Geneng, Geneng, Ngawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Geneng
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Ngawi
Kecamatan Geneng
Pemerintahan
 • Kepala desa Soebandono
Kodepos 63271
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Geneng adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Desa Geneng ini terdiri dari Dusun Sambirobyong, Dusun Alas Pecah, Dusun Karangasem I, Dusun Karangasem II, Dusun Plampohan I, Dusun Plampohan II, Dusun Pilangpayung I, dan Dusun Pilangpayung II.

Didesa Geneng ini terdapat spot wisata yang patut untuk dicoba, antara lain pemandaangan sepanjang jalan desa Geneng ke arah Alaspecah (GangAsem) diwaktu pagi, sepanjang jalan ini ramai masyarakat berangkat kerja ke sawah, pemandangan yang disuguhkan cukup menarik dan kalau sore tiba akan lebih bagus lagi karena sunset dibalik Gunung Lawu yang cukup indah. Adapula sepanjang rel kereta yang membelah desa tepatnya antara dusun Karangasem dan dusun plampohan ini menjadi spot selanjutnya dengan pemandangan gunung lawu yang cukup menarik kala sore hari.

Didesa ini terdapat 4 SD Negeri, 5 Masjid (masjid tertua ada di Dusun Karangasem), banyak Surau, beberapa TK, Gedung Serba Guna, 1 Pondok Pesantren, 1 Makam Umum, 1 Pasar Tradisional masyarakat menyebutnya Pasar Punden, 1 Kantor Kepala Desa + Pendopo, 1 Lapangan Desa.

Adapun tempat makan yang patut dicoba ialah Bakso Cak Senok, Sate Ayam Tugu, Bakmi Goreng Tugu, Sego Pecel Tugu, Sate Ayam SD, Sate Gulai Mbah Nyimik, Sego Pecel Mbah Ros, Mie Ayam Makrup.

Kehidupan remaja didesa tak terlepas dari kesenian pencak silatnya. Didesa ini ada beberapa perguruan seni beladiri antara lain: PSHT, PSHW, PPSGR, IKSPI dan masih ada lagi.