez, Boulder Creek Guitars, Breedlove, Chesbro Music Company (Teton Guitars), Cort, Crafter, Jerzey, Dean, Eko, Epiphone, Eston, Furch, Guild, Washburn, Maton, Ovation dan anak perusahaannya Applause, Michael Kelly, Prestige, Ribbecke Halfling Bass, Sunlite, Takamine, Tacoma, Tanglewood, Taylor, Larrivée, Lindo Guitars, Warwick, Fender, Gibson dan Martin.

Gitar bass Meksiko[sunting | sunting sumber]

Gitar bass akustik guitarrón dari Meksiko

Tradisional musik dari Meksiko memiliki jenis-jenis gitar bass akustik. Bajo sexto, dengan enam pasang senar, menyerupai gitar 12 senar yang disetel satu oktaf lebih rendah. Senar berdiameter berat menghasilkan tegangan senar yang besar, namun gitar ini dibangun relatif ringan. Musisi mulai menggunakan bajo sexto di Texas pada tahun 1920-an dengan munculnya musik "Tex-Mex", dan masih umum digunakan untuk memainkan bagian-bagian yang akan dimainkan oleh piano dalam musik populer Amerika tradisional. Itu sesuai dengan penalaan standar gitar 12-senarr, satu oktaf lebih rendah. Penalaan instrumen ini (huruf kapital yang satu oktaf lebih rendah dari huruf kecil):

BAJA SEXTO - Ee Aa Dd Gg Cc Ff
BAJO SEXTO - Ee Aa Dd Gg Bb ee[butuh rujukan]

Guitarrón adalah gitar bass akustik 6 senar khas Meksiko yang bertubuh sangat besar dan dalam, dimainkan di grup musik Mariachi. Ada juga gitar bass akustik Amerika Latin lainnya, lihat: Bordonua.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Gitar bas elektrik
  • Kontrabas gitar
  • Kontrabas
  • Mandobass

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ History of Ernie Ball Strings and Music Man Guitars Diarsipkan August 30, 2005, di Wayback Machine. - Ernie Ball
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 2018-01-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]