Gereja Penebusan Hati Kudus Yesus, Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Penebusan Hati Kudus Yesus
Gereja Basilika Penebusan Hati Kudus Yesus di Barcelona
bahasa Katalan: Temple Expiatori del Sagrat Cor
Gereja Penebusan Hati Kudus Yesus, Barcelona
LokasiBarcelona
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiHati Kudus Yesus
Tanggal konsekrasi1952
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekEnric Sagnier
GayaNeo-Gotik
Peletakan batu pertama1902
Selesai1961
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Barcelona

Gereja Penebusan Hati Kudus Yesus (bahasa Katalan: [səˈɣɾat ˈkɔɾ]; bahasa Katalan: Temple Expiatori del Sagrat Cor) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di puncak Gunung Tibidabo di Barcelona, Catalonia, Spanyol. Bangunan ini merupakan karya arsitek Catalan Enric Sagnier dan diselesaikan oleh putranya Josep Maria Sagnier i Vidal. Pembangunan gereja yang didedikasikan untuk Hati Kudus Yesus, berlangsung dari tahun 1902 hingga 1961.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Model gereja

Ide untuk membangun gereja Katolik di puncak Tibidabo muncul pada akhir abad ke-19 di tengah rumor tentang pembangunan gereja Protestan dan hotel-kasino di lokasi tersebut. Hal ini memotivasi "Dewan Ksatria Katolik" untuk memperoleh kepemilikan ladang tersebut dan memberikannya kepada Santo Yohannes Bosco pada tahun 1886, ketika dia mengunjungi Barcelona atas undangan Dorotea de Chopitea, seorang Dorotea de Chopitea yang hebat,pelindung dan promotor proyek. Dari sinilah timbul ide sebuah bangunan yang dipersembahkan kepada Hati Kudus Yesus, sebuah dedikasi yang sangat populer pada masa itu berkat dorongan yang diberikan oleh Paus Leo XIII, dan sejalan dengan gereja yang dibangun di Roma oleh Bosco sendiri (Sacro Cuore di Gesù a Castro Pretorio) dan Sacré-Cœur yang terkenal di Paris.

Pada tahun 1886, pertapaan neo-Gotik dibangun, dan dua tahun kemudian, untuk Pameran Universal, jalan Vallvidrera mengalami urbanisasi dan paviliun inspirasi Mudejar dibangun di samping pertapaan untuk dijadikan titik pandang (untuk kota di bawah). Namun, proyek pembangunan gereja mengalami penundaan yang signifikan terutama karena pengembangan proyek baru untuk membangun observatorium astronomi di puncak Tibidabo, yang akhirnya dibangun di bukit terdekat (Fabra Observatory). Akhirnya, pada tanggal 28 Desember 1902, peletakan batu pertama dilakukan dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Uskup Barcelona, Salvador Casañas i Pagès.

Ruang bawah tanah dibangun antara tahun 1903 dan 1911, dan gereja utama dibangun antara tahun 1915 dan 1951. Gereja ini ditahbiskan oleh Uskup Gregorio Modrego Casaus pada Kongres Ekaristi ke-35 yang diadakan di Barcelona pada tahun 1952. Menara diselesaikan setelahnya, dan pekerjaan secara resmi berakhir pada tahun 1961. Pada tanggal 29 Oktober 1961 gereja menerima gelar basilika minor dari Paus Yohanes XXIII.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Fasad ruang bawah tanah

Penampilan luar gereja ini adalah benteng batu Romawi dari Montjuïc (ruang bawah tanah), di atasnya terdapat gereja neo-Gotik monumental yang dapat diakses melalui dua tangga luar ruangan yang megah. Gereja bagian atas memiliki lantai tengah dengan kubah segi delapan pada delapan kolom. Kubahnya dimahkotai dengan gambar Hati Kudus; karya aslinya dibuat oleh Frederic Marès (dihancurkan pada tahun 1936) dan diganti pada tahun 1950 dengan karya lain oleh Josep Miret.

Gereja bagian atas berbentuk persegi dengan tiga apse, sebuah menara pusat yang besar, dan empat menara bawah yang menandai keempat sudut alun-alun, dan patung Dua Belas Rasul yang dipahat oleh Josep Miret. Fasad utama memiliki tiga bagian, bagian tengah lebih lebar, diketuai oleh sosok Malaikat Tertinggi Michael di lengkungan pintu masuk utama, dan John Bosco di pediment di atas. Di atas pintu kiri terdapat patung Teresa dari Ávila dan di sebelah kanan, Marguerite Marie Alacoque. Di atas pintu ada galeri lengkungan terbuka dengan dekorasinya.

Fasad ruang bawah tanah memiliki tympanum yang didekorasi dengan indah dengan pahatan karya Alfons Juyol i Bach mengikuti desain Eusebi Arnau. Patung-patung tersebut melambangkan Perawan Pengasih, Santo George, dan Santo Yakobus, santo pelindung Barcelona, Catalonia, dan Spanyol, masing-masing. Fasad ruang bawah tanah terdiri dari tiga lengkungan berbentuk setengah lingkaran pada kolom, disisipkan di bawah lengkungan setengah lingkaran yang lebih besar, aslinya dihiasi dengan mosaik Tritunggal Mahakudus oleh Daniel Zuloaga (dihancurkan pada tahun 1936). Pada tahun 1955 didekorasi ulang oleh Bru Workshop di Barcelona; karya tersebut menggambarkan kiasan pengabdian Spanyol, yang diwakili oleh para santo pelindungnya.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Di dalam gereja

Interiornya dibagi menjadi bagian tengah dan dua lorong dengan apses setengah lingkaran, dengan kaca patri dan empat jendela mawar di fasadnya. Di altar utama berdiri salib besar, karya Joan Puigdollers. Jendela presbiterium didedikasikan untuk Paus Pius X, Yohanes Penginjil, Marguerite Marie Alacoque, Santo Paulus Rasul dan Yohannes Bosco. Altar kiri memiliki lima kaca berwarna yang didedikasikan untuk berbagai devosi Maria: Perawan Antipolo (Filipina), Bunda Maria dari Luján (Argentina), Maria Diangkat ke Surga, Bunda dari Guadalupe (Meksiko) dan Bunda Cinta Kasih (Kuba). Altar kanan dipimpin oleh Yesus yang Bangkit, sebuah karya Joan Puigdollers, dan kaca patrinya didedikasikan untuk devosi Maria dalam bahasa Spanyol: Perawan Almudena (Madrid), Perawan Núria (Catalonia), Bunda Pengharapan, Bunda Kita yang Terbuang (Valencia) dan Bunda Maria dari Begoña (Negara Basque).

Jendela keempat menara berisi frasa Latin tibi dabo ("Aku akan memberimu"), nama gunung. Pada tingkat paduan suara termasuk para santo pendiri: Marcellin Champagnat dan Jean-Baptiste de La Salle di kedua sisi presbiteri, dan Anthony Mary Claret, Joseph Calasanctius, Yohannes Bosco dan Maria Domenica Mazzarello di sebelah fasad utama. Jendela dari empat fasad didedikasikan untuk Fransiskus dari Sales, Paus Pius XI, Ignatius dari Loyola, Fransiskus Xaverius, Paus Pius IX, Rosa dari Lima, Paus Leo XIII dan Paus Pius XII. Delapan kaca patri di kubah menggambarkan pemandangan dari kehidupan Yesus.

Patung Yesus[sunting | sunting sumber]

Patung Yesus di atas Sagrat Cor.

Gereja ini dimahkotai oleh patung perunggu Hati Kudus yang sangat besar yang dibuat oleh Josep Miret pada tahun 1950. Patung ini menggantikan patung asli oleh Frederic Marès, yang dibuat pada tahun 1935 dan dihancurkan pada tahun berikutnya ketika Perang Saudara Spanyol dimulai. Pendakian dari ruang bawah tanah, melewati gereja dan berakhir di patung, mencerminkan kebangkitan dan pemurnian kondisi manusia melalui pengorbanan dan penebusan.

Ruang bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Ruang bawah tanah dirancang dengan gaya neo-Bizantium, menggabungkan elemen Gotik dan klasik, serta dekorasi yang mendekati Modernisme. Ruang bawah tanah terdiri dari lima nave yang dipisahkan oleh kolom, yang di tengah lebih lebar, semuanya dengan semicircular apses. Dinding dan vault dilapisi dengan alabaster atau dihiasi dengan mosaik, dengan adegan yang berkaitan dengan peresmian altar: Bunda Maria Penolong Umat Kristiani, Santo Antonius dari Padua, Sakramen Mahakudus, Santo Joseph, dan Perawan Montserrat.

Di dalam ruang bawah tanah

Pualam polikrom juga digunakan untuk Via Crucis (Stasiun Salib) yang dipahat oleh Josep Miret. Jendela yang menghadirkan cahaya alami ke dalam dilengkapi dengan jendela kaca patri dengan topik berikut: yang terbesar di lengkungan, di sudut, melambangkan penampakan Bunda Maria dari Pilar dan konversinya Raja Reccared I ke Katolik; Saint Ferdinand dan Saint Hermenegild digambarkan dalam dua jendela vertikal besar; dan yang kecil yang terletak di atas pintu didedikasikan untuk Joachim, Isidore si Petani, Saint Anthony dan Saint Elizabeth dari Portugal.

Dari ruang bawah tanah terdapat akses ke kapel yang didedikasikan untuk Adorasi Abadi, yang digali ke dalam gunung pada akhir tahun 1940-an, terdiri dari tiga bagian tengah yang dibagi oleh kolom. Interiornya dihiasi dengan marmer, mosaik di trotoar, dan lukisan karya Miquel Farré i Albagés di kubah, dibuat antara tahun 1947 dan 1949.

Di luar ruang bawah tanah, di kedua sisi pintu utama, ada dua tangga menuju ke tingkat gereja itu sendiri.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi dan Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Modernisme I Modernistes. Barcelona: Lunwerg. 2001. ISBN 84-7782-776-1. 
  • Barjau, Santi (1992). Enric Sagnier (dalam bahasa Katalan). Barcelona: Labor. ISBN 84-335-4802-6. 
  • Barral i Altet, Xavier (1999). Art de Catalunya. Arquitectura religiosa moderna i contemporània (dalam bahasa Katalan). Barcelona: L'isard. ISBN 84-89931-14-3. 
  • Fontbona, Francesc; Miralles, Francesc (1985). Història de l'Art Català. Del modernisme al noucentisme (1888-1917) (dalam bahasa Katalan). Barcelona: Ed. 62. ISBN 84-297-2282-3. 
  • Lacuesta, Raquel (2006). Modernisme a L'entorn de Barcelona (dalam bahasa Katalan). Barcelona: Diputació de Barcelona. ISBN 84-9803-158-3. 
  • Navascués Palacio, Pedro (1993). Summa Artis. Arquitectura Española, 1808-1914 (dalam bahasa Spanyol). Cantoblanco (Madrid): Espasa Calpe. ISBN 84-239-5477-3. 
  • Permanyer, Lluís (1993). Barcelona modernista (dalam bahasa Katalan). Barcelona: Ed. Polígrafa. ISBN 84-343-0723-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]