Gitar baja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
gitar baja
rangkaian
Nama lainGitar Hawaii, baja pangkuan, baja pedal, baja konsol, kīkākila, Dobro
Klasifikasi Chordophone (dari string yang dipetik)
PenciptaDipopulerkan oleh Joseph Kekuku
DikembangkanSekitar tahun 1890
Rentangan permainan
variabel
Alat musik terkait
gitar
Pembuat
Fender, Dobro, Epiphone, Rickenbacker, Gibson
Gitar baja dengan tiga leher.

gitar baja adalah instrumen senar, dari keluarga gitar, tanpa papan suara (kecuali dalam model akustik), dengan bentuk biasanya persegi panjang, yang disusun secara horizontal, baik di lutut (pada model lama), atau pada bingkai dengan kaki.

Senar umumnya dimainkan dengan alat khusus yang disebut "baja" (yang memberi nama instrumen ini), mirip dengan slide guitar atau bottleneck, dan bukan dengan jari seperti instrumen senar lainnya. Biasanya memiliki satu, dua dan bahkan tiga leher, dengan pedal yang digunakan untuk mengubah diapason. Tindakan pedal dapat diatur atau diperbaiki oleh pemain yang memainkan instrumen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal-usulnya terletak pada teknik gitar yang dikenal sebagai slack key, dikembangkan di Hawaii dan tersebar luas di Amerika Serikat pada dekade 1920 dan 1930-an.[1] Teknik ini diadopsi oleh para musisi blues dan, di atas segalanya, oleh para penafsir hillbilly yang baru lahir. Dari tahun 1930, gitar listrik mulai diproduksi, tanpa kasing, yang disusun secara horizontal di depan pemain. Modelnya berubah, memunculkan berbagai jenis Gitar Baja.

Jenis gitar baja[sunting | sunting sumber]

Secara historis ada beberapa jenis gitar baja:

pangkuan gitar baja[sunting | sunting sumber]


Ini adalah tipe tertua dan berasal langsung dari gitar Spanyol, dengan 6 senar disetel dengan cara tradisional atau, baik, disetel dalam akord terbuka, dengan cara Hawaii. Awalnya, gitar Spanyol yang sama digunakan, disusun secara horizontal di lutut musisi, dari mana nama (lap = lap) berasal. Kemudian model spesifik dibuat, dengan neck persegi dan tanpa frets, digantikan oleh merek. Dimulai pada 1931, merek Rickenbacker mulai membangun gitar baja lap yang diperkuat, bodi kokoh, tanpa casing.

Gitar baja meja[sunting | sunting sumber]

Juga dikenal sebagai "gitar konsol", itu merupakan evolusi dari yang sebelumnya, dengan penambahan leher tambahan, dengan delapan senar di setiap leher. Sekitar 1950, Paul Bigsby mulai memasarkan gitar baja yang dipasang di rak yang terletak di antara kaki, di bagian depan instrumen.[2] Speedy West menggunakannya secara ekstensif dalam pekerjaannya dengan Jimmy Bryant dan Zane Beck mulai menambahkan tuas lutut ke konsol di 1953 .[2] Sekitar 1955, Bud Isaacs menambahkan pedal ke salah satu leher "gitar baja meja" miliknya. Tujuan pedal adalah untuk mengubah tegangan dua senar. Isaacs menggunakan pedal ini untuk mengubah kunci selama akord berkelanjutan pada lagu "Slowly", direkam oleh Webb Pierce, menciptakan dampak besar di antara gitaris bluegrass, yang mulai secara massal merangkul inovasi.[3]

gitar baja pedal[sunting | sunting sumber]

Ini adalah bentuk yang lebih berkembang. Buddy Emmons dan Jimmy Day menambah jumlah pedal menjadi dua dan menambahkan dua senar baru ke delapan table steel guitar.[3] Emmons dimasukkan kemudian sepertiga pedal, berdasarkan perubahan Ralph Mooney yang sebelumnya digunakan pada instrumennya.[3] Emmons bergabung, di 1957 dengan pembuat pemain lain gitar baja , bernama Harold "Shot" Jackson, menciptakan Sho-Bud Company, merek pertama yang membuat Pedal steel guitars dalam arti sempit,[4] menstandarisasi model leher tunggal, dengan tiga pedal dan empat tuas.


Instrumen ini menjadi populer di Amerika Serikat dengan meningkatnya minat orang Amerika pada budaya dan kebiasaan Hawaii setelah dimasukkan sebagai negara bagian terbarunya.[5] Musisi kelahiran Oahu bernama Joseph Kekuku yang jago memainkan alat musik ini dan mempopulerkannya dalam turnya di seluruh Amerika Serikat.[6] Pertunjukan Broadway berjudul "Bird of Paradise" pada tahun 1912 juga menampilkan komposisi musik yang kemudian dikenal di seluruh negeri dan Eropa.[7][8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lefebvre, Cyril: Petit historique de la guitare slack key aux Hawai, buklet di Hawaiian slack key guitar masters, Bluetone -MSI RTCD 07/ 98, 1998, halaman 5
  2. ^ a b Winston, Winnie (1975). Pedal Baja Gitar. Publikasi Oak. hlm. 115. ISBN 082560169X. 
  3. ^ a b c Winston, Winnie; Bill Keith (1975). Pedal Baja Gitar. Publikasi Oak. hlm. 116. ISBN 082560169X. 
  4. ^ Winston, Winnie; Bill Keith (1975). Pedal Baja Gitar. Publikasi Oak. hlm. 116. ISBN 082560169X. 
  5. ^ Wright, Michael (28 November 2018). "Island Style: Bagaimana Musik Hawaii Membantu Membuat Instrumen Gitar Amerika". acousticguitar.com. Majalah Gitar Akustik. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-28. Diakses tanggal 11 Juli 2020. 
  6. ^ "Sejarah Gitar Baja Hawaii". Asosiasi Gitar Baja Hawaii. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juli 2010. Diakses tanggal 21 Mei 2010. 
  7. ^ Ruymar, Lorene (1996). Gitar Baja Hawaii dan Musisi Hebatnya dari Hawaii. Centerstream Publications. hlm. 31. ISBN 9781574240214. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-06. Diakses tanggal 2022-07-01. 
  8. ^ "Burung Cendrawasih Membawakan Tren Musik Hawaii Timur" (4188). The Washington Herald. 14 April 1918. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]