Giessen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Giessen
Gießen
Panorama kota Giessen
Panorama kota Giessen
Lambang kebesaran {{{official_name}}}
Letak
NegaraJerman
BagianHesse
WilayahGiessen
KreisGiessen
Pemerintahan
 • Lord MayorFrank-Tilo Becher (SPD)
 • Governing partiesCDU
Luas
 • Total72,56 km2 (2,802 sq mi)
Ketinggian
159 m (522 ft)
Populasi
 (2020-12-31)
 • Total90.131
 • Kepadatan12/km2 (32/sq mi)
Zona waktuWET/WMPET (UTC+1/+2)
Kode pos
35390, 35392, 35394, 35396, 35398
Kode area telepon0641
Pelat kendaraanGI
Situs webwww.giessen.de

Giessen (atau Gießen dalam ejaan bahasa Jerman) merupakan kota berukuran menengah yang terletak di tengah-tengah negara bagian Hessen, Jerman, pusat administrasi distrik (Kreis), Giessen, dan juga Regierungsbezirk Mittelhessen ("Hessen Tengah"). Kota ini menyebut dirinya sebagai 'kota universitas' karena memiliki dua universitas negeri, Universitas Justus Liebig dan TH Mittelhessen, dan satu sekolah tinggi teologi yang menjadikannya sebagai kota dengan mahasiswa terpadat se-Jerman.

Giessen terletak di tepi sungai Lahn, pada cekungan yang diapit dua pegunungan di sisi barat (Westerwald) dan timurnya (Vogelsberg). Kota ini terletak sekitar 80km di utara Frankfurt am Main, pusat keuangan Eropa. Walaupun tidak banyak, terdapat sejumlah industri di sekitar kota ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Giessen muncul sebagai kastil berparit pada tahun 1152 yang dibangun oleh Pangeran Wilhelm von Gleiberg,[1] meskipun sejarah komunitas di timur laut dan di pinggiran kota saat ini yang disebut "Wieseck" berasal dari tahun 775.

Giessen di awal abad ke-19

Sebelum penyatuan Jerman, kota Giessen pernah menjadi bagian dari wilayah Landgrafschaft Hessen pada masa Kekaisaran Suci Romawi pertengahan, lalu Fürstentum (analog dengan "kadipaten" pada masa Mataram Islam) Hessen-Marburg, dan kemudian Fürstentum Hessen-Darmstadt pada masa Kekaisaran Jerman.

Pada masa Perang Dunia II, kota ini hancur lebur dibombardir oleh Sekutu sehingga hampir tidak memiliki bangunan-bangunan lama yang bersejarah lagi dan harus membangun dari awal. Setelah Perang Dunia II, kota ini menjadi bagian dari negara bagian Hessen.

Pada tahun 1977 kota ini disatukan bersama-sama dengan Wetzlar menjadi kota Lahn, tetapi hanya bertahan 31 bulan karena ditentang banyak warganya.

Setelah perang, kota ini dikembarkan dengan kota Winchester, Britania Raya.[2]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bahnhof Gießen

Stasiun Gießen (Bahnhof Gießen) adalah pusat lalu lintas kereta api saat ini. Pembangunan jalur berkecepatan tinggi Hanover-Würzburg pada 1980-an, yang sekarang mengarahkan lalu lintas jarak jauh antara Frankfurt dan Kassel melalui Fulda menggeser pentingnya jaringan kereta api ke Hessen Timur. Kereta api Köln-Giessen melalui Wetzlar dan Siegen menghubungkan pusat Hesse dengan daerah Rheinland dan Ruhr.

Transportasi bus kota di Gießen disediakan oleh Stadtwerke Gießen, dengan adanya 16[3] jalur bus. Gießen pernah memiliki trem dari tahun 1909 hingga 1953 dan bus troli dari tahun 1941 hingga 1968. Sejak Oktober 2008, dua jalur bus malam setiap jam telah dioperasikan atas nama kota pada akhir pekan, yang penggunaannya gratis.[4]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Universitas Justus Liebig Giessen (Justus-Liebig-Universität Gießen atau JLU Gießen) adalah universitas riset di Giessen. Universitas ini dinamai dari ilmuwan terkenal, Justus von Liebig, pendiri kimia pertanian modern dan penemu pupuk buatan. Universitas ini mencakup bidang seni/humaniora, bisnis, kedokteran gigi, ekonomi, hukum, kedokteran, sains, ilmu sosial, dan kedokteran hewan. University of Giessen sekarang memiliki hampir 23.000 mahasiswa dan 8.500 karyawan. Angka ini bertambah menjadi 28.000 mahasiswa pada musim dingin 2014/2015,[5] dan pada tahun 2019 hingga 2021 jumlah mahasiswa sekitar 28.300.

Terdapat pula Universitas Ilmu Terapan Mittelhessen (Technische Hochschule Mittelhessen), sebuah universitas ilmu terapan/politeknik Jerman untuk jenjang studi sarjana dan master. Kampus TH Mittelhessen terdapat di kota Giessen, Friedberg, dan Wetzlar.

Tokoh dan peristiwa penting[sunting | sunting sumber]

Di Universitas Giessen Justus Liebig, penemu ekstrak kaldu daging dan soda api serta penganjur penggunaan pupuk kimia dalam pertanian, dan Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, pernah mengajar. Röntgen juga dimakamkan di Giessen. Di Giessen pula dilangsungkan proses cuci darah yang pertama kali di dunia oleh Georg Haas pada tahun 1924.

Grup musik Juli berasal dari kota ini. Aktor kenamaan Jerman, Til Schweiger, berasal dari Heuchelheim, kota yang bertetangga dengan Giessen.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Giessen". 1911 Encyclopædia Britannica. Volume 12. 
  2. ^ "USAG Giessen Folds Up Tent". 
  3. ^ "Gießener Anzeiger: Stadt Gießen plant mehr Busse auf Hauptstrecken". 
  4. ^ "Nachtbuslinie „Saturn"" (PDF). 
  5. ^ "Studierendenstatistik: Allgemeiner Teil". Justus-Liebig-Universität Gießen (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2022-06-07.