Gender (musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tiga unit gender pada set gamelan Jawa. Perhatikan alat pemukulnya.

Gender (dibaca:"gendèr", IPA:gəndɛr) adalah alat musik pukul logam (metalofon) yang menjadi bagian dari perangkat gamelan Jawa dan Bali. Alat ini memiliki 10 sampai 14 bilah logam (kuningan) bernada yang digantungkan pada berkas, di atas resonator dari bambu atau seng, dan diketuk dengan pemukul berbetuk bundaran berbilah dari kayu (Bali) atau kayu berlapis kain (Jawa). Nadanya berbeda-beda, tergantung tangga nada yang dipakai. Pada gamelan Jawa yang lengkap terdapat tiga gender: slendro, pelog pathet nem dan lima, dan pelog pathet barang.

Bentuk gender menyerupai gangsa pada gamelan Bali dan slenthem pada gamelan Jawa.

Dalam beberapa jenis gamelan, dua gendér dapat digunakan, satu (disebut gendér panerus) satu oktaf lebih tinggi dari yang lain. Dalam Gamelan Surakarta, gendér panerus memainkan satu garis pola melodi, mengikuti pola yang mirip dengan siter. Gendér barung memainkan pola melodi yang lebih lambat, tetapi lebih kompleks yang mencakup lebih banyak garis melodi tangan kanan dan kiri yang menyatu dalam interval kempyung (sekitar seperlima) dan gembyang (oktaf). Melodi dari kedua tangan kadang-kadang bergerak dalam gerakan paralel, tetapi sering memainkan kontrapung. Saat memainkan gendér barung dengan dua palu, teknik meredam, yang penting bagi kebanyakan instrumen gamelan, menjadi lebih menantang, dan not yang sebelumnya harus dibasahi dengan tangan yang sama segera setelah yang baru dipukul. Ini kadang-kadang dimungkinkan dengan bermain dengan palu pada sudut (untuk meredam satu tombol dan memainkan yang lain), tetapi mungkin memerlukan jeda kecil.

Kedua jenis gendér memainkan pola semi-improvisasi yang disebut cengkok, yang umumnya menguraikan seleh. Ini adalah pola yang relatif tetap, tetapi dapat bervariasi dalam beberapa cara agar sesuai dengan gaya, pathet, irama, dan mood dari karya, serta keterampilan pemain. Repertoar cengkok untuk gendér lebih maju dan spesifik daripada yang untuk kebanyakan instrumen penjabaran lainnya. Demikian pula, gendér barung cenderung memberi isyarat untuk mengganti bagian atau irama, terutama jika tidak ada rebab. Mungkin juga dimainkan sebagai pembuka lagu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]