Gianluca Lapadula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gianluca Lapadula
Lapadula in acrobazia (cropped).jpg
Lapadula bermain untuk tim sepak bola Peru pada tahun 2021.
Informasi pribadi
Nama lengkapGianluca Lapadula
Tanggal lahir7 Februari 1990 (umur 31)
Tempat lahirTurin, Italia
Tinggi1,78 m (5 ft 10 in)
Posisi bermainPenyerang
Informasi klub
Klub saat iniMilan
Karier junior
1996–2004Juventus
2004–2007Rivoli Collegno
2006–2007Treviso (pinjaman)
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
2007–2008Pro Vercelli4(0)
2008–2009Ivrea18(0)
2009–2015Parma0(0)
2010–2011Atletico Roma (pinjaman)0(0)
2011Ravenna (pinjaman)6(1)
2011–2012San Marino (pinjaman)35(24)
2012–2013Cesena (pinjaman)9(0)
2013Frosinone (pinjaman)6(0)
2013–2014Gorica (pinjaman)28(11)
2014–2015Teramo (pinjaman)38(21)
2015–2016Pescara44(30)
2016– 2018Milan0(0)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik dan akurat per 24 Juni 2016.

Gianluca Lapadula (lahir di Turin, 7 Februari 1990; umur 31 tahun) dia adalah pemain sepak bola Italia-Peru. Dia bermain sebagai penyerang untuk Benevento Calcio di Serie B di Italia. 12 Dia adalah pemain internasional mutlak dengan tim sepak bola Peru.

Lapadula lahir di Turin, ayahnya berasal dari Puglia, Italia dan ibunya berasal dari Peru. Sebagai seorang anak, ia bermain sepak bola di akademi muda Juventus dan kemudian pensiun. Tersingkir keefektifan sky collegno, Treviso, Pro Vercelli Football Club, dan Yves Rea kemudian, ia bergabung dengan tim Serie A, Parma. Parma meminjamkannya berturut-turut ke Atlético de Roma, Ravenna dan San Marino. Di San Marino, Lapadula mencetak 24 gol per musim, menempati peringkat pertama dalam daftar pencetak gol. Tim Serie B Cesena langsung membeli setengah dari properti mereka. Namun di Cesena dan Frosinone, penampilannya kurang memuaskan. Pada musim panas 2013, ia pergi ke Slovenia, bergabung dengan HNK Gorica dengan status pinjaman dan kembali ke Italia setahun kemudian untuk bergabung dengan Teramo dengan status pinjaman. Di Teramo, ia memenangkan propionate Italia sebagai pencetak gol terbanyak musim lalu, membantu tim meraih nama liga. Namun karena dugaan manipulasi permainan oleh tim, maka tim kehilangan kesempatan untuk melaju ke Serie B. Ia kemudian bergabung dengan tim Serie B Pescara, meraih Sepatu Emas Serie B dan membantu tim untuk berlomba ke Serie A. musim panas 2016, Lapadula bergabung dengan Milan dan memakai nomor tim 9.

Pada November 2016, ia dipanggil ke tim sepak bola Italia untuk pertama kalinya. Pada November 2020, ia mewakili tim sepak bola Peru untuk pertama kalinya. [1][2][3][4]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gianluca Lapadula Vargas lahir di Turin. Dia adalah putra dari ayah Italia dan ibu Peru. Dia memiliki saudara laki-laki bernama Davide, yang juga penyerang di liga kecil di Italia. Kakak Lapadula, Davide, Pesepakbola profesional yang bermain sebagai penyerang untuk Torino. Dia juga memiliki seorang adik perempuan.

Philadelphians terutama mendukung tim Turin. Tim favorit Lapadula adalah Juventus dan idola sepak bolanya adalah Piero. Pada tahun 1996, ia bergabung dengan akademi muda Juventus. Saat itu, posisi latihannya adalah penjaga gawang dan gelandang. Namun, pada tahun 2004 ia tersapu oleh klub dengan alasan prestasi akademiknya rendah.

Setelah meninggalkan Juventus, Lapadula bergabung dengan Associazione Sportiva Dilettantistica Collegno Paradiso (Associazione Sportiva Dilettantistica Collegno Paradiso) dan bermain selama dua tahun. Pada tahun 2006, ia beralih ke tim Italia kedua Treviso. Pada musim panas 2007, Lapadula bergabung dengan tim Italia juara malonil. Pada musim panas 2008, ia pindah ke Italia propionate dari klub sepak bola Yves Rea, di akhir musim, klub tersebut bangkrut. Secara kebetulan, Treviso juga bangkrut di akhir musim ini, dan Provelcelli juga bangkrut setahun kemudian.

Lintasan[sunting | sunting sumber]

awal mula[sunting | sunting sumber]

Dia memulai karirnya di divisi kecil Juventus antara tahun 1996 dan 2004, di mana dia memegang peran sebagai penjaga gawang selama dua tahun, kemudian bekerja sebagai gelandang serang dan akhirnya, pada usia 14 tahun, sebagai penyerang. Setelah kursus ini dia pergi ke Rivoli Collegno di kotamadya Rivoli. Pada tahun 2006, dia pergi ke Treviso dan pada tahun 2007 dia menandatangani kontrak dengan Pro Vercelli di mana dia berada di cadangan. Berkat penampilannya yang bagus, Calcio Ivrea mengontraknya untuk Lega Pro Seconda Divisione musim 2008-09.

Parma[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2009, di usia 19 tahun, ia akan melakukan lompatan besar saat direkrut Parma di Serie A, namun karena persaingan yang tinggi di tim utama, ia harus bermain di Turnamen Primavera.

Pada bulan Juli 2010, klubnya memutuskan untuk meminjamkannya ke Atlético Roma. Dia melakukan debutnya pada tanggal 8 Agustus di tahun yang sama, menggantikan Bab dari Brasil dalam perpanjangan waktu di Piala Italia 2010-11. Pertandingan berakhir dengan kekalahan 1-2. Pada Januari 2011, ia dipinjamkan ke Ravenna Calcio. Di tim ini ia memperoleh lebih banyak keteraturan, sebagai hasilnya ia berakhir sebagai pencetak gol di grup A Lega Pro dengan 24 gol.

Pada bulan Juni 2012, A.C. Cesena meminta pinjamannya selama lima musim. Lapadula tidak memiliki keteraturan yang diinginkan dan klub memutuskan untuk meminjamkannya lagi, meskipun faktanya umpannya masih milik Parma.

Pada 8 Januari 2013, ia dipinjamkan ke Frosinone Calcio, di mana ia tidak bisa mencetak gol.

Pada Juli 2013, Cesena memutuskan untuk mengakhiri kontrak lima musim Lapadula dengan kembali ke Parma, di mana ia segera dipinjamkan ke ND Gorica dari Slovenia bersama dengan pemain klub lainnya.27 Penyerang itu menemukan konsistensi lagi di tim Slovenia, ia memainkan 27 pertandingan dan mencetak 10 gol. Anehnya, karena kepulangannya ke klub sudah diperkirakan, pada 18 Juli 2014, Parma meminjamkannya lagi ke klub lain, kali ini ke Teramo Calcio di mana ia bermain 38 pertandingan dan mencetak 21 gol.

Pendakian dengan Pescara[sunting | sunting sumber]

Akibat bangkrutnya Parma, beberapa pemainnya harus hengkang. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai klub di Italia dan pada 9 Juli 2015, Lapadula tiba di Pescara sebagai pemain bebas. Pada 11 September, ia melakukan debut di Serie B. Pada kencan kelima ia mencetak gol pertamanya ke gawang Vicenza Calcio. Dia mencetak dua gol pertamanya melawan Crotone dan dua tanggal kemudian dia mengulangi dua gol melawan Como, dia mencetak gol lagi melawan Spezia dan Virtus Entella. Dengan 10 gol dalam 17 pertandingan, ia menarik perhatian, tidak hanya dari pers, tetapi juga dari klub-klub Serie A dan luar negeri, seperti Liverpool dari Inggris.

Pada tanggal 6 Juni 2016, dia menutup penampilan hebatnya bersama Pescara, dengan mencapai promosi yang diharapkan ke Serie A. Dengan cara ini, dia sekali lagi menjadi pusat reflektor hebat sepak bola internasional dan ada pembicaraan tentang tawaran penting dari Serie A klub seperti Napoli, AC Milan dan Juventus.

Sebuah seri[sunting | sunting sumber]

AC Milan[sunting | sunting sumber]

Setelah banyak spekulasi, yang bahkan menempatkannya di Inggris, Spanyol atau tujuan eksotis seperti Arab Saudi atau Cina, ia diumumkan sebagai penandatanganan baru untuk AC Milan selama tiga musim. Kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2021. Biaya transfer dilaporkan sebesar 9 juta euro, yang harus dibayar dalam tiga tahun. Gaji tahunan Lapadula adalah 1,2 juta euro. Lapadula nyaris bergabung dengan Juventus dan Napoli, tetapi Milan berjanji untuk membiarkannya memainkan peran penting dalam sistem ofensif tim, itulah sebabnya Lapadula memilih Milan. Dia melakukan debut pada 27 Agustus 2016, bergabung dengan Suso Spanyol dalam kekalahan 4-2 melawan Napoli. Sedikit demi sedikit dia membuat tempat di tim, mencapai 29 pertandingan dan mencetak 8 gol. Namun, setelah kampanye yang buruk di level kolektif, diputuskan untuk meminjamkannya untuk musim 2017-18.

Seleksi nasional[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

Karena keturunan keluarganya, ia adalah pemain yang memenuhi syarat untuk tim Italia dan Peru. Pada 7 November 2016, ia dipanggil untuk pertama kalinya ke Tim Nasional Italia untuk pertandingan Kualifikasi UEFA Piala Dunia Sepak Bola 2018 melawan Liechtenstein dan pertandingan persahabatan melawan Jerman, menggantikan penyerang Napoli Manolo Gabbiadini yang cedera. Pada 31 Mei , 2017, ia mencetak hat-trick dengan tim sepak bola Italia dalam pertandingan persahabatan melawan San Marino.

Peru[sunting | sunting sumber]

Setelah musim yang luar biasa bersama Pescara dan menarik perhatian berbagai media internasional, pada tahun 2015, pelatih tim Peru, Ricardo Gareca, melakukan perjalanan ke Eropa untuk berbicara dengan sang pemain menjelang pertandingan kualifikasi di bulan Maret dan Piala. Juni 2016. Usai pertemuan, Lapadula mengatakan: "Saya memutuskan untuk menunggu hingga Juni untuk dapat berkonsentrasi pada kejuaraan seri B ... Setelah itu saya yakin saya memiliki ketenangan yang diperlukan untuk memutuskan".

Pada 26 Oktober 2020, dipastikan telah memulai prosedur untuk mendapatkan DNI. Dengan ini, ia dapat memperoleh kewarganegaraan Peru secara sah (yang dapat ia akses langsung dengan memiliki ibu orang Peru) dan dengan demikian dipanggil untuk bermain untuk tim sepak bola Peru. Pada tanggal 30 Oktober 2020, Ricardo Gareca Dia dipanggil untuk pertandingan pertama kali memainkan pertandingan melawan Chili dan Argentina dari Klasifikasi Conmebol untuk Piala Dunia Sepak Bola 2022. Ia memainkan pertandingan pertamanya dengan merah-putih dalam kekalahan 2-0 melawan Chili (Ia masuk lapangan menggantikan striker Raúl Ruidíaz setelah 60 menit bermain) dan tiga hari kemudian sebagai starter melawan Argentina di Lima, kalah lagi dengan skor 0-2,63 Kemudian, pada 8 Juni 2021, ia menjadi bagian dari tim Peru yang meraih kemenangan penting 1-2 sebagai pengunjung melawan Ekuador, dipilih sebagai figur pertandingan untuk penampilannya dan dua assistnya.64

Pada 17 Juni, Lapadula melakukan debutnya sebagai starter di turnamen kontinental Amerika Selatan, dalam edisi Copa América 2021, melawan negara tuan rumah Brasil dengan kekalahan 4-0. Pada tanggal 20 Juni, bersama dengan tim Peru, mereka memenangkan kemenangan 1-2 pertama mereka melawan Kolombia. Pada tanggal 23 Juni, ia mencetak gol pertamanya dengan Tim Nasional Peru dalam hasil imbang 2-2 melawan Ekuador, striker tersebut didiskon pada menit ke-49 dan kemudian membantu penyerang André Carrillo pada menit ke-54, sehingga mencapai hasil imbang yang penting.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.rete8.it/pescara-calcio/123pescara-calcio-lapagol-ci-pensa-sempre-lui/
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-03. Diakses tanggal 2016-06-24. 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-07. Diakses tanggal 2016-06-24. 
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-08. Diakses tanggal 2016-06-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]