Gereja Santo Tomas, Jersey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Santo Tomas
Gereja Paroki Santo Tomas di Saint Helier, Jersey
Inggris: St. Thomas's Church
Gereja Santo Tomas, Jersey
49°11′20″N 2°06′20″W / 49.1888°N 2.1056°W / 49.1888; -2.1056Koordinat: 49°11′20″N 2°06′20″W / 49.1888°N 2.1056°W / 49.1888; -2.1056
LokasiSt. Helier
Negara Jersey
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webcatholicchurch.org.je
Sejarah
Tanggal konsekrasi5 September 1893
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
ArsitekAlfred Frangeul
GayaNeo-Gotik
Dibangun1883–1887
Spesifikasi
Tinggi puncak menara196 feet
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Portsmouth
Klerus
DekanKanon Dominic Golding[1]

Gereja Santo Tomas (Jèrriais: Églyise dé Saint Thonmas) adalah sebuah gereja paroki Katolik bersejarah yang terletak di St. Helier, ibu kota otonomi Jersey. Gereja ini adalah gereja terbesar di Kepulauan Channel, dan pertama kali dibuka pada tahun 1887.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Memulihkan Agama Katolik[sunting | sunting sumber]

Agama Katolik dikembalikan ke Jersey dengan masuknya pengungsi yang melarikan diri ke pulau itu untuk menghindari Revolusi Perancis. Dengan kedatangan para uskup, imam dan awam dari Perancis yang revolusioner, kapel Katolik didirikan di St. Helier untuk memenuhi kebutuhan spiritual mereka.

Mendirikan Gereja[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik permanen pertama pasca-Reformasi adalah sebuah kapel Protestan yang telah diubah di New Street, yang didirikan pada tahun 1842 dan didedikasikan untuk St. Thomas untuk menghormati Uskup Thomas Griffiths, Vikariat Apostolik Distrik London, yang membukanya untuk ibadah. Gereja ini dilayani oleh berbagai imam diosesan Perancis dan Belgia hingga tahun 1880, ketika Uskup menyerahkan misi tersebut ke provinsi Perancis Oblat Maria Imakulata.

Dalam waktu dua tahun, permohonan dimulai untuk pembangunan gereja baru di Val Plaisant, yang dibuka pada tahun 1887. Umat ​​paroki berbahasa Perancis sangat bangga dengan Gereja ini, yang terbesar di Kepulauan Channel, sehingga mereka menyebutnya La Cathédrale .

Konsekrasi tersebut berlangsung pada tanggal 5 September 1893, untuk memperingati seratus tahun berdirinya kembali Gereja Katolik di Kepulauan Channel, pada tahun 1793, ketika rancangan undang-undang toleransi diserahkan kepada Mathieu de Gruchy, seorang warga Jersey dan seorang mualaf yang menjadi seorang imam di keuskupan Perancis Luçon sebelum Revolusi.

Dari tahun 1880 hingga 1999 gereja ini dilayani dengan setia oleh Oblat Maria Imakulata Perancis. Para Pastor Donat Michaux, O.M.I., yang mengumpulkan dana dan mengarahkan pembangunan gereja. Karena alasan ini, ia selalu dianggap sebagai pendirinya. Gereja ini diadaptasi untuk liturgi baru pada tahun 1984 dan dipugar dengan indah pada tahun 2006/2007 di bawah arahan Monsignor Nicholas France, Dekan Katolik di Jersey.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja St. Tomas dibangun dengan gaya abad ketiga belas dan terdiri dari bagian tengah, lorong, transept dengan kapel yang membentuk lengan Salib, dan sebuah kansel. Dua kapel kecil yang memanjangkan sisi bawah ke arah barat tampak seperti mimbar di kedua lorong. Di setiap sisi menara terdapat dua kapel lainnya dengan groined vault, yang di ujung selatannya memiliki ceruk yang dalam di tengahnya berdiri kolam pembaptisan.

Di apsis kansel dan di corbel pada poros granit rendah dengan dasar cetakan dan ibu kota pahatan terdapat ceruk berbingkai kaya, menempati lengkungan tengah sebuah arkade dengan ornamen kuncup. Di dalam relung terdapat kelompok yang mewakili Penampakan Hati Kudus Yesus kepada St. Margaret Mary Alacoque di Paray-le-Monial. Di atas adalah jendela melingkar dengan karya dekorasinya dua belas bagian.

Lukisan dinding[sunting | sunting sumber]

Lukisan fresko di kedua sisi jendela mawar melambangkan, di atas, kiri ke kanan, Santo Mikael dan malaikat pelindung, malaikat yang memainkan alat musik dan malaikat bernyanyi, dan di atas cornice, orang-orang kudus: St. Thomas dari Aquinas dan St. Thomas Rasul, St. Louis IX, Raja Perancis, St. George, santo pelindung Inggris, St. Joan dari Arc, St. Petrus, Perawan Terberkati, St. Joseph, St. Anne, dua Orang Suci Karmelit, dan dua Perawan dan Martir.

Dua lukisan lainnya pada lengkungan lanset, dengan perpaduan desain alegoris dan realistis, melambangkan Gembala yang Baik dan Penebus Suci. Rongga cornice di bawah relung, lanset, dan di sisi altar terbuat dari karya yang kaya akan dedaunan.

Bagian tengah[sunting | sunting sumber]

Bagian tengah dibagi menjadi tujuh lengkungan, dua lancets dan lima besar; kansel dipisahkan dari kapel yang berdekatan dengan lengkungan sama sisi dan lengkungan lanset. Masing-masing lanset, di sebelah barat dan timur transept, dilengkapi dengan tanda kurung pahatan untuk menerima patung yang juga telah diatur kanopi pahatannya. Dinding bagian tengah dan mimbar gereja ditopang di setiap sisinya oleh tiang-tiang tiang yang bertumpuk di batu Crazannes. Setiap poros semi-terpisah dimahkotai dengan ibu kota pahatan yang menjadi sumber lengkungan. Setiap ibu kota memiliki desain pahatan dedaunan, bunga, dan kuncup yang berbeda, baik di bagian tengah dan mimbar, serta di lorong dan transept.

Dimensi[sunting | sunting sumber]

Ketinggian bagian tengahnya adalah 60 kaki di bawah kubah; bahwa lorong adalah 30 kaki. Panjang bagian tengahnya adalah 109 kaki dari rel komuni hingga pintu bagian dalam serambi; kanselnya 36 kaki. Lebar transept adalah 89 kaki. Panjang total Gereja secara eksternal adalah 179 kaki dari relung ke portal; secara internal tingginya 163 kaki, termasuk kedalaman serambi di bawah menara yaitu 18 kaki.

Serambi utama gereja.

Gudang[sunting | sunting sumber]

Semua atap beralur terbuat dari batu bata berongga yang dilapisi dengan plester, tampak seperti batu, seperti bagian tengah, kansel, transep, dan kapel yang membentuk lengan Salib dihiasi dengan lengkungan yang dibentuk dengan pahatan batu kunci.

Kubah tersebut diperkuat dengan penopang interior dan eksterior yang di atasnya terdapat gargoyle yang mewakili chimera dari berbagai jenis.

Menara[sunting | sunting sumber]

Menara, dibangun dari granit Brittany, terdiri dari bagian persegi panjang di mana portal terbuka dan di atasnya terdapat puncak menara terbuka. Portal, dengan tympanum yang mewakili Penampakan Tuhan kita, setelah Kebangkitan-Nya, kepada St. Thomas Rasul, dan ditandatangani Louis Dupont, di atasnya terdapat jendela tiga cahaya dengan mullions dan tracery jendela mawar, dari granit biru Brittany.

Ini memberi cahaya ke galeri dari timur. Menara ini berjarak 111 kaki dari tanah hingga jendela puncak menara, dan dari sini ke puncak Salib jaraknya 85 kaki, sehingga totalnya adalah 196 kaki.[butuh rujukan]

Jam dan Lonceng[sunting | sunting sumber]

Bagian menara di atas atap gereja menampung belfry dengan lima lonceng:

  • treble B, 5 cwt, Eloise-Ida-Therese de l'FJ
  • 3 F tajam, 16 cwt, Clotilde-Louise-Leonie
  • 4 E, 20 cwt, Marie Imakulee
  • tenor B, 52 cwt, Anne-Marie-Andree-Ignace

Treble B dan G sharp dibawakan oleh Cornille-Havard dari Villedieu, sedangkan F sharp, E, dan tenor B dibawakan oleh Paccard of Annecy.

Di ruangan di bawah menara tempat lonceng bergantung terdapat jam yang digerakkan secara elektrik dan hanya menunjukkan jam saja.

Organ dan galeri[sunting | sunting sumber]

Organ ini didirikan pada tahun 1959 oleh Henry Willis & Sons. Ini adalah instrumen yang sepenuhnya direkondisi dengan dua keyboard dan sebuah papan pedal.

Galeri luas ini, membentang di atas teras dan menjorok ke bagian tengah, ditopang oleh tiga kubah melengkung dengan cetakan di pangkal paha. Lengkungan, di belakang, muncul dari pilar-pilar yang berkumpul yang mengapit dinding menara, dan, di sisi depan, dari dua tiang terakhir dari poros-poros yang berkumpul di bagian tengah dan dari dua tiang melingkar, dengan cetakan di dasar dan pahatan halus. ibu kota, yang berdiri di tengah, membentuk tiga lengkungan, satu besar dan dua kecil. Di atasnya terdapat cornice miring dengan tembok pembatas di tiga panel karya terbuka quatrefoil.

Imam yang Bertanggung Jawab[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik, yang didirikan kembali di Jersey pada tahun 1793, berada di bawah arahan ganda Joseph-Dominique de Cheylus, Uskup Bayeux, dan Augustin-René-Louis Le Mintier, Uskup Tréguier terakhir, atas nama Keuskupan St. Brieuc. Mereka dibantu dalam pelayanan suci mereka oleh Romo Mathieu de Gruchy dan sejumlah imam lainnya yang menyelenggarakan sakramen di pidato pribadi.

Imam yang memimpin umat Katolik berbahasa Perancis dari tahun 1803[sunting | sunting sumber]

  • J. Philibert - 1803 direktur St. Louis Oratory
  • F. Le Guedois - 1809 direktur St. Louis Oratory
  • J. Morlais - 1837 direktur St. Louis Oratory; 1842, Rektor St. Thomas, dan Dekan
  • J. Volkerick - 1860 Rektor St
  • M. Morin - 1878 Rektor St
  • V. Bourde - 1880 Rektor St
  • V. Fick - 1885 Rektor St
  • C. Le Vacon, O.M.I. - 1895 Rektor St. Thomas
  • L. Legrand, O.M.I. - 1899 Rektor St. Thomas
  • L. Guillient, O.M.I. - 1911 Rektor St. Thomas
  • A. Mao, O.M.I. - 1920 Rektor St. Thomas
  • T. Mare, O.M.I. - 1933 Rektor St. Thomas
  • P. Jon, O.M.I. - 1946 Rektor St. Thomas
  • H. Verkin, O.M.I. - 1955 Rektor St. Thomas
  • J. Simon, O.M.I. - 1961 Rektor St. Thomas

Gereja saat ini[sunting | sunting sumber]

Thomas's sekarang menjadi gereja Keuskupan Portsmouth dan dilayani oleh pastor keuskupan.

Gereja ini melambangkan agama Katolik dalam menghitung jemaatnya dari banyak negara dan latar belakang yang beragam. Secara khusus, pulau ini merupakan rumah spiritual bagi sejumlah besar migran Portugis dan Polandia yang dalam beberapa tahun terakhir datang ke pulau tersebut untuk mencari pekerjaan. Misa rutin diadakan dalam bahasa Portugis, Polandia dan, hanya kadang-kadang saat ini, Prancis.

Terdapat sebuah pastoran dan kantor gereja yang bersebelahan dengan gereja, bersama dengan aula gereja. Di sisi lain gereja, bangunan rumah lainnya yang telah direnovasi Catholic Pastoral Services, Welcome Centre dan kantor Masyarakat St. Vincent de Paul.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Portsmouth Diocese: Jersey Parish, diakses tanggal 21 August 2016 
  2. ^ "Gereja Paroki Katolik Jersey: Gereja St. Thomas". Catholicchurch.org.je. Diakses tanggal 2012-10-14.