Lompat ke isi

Geliang-ular erasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geliang-ular erasia
Jynx torquilla
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680683
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPiciformes
FamiliPicidae
GenusJynx
SpesiesJynx torquilla
Linnaeus, 1758
Subspecies
See text
Distribusi

Range map for Eurasian wryneck
     Summer      Resident      Winter
Jynx torquilla

Jynx torquilla atau geliang-ular erasia adalah spesies burung geliang ular alam keluarga pelatuk.[2] Spesies ini terutama berkembang biak di daerah beriklim Eropa dan Asia. Sebagian besar populasi bermigrasi, musim dingin di Afrika tropis dan di Asia selatan dari Iran ke anak benua India, tetapi beberapa penduduk di Afrika barat laut. Ini adalah burung pedesaan terbuka, hutan dan kebun.

Geliang-ular Erasia berukuran panjang sekitar 16,5 cm (6,5 in) dan memiliki paruh yang lebih pendek dan lebih mirip belati dibandingkan pelatuk pelatuk lainnya. Bagian atas mereka dibatasi dan berbintik-bintik dalam nuansa coklat pucat[3] dengan batang rufous dan kehitaman dan garis-garis hitam yang lebih luas. Bagian bawahnya berwarna krem dan berbintik-bintik cokelat. Mangsa utama mereka adalah semut dan serangga lain, yang mereka temukan di kayu lapuk atau di tanah. Telur berwarna putih seperti halnya dengan banyak burung yang bersarang di lubang dan menghasilkan tujuh hingga sepuluh telur yang dierami selama Mei dan Juni.

J. torquila remaja memiliki lebih banyak garis-garis di bagian atasnya, dan di bagian bawahnya garis-garisnya lebih redup[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Jynx torquilla". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Winkler, H., Christie, D. A. & Kirwan, G. M. (2019). "Eurasian Wryneck (Jynx torquilla)". In: del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D. A. & de Juana, E. (eds.). Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. Retrieved 26 November 2019.
  3. ^ a b Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR / CRAIG ROBSON. London: New Holland Publisher. hlm. 30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]