Genset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Genset tetap di salah satu PDAM.
Genset bergerak, yang digunakan di salah satu daerah konstruksi

Sebuah genset (singkatan dari bahasa Inggris: generator set) adalah mesin yang menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam.

Genset biasanya digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik. Demikian juga, undang-undang di berbagai negara mungkin memerlukan pemasangan genset di tempat-tempat di mana terdapat kepadatan orang yang tinggi, seperti rumah sakit, pusat data, pusat perbelanjaan, restoran, penjara, gedung administrasi, dll.

Salah satu utilitas yang paling umum adalah untuk menghasilkan listrik di tempat-tempat di mana tidak ada pasokan listrik. Tempat-tempat tersebut umumnya daerah terpencil dengan sedikit infrastruktur dan sangat sedikit berpenghuni. Kasus lain adalah di tempat-tempat umum: rumah sakit, pabrik, dll., tempat-tempat di mana energi listrik jaringan tidak mencukupi dan sumber energi alternatif lain diperlukan untuk memasok dirinya sendiri.

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Sebuah genset umumnya terdiri dari bagian-bagian berikut:

  • Motor. Motor merupakan sumber tenaga mekanik untuk alternator untuk memutar dan menghasilkan listrik. Ada dua jenis motot: motor bensin dan motor diesel (solar). Umumnya, mesin diesel adalah yang paling banyak digunakan dalam genset karena kinerja mekanis, ekologi dan ekonominya.
  • Pengatur kecepatan. Pengatur kecepatan (engine governor) adalah perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan kecepatan mesin konstan relatif terhadap persyaratan beban. Kecepatan mesin secara langsung berhubungan dengan frekuensi keluaran alternator, sehingga setiap variasi kecepatan mesin akan mempengaruhi frekuensi keluaran daya.
  • Sistem kelistrikan motor. Sistem kelistrikan motor adalah 12V atau 24V, pembumian (arde/ground) negatif. Sistem ini mencakup motor starter elektrik, baterai, dan sensor serta perangkat alarm yang dimiliki mesin. Biasanya, mesin memiliki sakelar tekanan tekanan oli, sakelar termo suhu, dan kontak pada alternator pengisian daya motor untuk mendeteksi kegagalan pengisian daya pada aki.
  • Sistem pendingin. Sistem pendinginan mesin bisa dengan cara air, oli atau udara. Sistem pendingin udara terdiri dari kipas berkapasitas besar yang menarik udara dingin melewati mesin untuk mendinginkannya. Sistem pendingin air/minyak terdiri dari radiator, kipas internal untuk mendinginkan komponennya sendiri.
  • Alternator. Daya keluaran listrik dihasilkan melalui alternator tanpa sikat yang disaring, terlindung dari percikan, tereksitasi sendiri, dapat diatur sendiri, dan dipasangkan secara tepat ke motor, meskipun alternator bersikat juga dapat dipasang untuk kelompok yang operasinya akan dibatasi dan, dalam keadaan apapun, dipaksa untuk rezim yang lebih tinggi.
  • Tangki bahan bakar dan kerangka. Motor dan alternator digabungkan dan dipasang pada kerangka dasar baja berkekuatan tinggi. Kerangka dasar mencakup tangki bahan bakar dengan kapasitas minimum 8 jam operasi pada beban penuh.
  • Isolasi getaran. Genset dilengkapi dengan bantalan anti-getaran yang dirancang untuk mengurangi getaran yang ditransmisikan oleh kelompok motor-alternator. Isolator ini ditempatkan di antara dasar motor, alternator, panel kendali, dan alas.
  • Peredam dan sistem pembuangan. Peredam dipasang pada mesin untuk mengurangi emisi kebisingan.
  • Sistem kendali. Salah satu jenis panel dan sistem kendali yang berbeda dapat dipasang untuk mengendalikan operasi dan keluaran grup dan untuk melindunginya dari kemungkinan malfungsi. Manual sistem kendali memberikan informasi rinci tentang sistem yang dipasang pada genset.
  • Saklar keluaran otomatis. Untuk melindungi alternator, disediakan sakelar keluaran otomatis yang sesuai untuk model dan laju keluaran genset dengan kendali manual. Untuk genset dengan kendali otomatis, alternator dilindungi oleh kontaktor yang sesuai untuk model dan keluaran yang sesuai.
  • Aksesoris lainnya yang bisa dipasang di genset. Selain apa yang disebutkan di atas, ada perangkat lain yang membantu kendali secara otomatis dan mempertahankan operasi yang benar. Untuk pengaturan otomatis kecepatan motor, kartu kendali elektronik digunakan untuk sinyal masukan "pick-up" dan keluaran "aktuator". Pick-up adalah perangkat magnetik yang dipasang tepat di roda gigi yang terletak di mesin, dan ini, pada gilirannya, digabungkan ke roda gigi motor starter. Pick-up mendeteksi kecepatan motor, menghasilkan output tegangan akibat pergerakan roda gigi yang bergerak melalui medan magnet ujung pick-up, oleh karena itu harus ada jarak yang benar antara ujung pick-up pick-up dan gigi motor. Aktuator berfungsi untuk mengatur kecepatan motor pada kondisi beban. Ketika beban sangat tinggi kecepatan motor meningkat untuk memberikan daya yang dibutuhkan dan ketika beban rendah kecepatan menurun, prinsip aktuator adalah untuk secara otomatis mengontrol rezim kecepatan motor tanpa percepatan mendadak, terus menerus pembangkit tenaga mesin. Biasanya aktuator digabungkan ke perangkat saluran masuk bahan bakar mesin.

Ketika genset berada di tempat yang jauh dari operator dan bekerja 24 jam sehari, maka perlu dipasang mekanisme untuk mengembalikan bahan bakar yang dihabiskan. Ini terdiri dari elemen-elemen berikut:

  • Pompa transfer. Ini adalah motor listrik 220 VAC yang dipasangkan dengan pompa yang bertanggung jawab untuk memasok bahan bakar ke tangki. Pelampung indikator level maksimum dan level minimum mendeteksi level bahan bakar yang sangat rendah di dalam tangki dan mengaktifkan pompa transfer.

Ketika kondisi dingin di lingkungan yang intens, ada alat pemanas yang disebut resistor pemanasan awal yang membantu mesin hidup. Genset berpendingin udara biasanya menggunakan radiator listrik, yang ditempatkan di bawah mesin, sedemikian rupa sehingga mempertahankan oli pada suhu tertentu. Pada mesin berpendingin air, resistor pemanasan awal digabungkan ke sirkuit pendingin, resistor ini ditenagai oleh 220 VAC dan memanaskan air pendingin untuk memanaskan mesin. Resistansi ini memiliki termostat yang dapat disesuaikan; di dalamnya kita memilih suhu yang sesuai sehingga grup dimulai dalam beberapa detik.

Alternator[sunting | sunting sumber]

Jika sebuah putaran yang ujungnya melekat pada dua cincin diputar di bawah aksi medan magnet utara-selatan, GGL bolak-balik dihasilkan; nilai frekuensi akan tergantung pada kecepatan rotasi untuk sejumlah kutub tertentu.

Genset yang dikendalikan transformator[sunting | sunting sumber]

Stator utama menyediakan daya untuk membangkitkan medan eksitasi melalui trafo penyearah. Transformator menggabungkan elemen tegangan dan arus yang berasal dari output stator utama untuk membentuk dasar dari sistem kontrol putaran terbuka, yang bersifat mengatur sendiri. Sistem itu sendiri mengkompensasi besarnya intensitas dan faktor daya, mempertahankan arus hubung singkat dan tambahan memiliki karakteristik awal yang baik untuk motor listrik. Alternator tiga fase biasanya dikendalikan oleh transformator tiga fasa untuk meningkatkan perilaku dengan beban yang tidak seimbang. Secara opsional, dapat disuplai dengan transformator fase tunggal untuk memfasilitasi penyambungan kembali ke berbagai tegangan tiga fase dan satu fase.

Starter manual atau otomatis[sunting | sunting sumber]

Starter manual terjadi sesuka hati, ini berarti bahwa ketika Anda membutuhkan listrik yang dihasilkan oleh genset, itu dimulai secara manual. Umumnya, operasi starter biasanya dilakukan dengan menggunakan tombol kontak atau tombol starter dari unit kendali elektronik dengan semua fungsi pengawasan. Ketika mesin terlalu panas, ketika ada kekurangan bahan bakar atau ketika tekanan oli mesin sangat rendah, unit kendali akan mendeteksinya dengan menghentikan mesin secara otomatis.

Ada pusat otomatis yang bekerja baik dalam mode manual atau otomatis; Switchboard atau panel elektronik ini mendeteksi kegagalan dalam jaringan suplai listrik, yang memaksa genset untuk segera dihidupkan. Biasanya, dalam genset otomatis, kotak predisposisi dipasang yang pada dasarnya berisi relai penghenti dan relai start, selain memiliki semua sensor alarm dan jam yang dipasang oleh genset di konektor. Panel otomatis dipasang secara terpisah di mana drive perubahan jaringan ke genset dipasang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]