Giovanni Battista Bugatti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mastro Titta
Mastro Titta.jpg
Mastro Titta menawarkan snuff kepada tahanan sebelum melakukan eksekusi. Dari lukisan abad ke-19.
Lahir 6 Maret 1779
Senigallia, Ancona, Marche, Italia
Meninggal 18 Juni 1869 (umur 90)
Senigallia, Ancona, Marche, Italia
Gelar Algojo Resmi Negara Kepausan
Jangka 22 Maret 1796 – 17 Agustus 1861
(65 tahun, 148 hari)
Mastro Titta memegang kepala wanita yang telah dieksekusi

Giovanni Battista Bugatti (1779–1869) adalah algojo resmi untuk Negara-negara Kepausan dari 1796 hingga 1865. Dia adalah algojo terlama yang melakukan pelayanan dan dijuluki Mastro Titta, bahasa Romawi untuk maestro di giustizia, atau master of justice.[1] Pada usia 85 tahun, dia dipensiunkan oleh Paus Pius IX dengan gaji pensiun sebesar 30 scudi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia menyebut eksekusi yang dilakukannya sebagai keadilan dan terdakwa sebagai pasien. Eksekusi pertamanya adalah pada tanggal 22 Maret, 1796. Sampai 1810, metode eksekusi adalah pemenggalan oleh kapak, digantung atau dengan mallet. Perancis memperkenalkan penggunaan guillotine yang dilanjutkan setelah Negara-negara Kepausan kembali meraih kedaulatan (pemenggalan pertama dengan guillotine di bawah pemerintahan kepausan : 1816) mereka sampai eksekusi terakhir. Ia melakukan total 516 eksekusi.

Bugatti digambarkan sebagai orang yang pendek dan gemuk, dan selalu berpakaian rapih. Dia sering ke gereja Santa Maria di Traspontina. Dia menikah tapi tidak punya anak. Bila tidak melaksanakan tugas resminya, Bugatti dan istrinya menjual payung yang telah dicat dan suvenir lainnya untuk wisatawan.

Dia tidak bisa meninggalkan lingkungan Trastevere kecuali untuk urusan resmi. Sebenarnya ini adalah untuk perlindungan dirinya sendiri, jika kerabat dari orang-orang yang telah dieksekusi-nya memutuskan untuk membalas dendam terhadap dirinya. Secara tidak resmi itu mungkin karena takhayul tentang pekerjaan paruh waktunya. Saat dia melintasi jembatan, warga Roma percaya bahwa eksekusi hendak digelar dan orang-orang akan berkumpul untuk menyaksikan acara populer ini.

Dalam salah satu eksekusi yang dilakukannya, yang digelar pada 8 Maret 1845 dideskripsikan oleh Charles Dickens dalam karyanya Pictures from Italy (1846).

Baju penuh darah, kapak dan guillotine ditampilkan di Museum Kriminologi di Via del Gonfalone. Guillotine berbentuk sangat aneh, dengan pisau lurus dan berbentuk V disisinya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Allen, John L., Jr. 2001, September 14. "He executed justice – papal execution Giovanni Battista Bugatti's life and work". National Catholic Reporter.

Referensi[sunting | sunting sumber]